Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bahaya MPASI Dini

FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  08 Dec '18


Pro dan kontra mengenai pemberian MPASI dini terutama di kalangan para ibu masih saja sering terjadi. MPASI dini adalah pemberian makanan pendamping ASI sebelum anak berusia 6 bulan. Bagi para ibu yang memiliki pengalaman semasa kecil diberikan makanan oleh orang tua sebelum usia 6 bulan, mungkin menganggap hal itu sah-sah saja. Dengan dalih tidak ada masalah kesehatan yang terjadi dan mereka baik-baik saja sampai dewasa, sehingga hal ini mereka terapkan juga kepada anaknya.

Begitu pun halnya dengan kebanyakan orang tua dahulu yang sudah memberikan makanan seperti pisang kepada anaknya sebelum usia 6 bulan. Dengan dalih anak sudah lapar dan ingin makan. Ini benar-benar pandangan yang keliru. Pemberian makanan selain ASI sebelum usia 6 bulan sangatlah tidak dianjurkan. Kenapa?

Bahaya Pemberian MPASI Dini

  • Akan terjadi masalah pada usus (Invaginasi  usus)
    Invaginasi usus yaitu masuknya satu usus ke saluran usus yang lain. Ini bisa terjadi karena usus pada bayi bekerja keras untuk mengolah makanan padat sebelum waktunya siap. Bila sudah parah dan tidak segera ditangani, bisa menyebabkan kematian bayi.
  • Mengalami gangguan pencernaan
    Sistem pencernaan bayi baru siap menerima makanan selain ASI pada usia 6 bulan. Pada usia ini, organ pencernaan sudah matang dan enzim-enzim sudah sempurna. Bayi dapat mengalami kram usus atau kolik, muntah, sulit BAB bahkan diare. 
  • Rentan terhadap penyakit
    Bayi yang mendapatkan MPASI di usia awal memungkinkan masuknya kuman penyakit. Apalagi jika MPASI yang diberikan kurang terjaga kebersihannya.
  • Berisiko mengalami alergi
    Organ pencernaan bayi belum sepenuhnya siap menerima bahan-bahan selain ASI. Unsur-unsur bahan makanan yang terdapat pada MPASI bisa menimbulkan reaksi terhadap kekebalan bayi. Akibatnya bisa muncul reaksi alergi pada bayi.
  • Risiko mengalami obesitas
    Akibat pemberian lemak atau kalori yang dibutuhkannya. Pemberian MPASI dini menerapkan pola makan tidak sesuai dengan kebutuhan bayi.

Tentu kita tidak mau mengambil risiko akibat pemberian MPASI dini. Apalagi kalau taruhannya adalah kesehatan buah hati. Jadi stop pemberian MPASI sebelum usia 6 bulan dan berikanlah pengertian kepada para orang tua yang masih bersikukuh bahwa MPASI dini tidak membahayakan.

Semoga bermanfaat.

By: Berkah Dwi Rahayu

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1030 Berkah Dwi Rahayu

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cara Meningkatkan Berat Badan Anak

Jika Moms mengkhawatirkan berat badan si Kecil, yuk tingkatkan berat badannya dengan beberapa cara ini.

Manfaat Ice Cream untuk Ibu Hamil dan Janin

Ternyata es krim memiliki manfaat bagi Moms sedang hamil. Apa saja manfaatnya? Simak artikel dari Mom Nawang

Cara Membersihkan Lidah Bayi

Lidah putih pada bayi akibat minum susu memang merupakan hal yang wajar, namun lidahnya tetap harus dibersihkan ya Moms.

Pemberian Madu Untuk Anak

Kapan madu boleh diberikan pada Anak? Apa dampaknya jika diberikan terlalu dini?

Perlukah Memberikan Vitamin Untuk Anak Yang Sulit Makan?

Suplemen yang tepat akan mampu melengkapi kekurangan zat gizi sang anak. Lantas bagaimana pemilihan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan anak?