Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bahaya Penyakit Rubella Pada Masa Kehamilan

PREGNANCY  |  26 Mar '18


Rubella yang juga dikenal sebagai campak Jerman, biasanya merupakan penyakit masa kanak-kanak yang ringan. Namun, dalam masa kehamilan, ketika sang ibu mengalami rubella, hal tersebut dapat membahayakan janin.

Jika Anda terjangkit penyakit rubella di trimester pertama, terdapat resiko 25% bayi Anda memiliki cacat lahir, yang dikenal sebagai Congenital Rubella Syndrome (CRS). Cacat ini dapat meliputi kelainan pada jantung, gangguan pendengaran, kemunduran pada tumbuh kembang, kelainan pada mata, dll. Juga terdapat resiko keguguran dan meninggal ketika lahir setelah infeksi rubella pada ibu di masa kehamilan, dimana trimester pertama merupakan frame waktu dengan resiko tertinggi.

Jika Anda tertular penyakit rubella di trimester pertama, ada kemungkinan 85% bayi Anda akan terinfeksi. Pesentase tersebut menurun menjadi hanya 50% pada trimester kedua, dan 25% kemungkinan pada trimester ketiga. Kebanyakan ibu hamil akan tertular saat bepergian.

Anda bisa mendapatkan vaksin rubella sebelum masa kehamilan Anda, namun diingat, Anda tidak boleh divaksin rubella jika Anda sudah hamil. Juga disarankan Anda menunggu 1 bulan untuk hamil setelah mendapatkan vaksin rubella.

Ciri-ciri penyakit rubella paling umum adalah munculnya ruam. Mungkin juga ada gejala seperti flu, iritasi pada mata, juga rasa mual yang berlebihan. Cara terbaik menghindari penyakit ini adalah menghindari infeksi. Usahakan untuk mencuci tangan sesering mungkin. Jika Anda sering berada di sekitar anak-anak yang sedang terkena penyakit rubella, Anda beresiko lebih besar terkena rubella. Momen paling berbahaya untuk tertular penyakit rubella adalah selama trimester pertama ketika resiko keguguran jauh lebih tinggi. Jika Anda merasa Anda tertular penyakit rubella, segera konsultasikan dengan dokter kandungan Anda.

Semoga bermanfaat.

By: Ricka Puspita Atmadja

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1665 Ricka Puspita Atmadja

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bolehkah Ibu Hamil Menyetir Mobil?

Apakah Anda sedang hamil namun tetap ingin mengemudi? Mari perhatikan apa saja yang mesti dipertimbangkan.

Berbahayakah Plasenta Previa?

Ada perlunya Moms mengenali salah satu kondisi serius yang mungkin Moms hadapi, ya itu plasenta previa. Apa itu? dan apa dampaknya? yuk kita pelajari!

Bolehkah Menggendong Anak Saat Hamil?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu moms ketahui jika hendak menggendong si kecil . Apa sajakah? Mari simak yang berikut ini.

Resiko Ibu Hamil Menggunakan Heels

Sepatu heels mungkin memang tidak dapat dipisahkan dengan wanita, khusunya bagi para wanita yang terbiasa menggunakannya. Lantas, bagaimana [...]

Perut Gatal Di Masa Kehamilan

Tidak jarang Ibu hamil yang mengeluhkan perut yang gatal. Apa yang menyebabkan hal ini? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini?

Solusi Atasi Sulit Tidur Saat Hamil

Bagaimana cara mengatasi sulit tidur ketika hamil? Mari simak tips dari Mom Ricka berikut ini.

Mitos Baby Boy or Baby Girl

Berikut adalah beberapa mitos yang sering didengar seputar wanita hamil. Betul atau tidaknya itu semua, mari kita simak bersama berikut ini.