Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Barang-barang Penting untuk Memulai MPASI si Kecil

BRANDS  |  FEEDING  |  21 Feb '20


Moms, saat si Kecil sudah memasuki usia 6 bulan, ini adalah saatnya memperkenalkan makanan lain selain ASI dan susu formula. Makanan pendamping selain ASI (MPASI) merupakan makanan-makanan yang cocok untuk diperkenalkan ke si Kecil sebelum dia mengenal makanan padat. Usai melewati fase MPASI, si Kecil akan siap menyantap makanan dewasa bersama keluarganya.

Ada beberapa peralatan yang harus Moms miliki dan gunakan untuk mempersiapkan MPASI si Kecil. Berikan si Kecil makanan MPASI terbaik agar momen pengenalan makanan selain ASI ini menjadi pengalaman menyenangkan yang akan diingatnya hingga dewasa kelak.

Kali ini, Babyologist akan menjelaskan barang-barang penting untuk memulai MPASI si Kecil. Simak baik-baik, ya, Moms!

Peralatan makan MPASI

Seperti halnya orang dewasa, si Kecil perlu memiliki peralatan makannya sendiri. Tentu saja, ukuran alat-alat makannya lebih kecil daripada ukuran alat makan orang dewasa.

Moms bebas memilih sendok, garpu, piring, mangkok, dan gelas untuk si Kecil asalkan telah teruji memiliki kualitas BPA free. Sendok yang diberikan juga harus memiliki ujung yang tidak tajam.

Untuk menarik perhatiannya, berikan peralatan makan berwarna-warni dan berbentuk unik. Beberapa peralatan makan populer untuk balita yang sedang memasuki masa MPASI adalah training cups, stick-down suction bowls dan gelas anti tumpah.

Kursi makan anak (high chair)

Kursi makan anak, juga disebut dengan baby chair, high chair, atau booster seat, merupakan kursi yang biasa digunakan untuk bayi dan balita duduk. Perlengkapan bayi ini disebut high chair karena letak tempat duduknya lebih tinggi daripada kursi dewasa agar orang dewasa mudah memberi makan balita yang duduk di kursi tersebut. Sementara itu, booster chair adalah kursi yang dimaksudkan untuk meninggikan posisi duduk balita dan ditempatkan di atas kursi dewasa.

Saat memilih kursi makan anak, pastikan Moms mengetahui betul fitur-fitur apa yang Moms inginkan dan terbuat dari bahan apa kursi tersebut. Kursi tinggi dari kayu alami cocok diletakkan di ruang makan dengan meja dan kursi makan yang senada. Sementara itu, kursi makan anak dari bahan plastik lebih ringan sehingga mudah dipindah-pindahkan. Kursi plastik juga cenderung tersedia dalam warna-warna mencolok sehingga menarik perhatian si Kecil. Apa pun bahan kursi makan anak, pastikan bahwa tali pengikatnya dapat dilepas untuk dicuci.

Celemek (Baby Bib)

Celemek, dalam bahasa Inggris disebut baby bib, penting dikenakan si Kecil agar bajunya tidak kotor saat dia makan MPASI. Bahan celemek bayi bisa terbuat dari kain flanel, kapas, bambu, kain tenun atau rajutan, kain sintetis, dan silikon.

Celemek dari bahan silikon memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan celemek dari material lain. Keunggulan silicone baby bib tahan air, tahan lama, dan fleksibel. Moms bisa menggulung celemek silikon untuk menghemat tempat ketika akan menyimpannya. Silicone baby bib bisa lebih mudah dibersihkan. Moms dapat langsung mencucinya dengan air ataupun membasuhnya dengan tisu basah, kemudian keringkan dan dapat digunakan lagi pada si Kecil. Selain itu, celemek ini juga aman jika dimasukkan ke dalam sterilizer.

Beberapa produk silicone baby bib memiliki kantong penampungan yang mampu menampung remah-remah sisa makanan. Fitur collar bib di celemek silikon dapat disesuaikan dengan leher si Kecil sehingga pas ketika dikenakan. Dia pun tetap terlihat trendy karena desain celemek bayi dari silikon menarik dan berwarna-warni.

Baby food maker

Moms dapat menggunakan produk baby food maker agar lebih mudah menyiapkan MPASI. Salah satu produk peralatan dapur yang dapat membantu Moms adalah food processor. Dengan menggunakan alat ini, Moms dapat mengukus, memblender, mencairkan makanan beku, menghangatkan makanan, menghaluskan, dan mematangkan makanan. Pemrosesan makanan dengan menggunakan food processor cenderung tidak menghilangkan nutrisinya. Dibandingkan dengan menggunakan cara manual atau blender, pemrosesan makanan dengan menggunakan food processor lebih efektif dan cepat. Khusus untuk mengolah MPASI, pilihlah produk yang dapat mengolah makanan menjadi beberapa macam tekstur.

Kotak penyimpanan

Moms dapat mengolah MPASI untuk persediaan beberapa hari ke depan. Letakkan MPASI yang sudah Moms olah di kotak penyimpanan yang terbuat dari kaca, plastik, atau silikon kemudian simpan di kulkas atau pendingin. Tak hanya untuk menyimpan persediaan MPASI saja, kotak penyimpanan juga bisa dipakai menyimpan bahan olahan mentah. Beberapa Moms memilih opsi menyimpan bahan-bahan MPASI di cetakan es batu untuk kemudian disimpan di dalam plastik klip (ziplock). Moms dapat memberikan label ke plastik-plastik tersebut supaya mudah dicari kembali setelah dibekukan.

Nah, Moms, itulah beberapa peralatan penting yang perlu Moms punyai saat si Kecil baru memulai MPASI. Selamat berbelanja!

Referensi: BabyCentre, Mother & Baby, IDNTimes

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2622 Dr Browns Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cara-cara Memasak Paling Sehat

Bagaimana cara mengolah makanan agar gizi dan nutrisnya tetap terjaga dengan baik? Simak berikut ini.

Pentingnya Memilih Food Processor yang Tepat

Alat bantu yang satu ini diciptakan untuk memudahkan seluruh keluarga mengonsumsi makanan sehat, yuk berhati-hati dalam menentukan pilihan.

Resep Lezat Untuk ASI Booster

Moms yang sedang menyusui biasanya sering merasa lapar. Intip resep camilan sehat berikut ini yuk!

Memasak Bersama si Kecil

Moms bingung mau ngapain selama #dirumahaja bersama si Kecil? Coba masak bareng yuk!

7 Kesalahan Orang Tua dalam Memberikan MPASI

Salah satu makanan MPASI pertama terbaik untuk si Kecil adalah bubur bayi organik.

Mengenal Bakteri Baik untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Probiotik Lactobacillus reuteri sangat efektif mengurangi gejala kolik dan masalah usus.

3 Hal yang Paling Ditakutkan Ibu Setelah Melahirkan

Segera setelah melahirkan, seorang ibu mungkin masih memiliki kekhawatiran-kekhawatiran tertentu.

Benarkah Botol Susu Bisa Membuat si Kecil Tidur Lebih Nyenyak?

Agar tidur nyenyak, pastikan botol susu yang digunakan oleh si Kecil merupakan botol susu anti kolik.

Pernahkah Anda Minum dari Sedotan Bocor?

Sensasi mengisap sedotan bocor juga bisa terjadi ketika bayi minum susu dari botol susu yang tidak tepat.

Sudah Sesuaikah Level Nipple Botol Susu si Kecil dengan Usianya?

Penggunaan nipple harus disesuaikan dengan usia dan kekuatan isap bayi.

Mengapa Steam Sterilizer Lebih Baik?

Tahukah Moms bahwa botol yang terkena suhu terlalu panas akan melepaskan zat yang berbahaya?

Kapan Mom Harus Mengganti Nipple Botol Susu si Kecil?

Nipple atau dot pada botol susu berperan penting untuk memberikan kenyamanan minum susu bagi si Kecil.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Botol Susu?

Botol susu adalah peralatan penting untuk memenuhi kebutuhan gizi si Kecil.

Dr. Brown's Options+ Color Bottle

Aliran alami dari botol susu Dr. Brown’s juga menghindari si Kecil dari resiko bingung puting.

Mengenal Nutrisi yang Penting untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Apa saja nutrisi yang dibutuhkan si Kecil agar ia tumbuh dengan optimal?

Mengajarkan Anak Makan dengan Menggunakan Sendok

Apa saja langkah yang harus dilakukan untuk mengajarkan si Kecil makan sendiri dengan sendok?

Feeding Issue: Bingung Puting

Salah satu masalah yang dihadapi para Ibu adalah si Kecil bingung puting.

Botol Susu Apa yang Cocok untuk Anak Saya?

Hampir semua jenis botol susu Dr. Brown’s dapat digunakan oleh bayi usia 0 bulan - 3 bulan.

Feeding Issue: Colic

Bayi yang mengalami kolik akan merasa tidak nyaman terutama pada malam hari.

Manfaat Botol Susu Dr. Brown's

Botol susu merupakan media pengganti payudara terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.