Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bahaya Bayi Lahir Prematur

PREGNANCY  |  08 Jan '18


Pada kehamilan yang normal, janin akan tinggal di dalam kandungan atau rahim ibu selama 9 bulan 10 hari kurang lebih 37 minggu. Jika dikatakan sebagai kelahiran prematur tentu saja usia kandungan ini belum mencapai 37 minggu. Ada salah satu penyebab ibu hamil melahirkan bayi 7 atau 8 bulan, yaitu karena sang ibu memiliki riwayat suatu penyakit tertentu yang mana menyebabkan dirinya harus segera melahirkan dalam keadaan premature demi menyelamatkan janin.

Selain dari kelahiran prematur yang dipaksakan, ada juga kelahiran prematur yang terjadi secara spontan. Untuk kondisi yang satu ini seringkali disebabkan oleh air ketuban yang pecah. Kelahiran prematur antara 7-8 bulan baik itu yang direncanakan karena suatu penyakit tertentu atau bahkan terjadi spontan ternyata bisa berbahaya. 

Pada kenyataannya hal yang dipaksakan tidak berakhir dengan hal yang baik, termasuk untuk kelahiran prematur. Bayi yang lahir dalam keadaan prematur yaitu saat usia kehamilan 7-8 bulan rentan terkena resiko penyakit dan juga masalah kesehatan yang lainnya. Ada beberapa bahaya melahirkan bayi 7-8 bulan diantaranya :

  • Adanya gangguan pernapasan
  • Terdapat gangguan pada sistem syaraf
  • Timbulnya gangguan terhadap sistem pencernaan
  • Menimbulkan penyakit paru-paru
  • Gangguan indra penglihatan dan pendengaran
  • Adanya keterlambatan dalam tumbuh kembang bayi

Bukan hanya itu saja, bayi yang lahir secara prematur akan mengalami kesulitan dalam ketahanan suhu tubuh. Untuk bayi yang prematur juga akan sulit menerima makanan yang masuk ke tubuhnya apapun jenisnya. Karena hal ini tidaklah heran jika bayi yang prematur semakin rentan terkena penyakit yang dapat membahayakan kondisi tubuhnya. Kondisi yang lemah dari bayi prematur ini menyebabkan bayi akan langsung memperoleh perawatan yang sangat ekstra di Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Semoga bermanfaat.

 

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1177 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mengatasi Heartburn yang Terjadi ketika Hamil

Rasa terbakar di sekitar dada yang dialami ketika sedang hamil dikenal juga sebagai heartburn.

Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

Berikut adalah langkah-langkah sederhana oleh Mom Tyas untuk mengatasi kaki bengkak ketika sedang hamil.

Ciri Kondisi Janin Tidak Sehat

Kelainan yang berasal dari berbagai faktor bisa menyebabkan kondisi janin tidak sehat bahkan sampai dengan keguguran. Mari simak ciri janin [...]

Mengatasi Bengkak Saat Hamil

Pembengkakan pada pergelangan kaki, lengan dan tangan umum terjadi pada ibu hamil. Apa yang menyebabkan kondisi ini terjadi dan bagaimana cara [...]

Manfaat Jalan Pagi Bagi Bumil

Banyak orang berkata bahwa jalan kaki di pagi hari sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi bumil. Sebetulnya apa manfaatnya bagi bumil?

Apa Yang Terjadi Pada Ibu Hamil 6 Bulan?

Bagaimana Kondisi perkembangan janin dalam kandungan di usia 6 bulan kehamilan? Perlukah konsultasi dokter kandungan lebih sering du usia ini? [...]

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Di trimester kedua dan ketiga, banyak ibu hamil yang mengalami pembengkakan pada kaki. Bagaimana mengatasi hal tersebut?

Pentingnya Menjaga Postur Tubuh Saat Hamil

Saat hamil, bukan hanya nutrisi yang harus dijaga, posisi tubuh ketika hamil juga perlu untuk dijaga. Kenapa ya?