Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bahayakah Scanner Bandara Untuk Ibu Hamil?

HEALTH TIPS  |  04 Oct '17

Banyak sekali pertanyaan yang sering muncul dalam benak kita di masa kehamilan. Masalah mesin scanner atau x-ray di bandara adalah salah satunya.

Saya sendiri pernah menghawatirkan hal ini pada masa kehamilan pertama saya. Aman tidak yaa lewat x-ray bandara? Sekuat apa radiasinya? Berpengaruh ke saya dan bayi kah?

Dalam keterangan Dr. Fakhriantini "Pemindai bandara sangat aman untuk dilalui saat anda hamil, tidak peduli jenis pemindai apa yang digunakan. Jika anda merasa ragu dan tidak nyaman, anda bisa meminta pemeriksaan secara fisik."

Dari pengalaman saya, beberapa kali petugas keamanan mengizinkan saya untuk lewat begitu saja tanpa melewati mesin pemindai. Beberapa kali juga mereka memeriksa saya secara fisik dan sesekali mereka meminta saya untuk tetap melewati scanner dengan mengatakan, "Tidak mengapa, mesin ini aman untuk dilewati ibu hamil."

Pemindai detektor logam menggunakan medan elektromagnetik frekuensi rendah untuk mencari benda logam. Pada tingkat rendah detektor logam, paparan ini dianggap aman untuk semua orang, termasuk wanita hamil. Hal yang sama berlaku untuk tongkat pemindai yang kadang-kadang melewati penumpang individual.

Beberapa bandara menggunakan jenis pemindai lain yang disebut sebagai sistem rontgen backscatter. Alat ini mendapat namanya dari jenis teknologi yang digunakan untuk membuat gambar. Sistem melihat melalui pakaian, tapi bukan kulit, untuk melihat barang-barang tersembunyi. Ini serupa dengan pemindai sinar-X yang digunakan pada barang bawaan Anda di bandara.

Meski disebut sistem sinar-X, jenis ini aman untuk dilewati oleh ibu hamil. Bahkan 200 pemutaran backscatter tidak akan membuat anda terkena radiasi yang cukup untuk mempengaruhi anda. 

Satu hal lagi, ketika hamil, kita tidak mungkin selalu bepergian dengan pesawat sehingga perlu sesering itu untuk melakukan scaning bukan? Remember, your health is a priority, especially when you're pregnant.

Semoga bermanfaat!

By: Salsabila Setiaji Halim 

1441 Salsabila Setiaji Halim Send Message to Writer

Related Stories