Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bahaya Kandungan Alkohol, Pewangi, dan Pengawet pada Baby Wipes

BABY  |  BRANDS  |  FEEDING  |  MY STORY  |  27 Nov '20


Menjaga kesehatan dan kebersihan si Kecil menjadi hal yang sangat penting agar dia tidak mudah terkena kuman penyakit. Apalagi, di kala musim pandemi seperti ini, kondisi badan yang tidak bersih bisa menyebabkan virus mudah menempel di permukaan kulit si Kecil.

Dari sebelum pandemi COVID-19 pun, tisu basah sudah menjadi salah satu perlengkapan bayi yang wajib tersedia di tas perlengkapan si Kecil, ya, Moms. Memang, tisu basah adalah andalan Moms untuk membersihkan kotoran di kulit si Kecil dalam sekejap mulai dari membersihkan bekas makanan hingga mengelap pantat saat mengganti popok.

Moms perlu tahu bahwa tidak semua tisu basah aman digunakan untuk si Kecil. Ada tisu basah yang khusus untuk bayi tetapi ada juga yang khusus untuk orang dewasa, misalnya untuk membersihkan make-up.

Karena itulah, Moms perlu teliti dalam memilih tisu basah. Perhatikan label kemasan dan kandungan zat yang terdapat di dalamnya. Pastikan tisu basah yang Moms pilih tidak mengandung alkohol, pewangi, dan pengawet, ya, Moms! Ketiga bahan tersebut berbahaya jika kontak dengan kulit si Kecil.

 

Apa efek samping kandungan alkohol, pewangi, dan pengawet pada baby wipes?

Efek samping alkohol pada baby wipes

Alkohol terutama benzyl alcohol seringkali menjadi salah satu kandungan baby wipes. Alkohol jenis ini merupakan bahan alami yang terbuat dari tanaman, teh, dan minyak esensial.

Sayangnya, banyak produsen yang menghemat ongkos produksi dengan membuat versi sintetis dari benzyl alcohol yaitu dengan mencampur benzil klorida dengan natrium hidroksida. Padahal, benzil klorida sangat mengiritasi kulit dan bisa sangat berbahaya bagi anak kecil.

Pada tahun 1998, sebuah studi mengungkapkan bahwa benzyl alcohol dapat memicu sistem kekebalan tubuh. Gejala alergi tersebut meliputi kulit gatal-gatal, kulit terbakar, kulit bersisik, dan kulit melepuh.

Keterangan Material Data Safety Sheet untuk benzyl alcohol juga menyebutkan bahwa bahan ini mengiritasi kulit, dengan pemaparan dalam waktu lama dapat menyebabkan dermatitis kontak, kemerahan dan nyeri, serta iritasi mata. Bahan tersebut juga memiliki kemungkinan beracun bagi hati dan sistem saraf pusat.

Efek samping pewangi pada baby wipes

Baby wipes dengan parfum yang menyegarkan memang sangat membantu Moms ketika mengganti popok si Kecil. Masalahnya, komposisi parfum dalam wipes bisa mengandung zat-zat berbahaya seperti paraben, metanol, formalin, Titanium dioxide, dan sebagainya.

Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan alergi, iritasi kulit, eksim, gangguan reproduksi, gangguan hormon, kerusakan saraf kulit dan mata, hingga kanker kulit. Paparan zat berbahaya ini juga bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh si Kecil.

Terlebih lagi, aroma parfum yang tahan lama dan melekat di kulit selama berjam-jam dapat menyebabkan masalah pernapasan.Paparan parfum yang berkepanjangan juga dikaitkan dengan timbulnya gejala asma pada anak.

Efek samping pengawet pada baby wipes

Pengawet, misalnya phthalate, paraben, hingga formalin kerap ditemukan di dalam produk perawatan tubuh baik untuk dewasa maupun bayi. Padahal, ketiganya adalah zat-zat kimia berbahaya

Phthalates memiliki efek samping menimbulkan masalah reproduksi, gangguan endokrin, alergi, asma, dan kanker. Sementara itu, paraben dikaitkan dengan masalah hormon, iritasi kulit, toksisitas reproduksi, dan perkembangan anak. Sedangkan formalin dapat menyebabkan mata dan tenggorokan terasa panas terbakar, hidung tersumbat dan/atau berair, ruam kulit, sakit kepala, mual, kelelahan, masalah pernapasan, dan kanker.

 

Kandungan baby wipes yang aman untuk si Kecil

  • Untuk menghindarkan si Kecil dari kandungan berbahaya dalam baby wipes, sebaiknya pilih produk wipes dengan kriteria berikut:
  • Bebas alkohol sehingga tidak menyebabkan iritasi, ruam kulit, hingga gejala alergi lainnya. Gunakan natural anti-bacterial seperti xylitol sebagai pengganti alkohol yang telah terbukti aman efektif membunuh bakteri dan virus pada kulit si Kecil
  • Tidak beraroma alias fragrance-free; jangan tergoda untuk membeli baby wipes dengan label unscented karena ada kemungkinan mengandung bahan-bahan untuk menyamarkan bau dari zat berbahaya lainnya
  • Berbahan dasar air bersih dan steril sehingga tidak menyebabkan kulit kering, tidak memicu alergi, dan tidak lengket di kulit
  • Berbahan dasar tanaman (biodegradable) sehingga lebih ramah lingkungan, mudah terurai dan tebal sehingga lebih aman dan efektif menghapus kotoran

 

Ketika menyangkut si Kecil, tidak ada yang lebih penting daripada membuatnya bahagia dan sehat. Jauhkan dirinya dari bahan-bahan kimia berbahaya sejak usia muda. Salah satu caranya adalah menggunakan baby wipes yang tidak mengandung alkohol, pewangi, dan pengawet.

 

Referensi: Hello Sehat, The Sun, Wholesome Children

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

110 Dr. Brown's Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Babyo Review: Babycare Kids Sippy Cup, Teman Pendamping MPASI Si Kecil

Ketika usia si Kecil sudah 6 bulan, dia sudah mulai masuk masa MPASI. Selain belajar makan makanan

Moms, Inilah Alasan Mengapa Botol Kaca Lebih Cocok untuk Newborn Baby

Sebelum mempersiapkan kelahiran, ada banyak sekali barang kebutuhan si Kecil yang harus dipersiapkan