Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengenal Ciri-ciri Wanita Tidak Subur

OTHERS  |  13 Jul '18

Ketidaksuburan ternyata baru bisa diketahui ketika Anda dan pasangan Anda sudah berusaha selama 12 bulan untuk memiliki anak, namun masih tidak ada hasil. Baik wanita maupun pria memiliki risiko yang sama terkait ketidaksuburan. Namun faktanya, wanitalah yang banyak disalahkan mengenai kondisi tersebut, ketika pasangan masih belum memperoleh anak dalam waktu yang cukup lama.

Apa saja ciri-ciri wanita tidak subur?

Penting untuk Anda ketahui, bahwa ciri-ciri ketidaksuburan tidak bisa Anda lihat secara fisik. Agar Anda bisa mengetahui kesuburan seseorang, maka Anda hanya bisa mengetahuinya dengan serangkaian tes yang dilakukan oleh dokter.

Berikut adalah beberapa gejala yang bisa Anda rasakan mengenai ketidaksuburan, diantaranya adalah

Siklus menstruasi yang tidak teratur

Salah satu ciri utama ketika seorang wanita tidak subur adalah siklus menstruasi yang sangat tidak teratur. Seperti yang kita ketahui, bahwa normalnya siklus menstruasi wanita adalah sekitar 28 hari hingga 35 hari. Bahkan setiap wanita memiliki siklus dan juga waktu menstruasi yang berbeda-beda.

Moms, jika siklus menstruasi Anda tidak teratur dalam kurun waktu yang cukup lama, maka hal ini bisa terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormone Kondisi inilah yang umumnya dikenal sebagai sindrom ovarium polikistik (PCOS).

PCOS sendiri merupakan kondisi kesehatan di mana folikel yang sangat kecil yang berada di ovarium tidak mampu berkembang dengan baik menjadi folikel matang agar nantinya bisa melepaskan sel telur.

Ketika folikel yang Anda miliki tidak kunjung matang, maka Anda akan sangat sulit untuk memperoleh kehamilan.

Saat menstruasi terasa sakit tak tertahankan

Keluarnya darah menstruasi yang mana disertai dengan rasa sakit yang sangat kuat juga bisa menjadi salah satu ciri atau tanda wanita yang tidak subur. Walaupun kondisi ini tidak selamanya merupakan cirri ketidaksuburan, namun dalam beberapa kasus kondisi ini bisa disebabkan oleh endometriosis. Endometriosis sendiri erat kaitannya dengan kondisi ketidaksuburan wanita.

Berat badan naik atau turun secara tiba-tiba

Jika berat badan Anda naik atau bahkan turun secara tiba-tiba tanpa adanya alasan yang pasti, maka kondisi ini juga bisa menjadi salah satu ciri ketidaksuburan. Mengapa? Karena pada beberapa kasus yang dialami wanita, kenaikan atau bahkan keturunan berat badan bisa disebabkan oleh PCSO. Bahkan banyak diantaranya wanita yang memiliki kondisi PCOS namun memiliki kadar hormon insulin yang sangatlah tinggi.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

2258 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories