Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Banyaknya Bekal Makanan yang Dibutuhkan Anak

FEEDING  |  08 Jul '18

Sebaiknya ketika anak akan beraktifitas diluar, pastikan  anak dalam keadaan perut kenyang. Selain itu Moms juga bisa membekali anak dengan makanan yang sehat agar anak tidak jajan sembarangan. Namun dalam membekali anak sebaiknya anda tidak membekalinya dengan berlebihan hanya karena Moms ingin sang buah hati selalu dalam keadaan kenyang. Lalu, berapa banyak bekal makanan anak yang dibutuhkan?

Kebutuhan kalori anak yang harus dipenuhi perhari

Ketika anak anda masih duduk di sekolah dasar (SD) sebaiknya Moms  selalu memberi bekal makan siang untuk anak, karena anak pada usia ini belum bisa memilih jajanan yang baik di sekolahnya, sehingga akan lebih aman jika Moms memberi bekal kepada anak.

Porsi bekal yang pas juga harus anda pikirkan ketika membuat bekal untuk anak, anda tidak mau bukan ketika pulang wadah makanan anak masih terisi banyak makanan sisa karena terlalu banyak dan kekenyangan. Sebaiknya selain anda memikirkan menu favorit anak, dan jumlah kalori anak, Moms juga perlu memikirkan porsi yang pas agar bekal anak bunda habis dan anak sudah dalam keadaan kenyang.

Untuk mengetahui berapa banyak porsi yang pas untuk bekal anak, anda bisa berpedoman pada kebutuhan makan usia anak. Pada table angka kecukupan gizi (AKG) tahun 2013, anak 6-9 tahun membutuhkan energi sekitar 1850 kilo kalori dalam sehari. Untuk memenuhi ini anak sebaiknya makan 5 kali sehari, 3 kali makan besar dan 2 kali makan kecil atau camilan. Anda bisa membagi energi anak menjadi 5 kali, namun dalam membagi kalori pada camilan, karena camilan jumlahnya lebih kecil maka energi yang perlu dikonsumsi anak dalam makanan ringan hanya 100-150 kilo kalori saja, sisanya baru dibagi menjadi tiga untuk makanan besar. Dari hitungan ini, anak hanya membutuhkan 500 kilo kalori saja setiap kali makan besar.

Bekal makanan yang memiliki kandungan 500 kalori

  • Nasi 100 gram (satu centong), Moms bisa memvariasikan nasi dengan mie atau kentang. Untuk mendapatkan nilai kalori yang sama dengan 100 gram nasi, Moms juga  bisa memberikan mie sebanyak 200 gram (1 mangkuk kecil). Atau jika Moms ingin menggunakan kentang dapat memilih 2 buah kentang dengan ukuran sedang.
  • Daging sapi atau ayam satu potong, besarnya daging yaitu seukuran bungkus korek api, sedangkan ayam yaitu satun potong ukuran sedang atau bisa juga diganti dengan telur untuk sumber protein hewani.
  • Tempe, tahu atau kacang-kacangan yang merupakan sumber protein nabati. Sama seperti ukuran daging, temped an tahu juga bisa diberikan satu potong saja.
  • Sayuran yang mudah ditumis (buncis, brokoli, bayam) dengan jumlah hanya 1 mangkuk sedang saja

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

209 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories