Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bahaya Melewatkan Makan Malam

FEEDING  |  12 Jul '18

Balita biasanya membutuhkan 3 kali makan besar dan 2-3 kali makan camilan dalam sehari. Makan besar dilakukan pada waktu pagi, siang dan malam hari, kebiasaan makan teratur ini sebaiknya dilakukan sejak dini agar dapat memaksimalkan asupan nutrisi yang baik untuk anak. Lalu kapan waktu yang baik untuk makan malam pada balita?

Karena tubuh memerlukan waktu yang cukup untuk mencerna makanan, jadi sebaiknya memberi makan malam pada balita tidak terlalu dekat dengan waktu tidurnya. Mom bisa memberi makan malam pada rentang waktu sekitar 2-3 jam sebelum waktu tidur anak. Jangka waktu yang baik untuk anak makan malam adalah sekitar jam 5 sampai jam 7. Jadi jika anak biasanya tidur pada jam 7, maka sebaiknya beri makan anak sekitar jam 5, dan begitupun seterusnya.

Kalori yang dibutuhkan balita pada umumnya adalah sekitar 1000-1400 kalori per hari. Kalori ini bisa didapatkan dari karbohidrat (nasi, roti, mie, kentang, pasta), protein hewani (ikan, ayam, daging) protein nabati (kacang-kacangan, tahu, tempe), buah-buahan dan sayur-sayuran. Kelima makanan ini disarankan selalu disajikan pada saat anak hendak makan.

Makan dengan waktu teratur sebaiknya selalu dilakukan, karena jika anak tidak makan pada waktu yang tepat, maka akan berpengaruh pada gizinya. Begitupun dengan makan malam, sebaiknya jangan pernah dilewatkan, karena jika anak melewatkan makan malam ia bisa mengalami gizi buruk dan kekurangan berat badan.

Pada saat tidur, sel-sel akan mengalami perbaikan dan perbaharuan, sehingga tidur anak yang pulas dan nyenyak akan berpengaruh baik pada perbaikan sel dan pertumbuhan anak ini. Jika anak makan malam sebelum tidur maka ia akan tidur dengan nyenyak karena perut dalam keadaan kenyang. Proses pertumbuhan akan berlangsung dengan cepat ketika anak tidur dibandingkan ketika anak terjaga.

Makan malam adalah waktu makan yang sering menjadi kekhawatiran karena anak sudah lelah dengan aktivitas seharian dan tidak mau makan. Balita juga seringkali memilih-milih makanan, apalagi ketika dalam keadaan lelah biasanya balita lebih sering ngemil makanan-makanan kecil. Ketika hal ini terjadi, sebaiknya Mom tidak perlu panik, dan Anda juga tidak perlu memaksanya.

Mom bisa menyediakan makanan yang sehat dan bergizi serta beragam, dan biarkan anak memilih makanan yang diinginkannya. Tawarkan juga pada anak makanan yang sama dengan anggota keluarga lainnya yang memiliki beragam tekstur rasa dan gizi yang seimbang sehingga keseimbangan gizi anak bisa tetap terjaga.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

114 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories