Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bahaya Alami Rasa Sakit Selama Kehamilan

PREGNANCY  |  17 Jan '18

Ketika ibu hamil sakit, maka kondisi ini bisa mengganggu kondisi fisik dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Maka ada baiknya jika seorang bumil memeriksakan diri ke dokter sesegera mungkin guna menghindari hal yang tidak di inginkan. Mungkin ini adalah rasa sakit yang menyebabkan sebagian besar pertanyaan di antara calon ibu. Dan itu bukan kebetulan. Rasa sakit pada awal kehamilan bisa menjadi indikasi keguguran atau masalah patologi lainnya.

Tetapi ada rasa nyeri yang tidak berbahaya yang bisa dise but non-obstetrik. Apa saja nyeri non-obstetrik?

  • Rasa sakit yang lemah pada satu atau kedua sisi perut Anda kemungkinan besar merupakan tanda keseleo. Hal ini lebih sering terjadi pada akhir trimester pertama.
  • Rasa sakit menusuk yang bisa jadi adalah kejang usus.

Jika nyeri tidak berubah dalam jangka waktu yang cukup lama dan bahkan meningkat, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter. Rasa sakit yang kuat pada tahap awal kehamilan bisa menjadi ancaman keguguran yang baru mulai.

Keguguran sendiri memiliki beberapa jenis, dan itu tergantung pada stadiumnya diantaranya :

  • Keguguran yang mengancam disertai dengan nyeri yang membuat kondisi badan lemah, yang secara bertahap menguat, berat di perut, dan sakit punggung. Pendarahan yang terjadi sangat sedikit atau mungkin bahkan tidak ada. Rasa sakitnya sangat mirip dengan nyeri haid biasa. Itu sebabnya seorang wanita yang tidak tahu tentang kehamilan mereka tidak memperhatikan ketidaknyamanan dan pendarahan seperti itu. Dan dalam kasus ini, kemungkinan keguguran sangat tinggi, namun tetap memungkinkan untuk menyelamatkan kehamilan jika Anda berkonsultasi dengan dokter tepat waktu.
  • Rasa sakit saat keguguran yang baru mulai seperti kram yang cukup kuat, dan disertai pendarahan seperti saat menstruasi. Kondisi ini menyebabkan  lebih sulit untuk menyelamatkan kehamilani, embrio biasanya mati. Cukup melakukan ultrasound untuk mendiagnosisnya.
  • Keguguran yang tak terelakkan diikuti oleh nyeri kram yang kuat dan pendarahan hebat. Tidak mungkin menyelamatkan kehamilan pada tahap ini. Anda dapat merasakan rasa sakit yang berkelanjutan dan juga perdarahan yang kuat. Jika ibu hamil memasuki keadaan ini, infeksi bisa masuk ke dalam rahim. Dalam kasus ini, seorang wanita membutuhkan operasi mendesak dan anak yang belum lahir tidak dapat diselamatkan. Rasa sakit secara bertahap memudar dan pendarahan akan berkurang seiring dengan waktu. Ultrasound tetap diperlukan untuk verifikasi keguguran total.

Rasa sakit selama kehamilan ektopik
Anda juga harus mengenal gejala kehamilan ektopik karena lebih berbahaya bagi wanita hamil daripada keguguran. Berikut adalah macam sakit yang menyertai kehamilan ektopik:

  • Spasme dan rasa sakit seperti menusuk. Hal ini dapat menjadi parah saat terjadi ketegangan atau bersin dan batuk.
  • Sakit punggung juga bisa terjadi dengan kehamilan ektopik. 

Segera ambil tindakan dalam kasus gejala yang disebutkan di atas.

Hal utama yang perlu diperhatikan ibu hamil adalah memantau setiap kali adanya perubahan pada tubuh dan timbulnya rasa sakit. Beritahu dokter tentang keadaan anda secara teratur sehingga kesehatan anda dan janin dapat dipantau dengan baik. 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

1094 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories