Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bahaya Madu untuk Bayi Berusia Di Bawah 1 Tahun

FEEDING  |  25 Apr '19

Madu dikenal sebagai makanan yang sangat bagus untuk kesehatan. Seperti yang kita tau bahwa banyak sekali manfaat mengonsumsi madu terhadap kesehatan tubuh. Namun, ternyata madu berbahaya untuk bayi yang berusia di bawah 1 tahun. 

Mungkin banyak yang sudah tau madu berbahaya untuk bayi di bawah 1 tahun. Namun beberapa kali saya melihat masih ada orangtua yang memberikan madu untuk bayi mereka yang belum berusia 1 tahun.

Saat Haelson berusia 6 bulan, saya bertanya kepada DSAnya, tentang makanan apa yang tidak boleh diberikan. Beliau hanya menjawab madu.

Mengapa madu tidak diperbolehkan untuk bayi di bawah 1 tahun?

Ada bakteri yang sangat suka dengan madu yang disebut Clostridium Botulinum. Spora bakteri ini dapat berkembang di usus apabila tertelan oleh bayi. Dan mereka dapat memproduksi racun yang berbahaya dan menyebabkan botulisme. Botulisme merupakan penyakit yang menyebabkan kekakuan otot yang terkadang bersifat fatal.

Tapi Moms, senyawa botulinum ini tidak akan berbahaya jika untuk orang dewasa. Mengapa? Karena sistem pencernaan orang dewasa yang sudah sempurna serta mempunyai tingkat keasaman yang tinggi, sehingga bisa menghilangkan efek racun dari senyawa botulinum ini. Berbanding terbalik dengan bayi yang berusia di bawah 1 tahun, di mana sistem pencernaan bayi belum sempurna. Termasuk kadar asam yang mereka miliki masih sangat lemah sehingga belum begitu kuat untuk menangkal efek racun dari senyawa botulinum ini.

Semoga bermanfaat.

By: Mellifika Yap via Babyologist

74 Mellifika Yap

Comments

Related Stories