Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bahaya Serangan Baby Blues

MY STORY  |  01 Nov '17


Saya adalah orang yang menurut saya sangat rajin membaca, terlebih saat saya hamil. Seluruh artikel seputar kehamilan saya baca, termasuk masalah Baby Blues. Sebisa mungkin saya ingin memperlengkapi pengetahuan saya soal ini dengan maksud menghindarinya. Saya pikir, semakin banyak saya mempelajarinya, semakin saya tidak akan terkena serangannya. Tapi, saya salah.

Kita terlalu biasa melihat iklan yang memperlihatkan kebahagian ibu dan newborn mereka. Bahkan sebelum melahirkan, yang selalu kita pikirkan adalah hari dimana kita bisa membawa bayi kita pulang, betul moms? Demikian juga saya. Namun, ternyata justru baby blues itu mulai menyerang saya sesaat setelah kami dirumah.

Eegan yang terkena Dysphagia Syndrome menurut saya adalah alasan terbesar saya terserang baby blues. Karena itu sangat menguras tenaga dan pikiran saya. Kurang tidur, keletihan, tubuh yang masih dalam proses pemulihan ditambah bayi yang tidak bisa menyusu membuat saya semakin down.

Saya merasa gagal, bagaimana mungkin seorang ibu tidak bisa menyusui anaknya sendiri? Melihatnya kelaparan tapi tidak bisa minum, belum tekanan orang sekitar membuat saya hanya bisa menangis dan menangis setiap hari sampai di titik dimana saya memukul diri sendiri dan bertanya pada Tuhan, "Lho kok begini jadinya?! Kalau gini, mending ga usah kasih anak aja sekalian." 

Baby blues membuat saya stres, linglung, tidak sukacita, menangis terus-menerus, negatif, dan terpuruk. Ini berlangsung kurang lebih hingga 2-3 bulan. Dan saya mau katakan, mempelajari baby blues tidak membuat Anda menjadi kebal atasnya. Ada beberapa tips yang ingin saya bagikan agar moms terhindar dari Baby Blues ini atau mungkin yang sedang ingin mengatasinya :

  • Ask help from your mother. Minta bantuan pada ibu kita untuk membantu kita mengurus bayi yang baru lahir. Ajak menginap selama sebulan atau kita yang menginap dirumahnya selama sebulan. Don't do it on your own, dan siapa lagi yang paling leluasa kita mintai tolong kalau bukan ibu sendiri?
  • Share every concern to your husband. Disini, suami harus paham soal baby blues dan mendukung istri sepenuhnya. Belajar mendengarkan kegundahan sang istri dan jangan meremehkan seberapa kecilpun kegundahan itu.
  • Bisa juga menggunakan bantuan nanny.
  • Gantian jaga. Karena kurang tidur hanya memperburuk baby blues. You need to charge your body.
  • Lakukan sesuatu yang membuat moms bisa enjoy, contoh massage dirumah, makan makanan kesukaan. Jangan melulu ganti popok dan menyusui tanpa ada refreshing. 
  • Know that you are the best mom for your kid. Baca buku parenting bisa membantu kita untuk tetap percaya diri dalam merawat baby kita, dan rasa percaya diri itu penting.
  • Last but not least, go out. Ke mall, jalan-jalan with or without baby.

Mengalami Baby Blues tidak berarti bahwa kita adalah ibu yang tidak bersyukur atau ibu yang buruk. Hormon yang sedang tidak stabil, rasa lelah atau bahkan adanya kondisi medis pada bayi/kita bisa membuat kita stres. Hidup kita sedang berubah total, jadi sangat wajar jika kita butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan peran dan rutinitas baru kita ini. Terlebih mereka ibu pekerja yang tiba-tiba harus dirumah urus baby seharian. Jadi, saya sangat menentang mereka yang mengatakan Baby Blues dialami oleh mereka yang tidak bersyukur atau tidak enjoy dengan kehadiran sang baby.

Saya penderita Baby Blues, tapi hari ini saya melepas karir saya demi anak saya. I am a mother who sacrificed my life for my baby, and I am happy to do it.  

 

By: Marlisa Tenggara 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1976 Marlisa tenggara

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil. Meski

Rekomendasi ASI Booster versi Babyo

Agar Moms bisa menimbang kebutuhan ASI booster yang sesuai, berikut adalah rekomendasi ASI booster untuk ibu menyusui versi Babyo. Bagaimana [...]

Mom, Keluargaku Menentang Kehamilanku

SELASA CURHAT: Keluarga sama sekali ga membantu aku. Malah bilang, "Rasain tuh suruh siapa hamil". Padahal aku dan suamipun ga merencanakan. [...]

Mom, Apa Semua Harus Jadi Salahku?

SELASA CURHAT: Akhir-akhir ini aku ngerasa hambar dengan pernikahan ini. Aku harus gimana ya moms?

Mom, Apakah Ngidamku Ini Salah?

SELASA CURHAT: Aku ingin curhat seputar ngidam pada kehamilan, ada yang bilang ngidam itu wajar dan ada juga yang bilang itu cuma [...]

Kesempatan Kedua Setelah Kehilangan

APA KATA MOMS? Bagaimana sih menurut Moms tentang kesempatan kedua setelah kehilangan (keguguran)?

Mom, Aku Tidak Didukung Menyapih

SELASA CURHAT: Aku merasa tidak mendapat support darimana-mana. Di rumah sendiri aku kewalahan, di rumah orangtua aku dikomentarin.

Mau Me Time, Tapi Kepikiran Anak

APA KATA MOMS? Bagaimana sih cara Moms menjalani me time tanpa rasa bersalah dan jadi kepikiran soal anak?

Moms, Apakah Hubunganku dengan Suami Sehat?

SELASA CURHAT: Aku seringkali berdebat sama suami soal banyak hal termasuk cara mendidik anak. Apa memang semua rumah tangga awalnya begini ya [...]

Salah Banget Ya, Gunakan MPASI Instan?

APA KATA MOMS? Tentunya Moms punya pertimbangan sendiri memilih MPASI Instan, yang notabene juga bisa memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Moms, Anakku Susah Diatur

SELASA CURHAT: Anakku belakangan ini dia mudah sekali ngambek kalo kehendaknya gak di turutin, mulai agak jail sama teman-temannya, dan kalo aku [...]

Komentar Nyebelin untuk Ibu Hamil

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi orang yang suka berkomentar 'nyebelin' untuk ibu hamil?

Anti Panik Menjaga Kesehatan Gigi Anak 0-3 Tahun

Hallo parents, pernah tidak merasa kesulitan menjaga kesehatan gigi anak?

Membuat Anak Mencintai Negara Indonesia

Sudahkah kita sebagai warga negara Indonesia memiliki rasa cinta kepada tanah air kita?

Moms, Aturan Anakku Dilanggar Kakek Neneknya

SELASA CURHAT: Aku selama dirumah jarang banget kasih anakku jajanan MSG atau cokelat yang ga bagus untuk giginya. Eh giliran di rumah kakek [...]

Serba Salah Menjadi Orang Tua

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi kondisi serba salah menjadi orang tua?

Mom, Pandemi Ini Membuatku Goyah

SELASA CURHAT: Ekonomi yang lagi surut karna pekerjaan suami terkena dampak, ditambah kondisi anak yang memerlukan perhatian penuh.

Asisten Rumah Tangga, Perlu atau Tidak?

APA KATA MOMS? Sayangnya, kadang anak malah jadi lebih dekat pada asisten rumah tangga atau pengasuhnya daripada bersama dengan Moms. Bagaimana [...]

Mom, Aku Lelah!

Setiap Selasa, Babyo ingin memberikan kesempatan Moms untuk curhat seputar kehamilan dan parenting. Akan ada curhat Moms yang akan Babyo post [...]

Suka Duka Bersama Mertua

APA KATA MOMS? Berhubung harus di rumah aja, minggu ini Babyo ingin mendengar pendapat Moms tentang tinggal bersama dengan mertua, nih.