Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bahaya Polusi Udara Mengintai, Kenali Kondisi Lingkungan, ya Moms!

MY STORY  |  14 Dec '21


Aktivitas manusia di luar ruangan di masa modern membuat kondisi udara memburuk. Asap kendaraan, asap pabrik, limbah udara menurunkan kualitas udara yang ditunjukkan dengan Air Quality Index. AQI merupakan sistem yang digunakan untuk menilai seberapa bahayanya polusi udara di suatu tempat terhadap kesehatan manusia. AQI melacak ozon (kabut asap) dan partikel udara pembuat polusi seperti abu, asap kendaraan, debu tanah, serbuk sari, dan lain sebagainya.

Per 25 Oktober 2021, kota dengan kualitas udara paling buruk adalah Beijing, China dengan nilai 194. Sedangkan kota dengan nilai AQI paling baik yaitu 1 adalah Seattle, Amerika Serikat. Kota yang menyandang predikat kota paling berpolusi (AQI 179)  sepanjang tahun 2020 adalah Hotan, China. Di sisi lain, kota yang paling bersih sepanjang 2020 adalah Waimea, Amerika Serikat, dengan nilai AQI 9.

Selama 2020, IQAir juga mencatat bahwa Bangladesh adalah negara dengan kualitas udara terburuk sedunia. Negara berpopulasi 164 juta jiwa ini memiliki rata-rata AQI 162. Sementara itu, negara dengan populasi 2,8 juta jiwa Puerto Rico menempati peringkat pertama negara terbersih sedunia di tahun 2020 dengan rata-rata AQI 15.

Dampak langsung buruknya kualitas udara pada kesehatan

Buruknya kualitas udara ini berbanding lurus dengan banyaknya kasus kematian akibat polusi udara. Menurut WHO, setidaknya, sekitar 7 juta manusia setiap tahunnya meninggal dunia karena terekspos udara kotor. Padahal, 91% populasi dunia tinggal di tempat-tempat dengan kualitas udara melebihi ambang batas pedoman WHO. Di Beijing saja, terdapat 49 ribu kasus kematian karena kabut asap sepanjang 2020. The Jakarta Post lebih lanjut melaporkan bahwa kabut asap dikaitkan dengan penyakit-penyakit seperti gangguan paru obstruktif kronik, penyakit jantung, stroke, dan kanker paru-paru.

Baca juga: Babyo Tips Tetap Sehat Bersama Si Kecil di Rumah Saja!

Sayangnya, kualitas udara di luar ruangan sulit kita kendalikan selain dengan melakukan langkah-langkah preventif. Beberapa langkah preventif menghindari eksposur berlebihan udara kotor di luar ruangan adalah dengan tidak berada dekat dengan sumber polusi udara terus-menerus, memakai masker, dan menghindari keramaian. Langkah-langkah ini juga semakin tepat harus ditaati dan dilaksanakan mengingat kita masih dalam keadaan pandemi COVID-19 yang mengharuskan kita untuk meminimalkan kontak dengan orang lain di luar ruangan.

Kualitas udara di luar ruangan yang buruk juga bisa berdampak pada kualitas udara di dalam rumah. Sebabnya, rumah perlu ventilasi udara yang baik supaya terus terjadi pergantian udara. Tentunya, akan menjadi masalah jika udara yang masuk ke dalam ruangan tinggi polusi.

Bagaimana langkah mengatasi polusi udara di rumah?

Nah, Moms, salah satu langkah preventif mencegah udara buruk masuk ke dalam rumah adalah dengan memasang air purifier. Pada dasarnya, air purifier bekerja memurnikan udara dari partikel-partikel udara, baik yang tampak mata maupun tak kasat mata. Perangkat pembersih udara portable, sebagaimana dikutip dari artikel jurnal “Control of asthma triggers in indoor air with air cleaners: a modelling analysis”, sudah terbukti dapat membantu mengurangi risiko infeksi pernapasan udara hingga 99%, asap rokok hingga 98%, spora jamur hingga 75%, dan kadar alergen kucing hingga 55%, dibandingkan dengan sistem ventilasi atau filtrasi lainnya.

DREW Air Purifier efektif bantu perbaiki kualitas udara di rumah

Untuk memilih air purifier pun, Moms perlu memerhatikan beberapa aspek seperti luas ruangan yang hendak dipasangi purifier, standar uji klinis, dan jenis filternya. DREW Air Purifier sudah memenuhi standar uji klinis, memiliki filter High Efficiency Particulate Air (HEPA) dengan grade tinggi, dan tersedia dalam berbagai varian yang sesuai dengan luas ruangan di rumah Moms.

Perlu Moms tahu, HEPA filter merupakan jenis filter pada air purifier yang dapat menghilangkan 99,97% partikel berukuran 0,3 mikrometer. Jadi, DREW Air Purifier efektif menyaring dan memurnikan udara dari bulu binatang, tungau, debu, serbuk sari, lumut, hingga patogen tak kasat mata, yaitu bakteri jahat dan virus. Selain itu, air purifier dengan HEPA filter tidak menghasilkan produk sampingan berbahaya dan merusak gas ozon selama pengoperasian, sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan.

Dukung keluarga #BernafasLebihBaik dengan memasang DREW Air Purifier sesuai kebutuhan Moms, yaitu salah satu dari 2 varian berikut. Keduanya telah memiliki fitur carbon filter untuk menghilangkan bau tidak sedap, HEPA 13 untuk memfilter polutan udara bahkan yang berukuran ekstra kecil sekali pun, dan UV-C untuk memusnahkan alergen, kuman penyakit, bakteri, dan virus.

DREW Pure 1 cocok untuk kamar tidur si Kecil 

Dengan jangkauan pembersihan udara hingga 15 meter persegi (CADR 60), DREW Pure 1 cocok sekali dipasang di kamar tidur atau ruang kerja. Ukuran compact, desain minimalis elegan, membuat varian pertama ini sangat diminati ibu rumah tangga yang ingin merasakan udara bersih di rumah serba minimalis modern.

DREW Pure 1 memiliki ambient night light yang berfungsi sebagai lampu tidur. Lampu redup ini mampu menciptakan suasana hangat dan relaks, yang berkontribusi menurunkan stres dan meningkatkan performa.

Baca juga: Tak Hanya Botol Susu yang perlu Steril, Si Kecil Juga Butuh Udara Bersih

Air purifier dapat optimal bekerja apabila dinyalakan sepanjang hari. Namun, Moms mungkin mempertimbangkan penggunaan listriknya. Tidak perlu khawatir, Moms, DREW Pure 1 hanya menggunakan listrik 45 Watt dalam pengoperasiannya sehingga tetap hemat meski nyala 24 jam. Moms pun dapat mengatur pemakaian energinya melalui multiple power options yang terdapat pada fan untuk mengatur kekuatan kipas sesuai kebutuhan kita.

DREW Pure 5 dilengkapi Indikator Kualitas Udara, kinerja terlihat nyata

Indikator Kualitas Udara pada perangkat DREW Pure 5 dapat berubah warna, memudahkan Moms memonitor kualitas udara di rumah. Tidak hanya itu, varian terbaru ini juga akan secara otomatis menyesuaikan daya untuk memurnikan udara secara optimal. Fitur Auto Mode memungkinkan Moms hanya perlu menekan satu tombol dan perangkat akan menyesuaikan kekuatan memurnikan udara dengan sendirinya.

DREW Pure 5 dapat dijalankan hanya dengan satu kali click (Automode) dan kualitas udara di ruangan Moms terjaga 24/7. Konsumsi listriknya pun sangat hemat yaitu hanya 38 Watt saja. Sehingga, sangat cocok mendampingi aktivitas sehari-hari Moms yang penuh kesibukan.

Mengusahakan agar kualitas udara di dalam rumah baik berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan seluruh anggota keluarga. Gunakan DREW Air Purifier yang dapat memurnikan udara hingga 99,97% sehingga anggota keluarga dapat #BernafasLebihBaik.

Referensi: Biomed Central, DREW, IQAir, Lung, The Jakarta Post

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

4733 Drew Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Liburan Anti Ngambek A La Minbyo Babyologist

Sebelum masuk ke Tips Liburan Anti Ngambek Ala Babyo, Moms perlu tahu nihm sebenarnya, apa sih yang bikin si Kecil rewel saat liburan?

Siapkan si Kecil Hadapi Tantangan di Masa Kini

Bagaimana tips supaya si Kecil bisa mandiri dalam mengatasi tantangan dan masalah di masa kini?

Si Kecil Sering Begadang, Wajarkah?

Apa dampak si Kecil yang begadang untuk tumbuh kembangnya?

Generasi Alpha Bebas Stunting, Bisa Yuk!

Tinggi badan anak yang ideal adalah dambaan setiap orang tua. Selain dipengaruhi faktor keturunan, tinggi badan ideal anak bisa dicapai dengan [...]

Si Kecil Juara, Santun, Banyak Teman, Apa, Sih, Rahasianya?

Rahasia agar si Kecil jadi anak yang berprestasi, santun, dan banyak teman sebenarnya cukup mudah untuk dilaksanakan. Berikut ini beberapa caranya:

Bijak Bonding Main Outdoor Bebas Worry

Beraktivitas outdoor adalah salah satu kegiatan bermain dan juga bonding yang efektif.

Si Kecil Kok Sering Sakit Perut dan Batpil, Kenapa Yah?

Sakit perut dan juga batuk pilek memang umum dialami oleh si Kecil. Namun, seberapa seringnya si Kecil mengalami hal tersebut perlu diwaspadai [...]

Makanan untuk Membantu Penyerapan Zat Besi, Apa Saja?

Nah, biar konsumsi suplemen semakin efektif, yuk, imbangi dengan makan makanan yang membantu penyerapan zat besi!

Anak Usia 3 Tahun Sudah Bisa Apa Saja? Yuk, Intip Milestone-nya!

Umur 3 tahun bisa dibilang sebagai saat-saat krusial tumbuh kembang fisik dan kecerdasan si Kecil.

Gagal Ginjal Akut Misterius Anak Capai 131 Kasus, Apa Penyebabnya?

Sebanyak 131 anak di Indonesia mengalami gagal ginjal akut misterius. Penyebab gagal ginjal misterius ini untuk sementara belum bisa disimpukan [...]

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini Tips Atasi Stress Buat Si Kecil

Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia! Jika Moms bertanya-tanya kapan Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati? Jawabannya adalah setiap [...]

Tetap Aktif Meski Musim Penghujan, Ini Rekomendasi Jas Hujan Trendy Anak

Meski belakangan ini sering turun hujan, anak-anak masih bisa tetap bermain, kok. Bahkan, tidak hanya permainan indoor tetapi outdoor pun tetap [...]

Tips Agar Anak Mau Sekolah Sendiri, Yuk, Terapkan ke Si Kecil!

Terkadang kita bertanya-tanya, kenapa sih anak kita ogah-ogahan sekolah dan mengerjakan PR? Padahal, kalau pinter di sekolah itu ya mereka [...]

Hadir di Anniversary MoMaMi, Sandra Dewi Tekankan Pentingnya Dukungan Orang Terdekat Agar Ibu Tidak Stress

Pada 15 September 2022 lalu, Babyologist diundang untuk menghadiri 3rd anniversary MoMaMi. Dalam

Alat Makan Bayi Terbaik Versi Babyo Moms 2022

Si Kecil udah cukup umur tapi masih minta disuapin? Biar si Kecil mandiri makan sendiri, yuk kita kasih semangat dan dukungan lebih!

Murid SD Korban Kecelakaan Maut Hari Ini di Bekasi, Ini 15 Aturan Keselamatan Jalan yang Si Kecil Harus Tahu

Kecelakaan maut yang terjadi di depan SDN Kota Baru II dan III Kelurahan Kota Baru Bekasi pada Rabu (31/8/2022) sekitar pukul 10:05 WIB [...]

10 Baju Bola Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Pilihlah salah satu baju bola terbaik untuk bayi yang direkomendasikan untuk para ibu yang menyukai bola.

10 Pompa ASI Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)

Menggunakan pompa ASI elektrik terbaik harga murah dapat membantu menghasilkan ASI berlimpah dalam waktu singkat tanpa pegal. Berikut rekomendasinya.

6 Manfaat Mengajak Si Kecil Keluar Rumah Serta Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Setelah dua tahun lamanya membatasi bepergian ke luar rumah, kini kita tahu betapa pentingnya aktivitas di luar rumah bagi kesehatan mental dan [...]