Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bagaimana Cara Bernapas dan Kualitas Udara dapat Membantu Diet Moms

BRANDS  |  MY STORY  |  26 Sep '20


Berat badan ideal merupakan impian bagi banyak orang. Selain karena tubuh proporsional membuat seseorang lebih percaya diri dan dikagumi orang lain, badan ideal juga memiliki dampak sangat baik bagi kesehatan orang itu sendiri. 

Di sisi lain, obesitas dikaitkan secara langsung maupun tidak langsung dengan masalah sistem pernapasan. Obesitas memengaruhi volume dan kapasitas paru-paru yang diketahui dapat mengurangi kekuatan dan ketahanan otot-otot inspirasi.

 

Tahukah, Moms, menarik napas dalam-dalam memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan?

Rutinitas bernapas selama 5 menit setiap hari, menurut temuan riset para peneliti di University of Colorado Boulder, dapat meningkatkan kesehatan jantung dan otak. Mereka menyebut rutinitas bernapas itu sebagai Inspiratory Muscle Strength Training (IMST).

Hasil penelitian Anandh V. Rekha K. Dan Alagesan J. Dari Saveetha College of Physiotherapy, Saveetha University, Chennai, India, yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul “Effects of Inspiratory Muscle Training for Obesity” pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa IMST yang disupervisi selama 4 minggu menunjukkan efek signifikan dalam meningkatkan kekuatan otot inspirasi pada populasi orang-orang yang mengalami obesitas. 

Program latihan tersebut juga menunjukkan dampak positif dalam meningkatkan kualitas paru-paru, kualitas tidur, dan kualitas hidup secara umum. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa cara bernapas yang baik dapat membantu diet, mengurangi sesak napas (dispnea), dan meningkatkan kesehatan secara umum.

Penelitian serupa juga telah dilakukan kepada atlet handball (oleh Charlini S. Hartz cs) dan koresponden berusia muda dan sehat (oleh Makoto Sasaki cs). Hasilnya, latihan pernapasan bisa meningkatkan kekuatan dan ketahanan fisik, meminimalkan efek kelelahan pernapasan pada atlet, serta meningkatkan kualitas sirkulasi pengiriman oksigen.

Setelah mengetahui manfaat IMST untuk kesehatan, tentunya Moms kini sudah mengerti perlunya latihan pernapasan dalam.

Inilah 5 alasan mengapa Moms harus menjalankan rutinitas menarik napas dalam-dalam secara teratur:

1. Menurunkan berat badan

Latihan pernapasan dalam mampu meningkatkan sirkulasi darah, metabolisme, dan pencernaan. Seperti latihan aerobik, latihan pernapasan dalam memicu sel-sel tubuh dalam keadaan aerobik yang kemudian dapat lebih efektif membakar lemak termasuk lemak di sekitar perut.

2. Mendetoksifikasi tubuh

Sistem limfatik dapat lebih berfungsi dengan baik jika Moms sering melakukan latihan pernapasan dalam. Sistem limfatik yang bekerja secara optimal lebih baik dalam mendorong keluarnya racun di tubuh. Tubuh manusia mengeluarkan 70% racun melalui napas. Maka, pernapasan dangkal memiliki dampak buruk mengakumulasi racun-racun dalam tubuh yang bisa memicu timbulnya penyakit di kemudian hari.

3. Mengelola stres dengan lebih baik

Stres dapat dikurangi atau dikelola dengan lebih baik dengan cara rutin melakukan latihan pernapasan dalam. Cara ini juga efektif menurunkan efek samping hormon stres kortisol. Tubuh pun akan merasa lebih rileks.

4. Meningkatkan kapasitas paru-paru

Pada orang yang memiliki kondisi pernapasan seperti asma dan Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD),  pernapasan dalam secara teratur akan sangat bermanfaat bagi mereka karena membantu meningkatkan kapasitas paru-paru. Diyakin bahwa rutin melakukan latihan pernapasan dalam dapat menguatkan otot-otot diagrafma dan kantong-kantong udara di paru-paru. Kebiasaan ini membantu paru-paru mengeluarkan racun dan melancarkan pengiriman oksigan ke darah.

5. Meringankan rasa sakit

Mengambil napas dalam-dalam membantu darah mendapatkan oksigen, merangsang otak untuk mengeluarkan hormon endorfin, yang dapat mengurangi intensitas rasa sakit dan stres yang dirasakan oleh tubuh.

Singkatnya, sering menarik napas dalam-dalam selama beberapa menit dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Ada banyak teknik pernapasan dalam yang bisa Moms coba. Pada intinya, alih-alih menarik napas dari dada, tarik napas dalam-dalam dari perut dan embuskan perlahan-lahan. Setiap tarikan dan embusan napas harus disertai dengan pikiran yang menyenangkan.

Rutinitas menarik napas dalam-dalam ini tentunya harus disertai kualitas udara sekitar yang baik pula. Jangan sampai Moms melakukan latihan pernapasan dalam di lingkungan yang kotor, bau, berdebu, atau pengap. Untuk memastikan udara ruangan di sekitar rumah Moms benar-benar bersih, singkirkan dan bersihkan segala barang dan perabotan yang kotor. Lalu, pastikan sirkulasi udara baik. Terakhir, pasang air purifier untuk menjaga kualitas udara tetap baik.

Air purifier mampu memfilter udara dan menyalurkannya kembali menjadi udara yang bersih. Udara yang penuh asap rokok, debu, bulu hewan peliharaan, jamur, penyebab alergi, serbuk sari, tungau, hingga bakteri dan virus berbahaya dibersihkan melalui filter HEPA. Filter tersebut efektif menangkap partikel-partikel kecil yang luput dari penglihatan manusia.

Moms tentu sudah tahu bahwa penyebaran virus Corona sangat masif. Virus ini dapat menempel di permukaan cukup lama sehingga kita harus sering-sering mendesinfektan perabotan. Air purifier yang memiliki fitur sinar UV dapat membantu mengurangi penyebaran virus apa pun dengan cara memurnikan udara. Pada air purifier tipe ini, lampu merkurinya meradiasikan sinar UV-C. Sinar tersebut dapat membunuh atau melumpuhkan sel-sel bakteri dan virus berbahaya. Sinar UV-C memang sangat berbahaya jika terkena kulit langsung. Akan tetapi, tidak usah khawatir, Moms, pancaran sinar UV-C difokuskan di dalam tabung air purifier. Maka, hanya partikel-partikel kecil yang tersedot yang dimurnikan.

Rutinlah melakukan latihan pernapasan dalam demi kesehatan yang lebih baik. Pasang air purifier di rumah agar udara yang murni membantu seluruh anggota keluarga #BernapasLebihBaik.

 

Referensi: Klaran, NCBI 1, NCBI 2, Research Gate, Science Daily, Times Now News, Times of India

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

520 Drew Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Pentingnya Mengganti HEPA Filter Secara Berkala

Mungkin Moms bertanya-tanya, apa sih HEPA filter itu? High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter adalah filter yang memiliki cara kerja [...]

Pasca-Lockdown, Polusi Udara Masih Menjadi Masalah Utama Selain COVID-19

Semakin terkendalinya pandemi membuat beberapa tempat mulai beroperasi kembali seperti sebelum pandemi, tentu saja kini disertai anjuran untuk [...]

Pentingnya Air Purifier pada Ruang Komunal untuk Dukung Kegiatan Tatap Muka

Sebagaimana diberitakan oleh VOA news, pemerintah di banyak negara di Asia termasuk Indonesia telah melonggarkan peraturan physical distancing [...]

Si Kecil Makin Lahap, Makanan Hangat dalam Sekejap

Bayi tumbuh dengan cepat selama tahun pertama kehidupan. Termasuk juga jenis dan tekstur makanan yang dapat dimakan si Kecil selama tahun [...]

10 Produk Ibu dan Anak Terfavorit Babyo Awards 2021

Babyo Awards 2021 telah resmi berakhir dan memilih brand terfavorit pilihan Moms. Simak brand terfavorit pilihan Moms disini!

Bebas Gunting Rambut di Rumah Saja, Untuk Siapa Saja

Selain merapikan penampilannya, potong rambut juga harus memberikan pengalaman menyenangkan kepada si Kecil. Itulah sebabnya psikolog anak....

Terhindar dari Virus, Ini Ragam Manfaat Air Purifier Bagi Aktivitas Moms!

Kondisi polusi udara ditambah pandemi COVID-19 membuat orang perlu ekstra hati-hati dengan lingkungan sekitar. Sebagai respons terhadap kondisi [...]

Kapan Sebaiknya Si Kecil Belajar Minum Secara Mandiri? Simak Tips Berikut, Moms!

Tidak hanya sebagai media minum, botol susu juga memberikan rasa aman dan nyaman untuk bayi dan balita. Karena itulah...

Mulai Lagi Beraktivitas, Optimalkan Nutrisi & Imun si Kecil

Setelah hampir 2 tahun di rumah saja karena pandemi COVID-19, anak kurang memiliki waktu untuk beraktivitas di luar rumah, khususnya ....

Dukung Si Kecil Miliki Cita-Cita Setinggi Langit

Mendampingi si Kecil menemukan jati diri sejak dini perlu persiapan yang matang. Sebagian besar anak bercita-cita dapat menciptakan sesuatu yang [...]

Nutrisi Prima Untuk Cegah Stunting & Tumbuh Kembang Anak

Cegah Stunting dan Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Nutrisi Lengkap Tinggi badan merupakan

Mom Kembali Bekerja, Gimana Merawat Si Kecil, Ya?

Pandemi COVID-19 yang sudah berjalan hampir 2 tahun ini tentunya menyebabkan banyak perubahan gaya hidup. Namun, ada juga sisi positifnya. Para [...]

Cara Pintar Stimulasi Si Kecil Sesuai Usia

Cara Pintar Stimulasi Si Kecil Sesuai Usia Seorang bayi tidak serta merta mempelajari semua

Tetap Happy Selama Kegiatan Belajar Mengajar

Tetap Happy Selama Kegiatan Belajar Mengajar Terkadang, orang tua tidak begitu memperhatikan

Bedtime Routine, Kualitas Tidur Si Kecil Menentukan Perkembangannya

Bedtime Routine, Kualitas Tidur Si Kecil Menentukan Perkembangannya Bedtime routine alias

Khawatir Perubahan Badan Pasca Melahirkan? Rawat Diri dengan Skin Care Alami

Saat seorang wanita hamil dan melahirkan, tubuhnya banyak berubah demi mengakomodasi janin yang kemudian lahir menjadi bayi. Perasa...

Pemerintah Sarankan Air Purifier untuk Ruangan Tertutup

Sejak akhir tahun 2019, dunia menghadapi tantangan yang mengharuskan semua orang menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru sebagai respon atas situasi [...]

Sabun Bikin Si Kecil Alergi? Ini Tips Memilih Sabun Mandi yang Aman untuk Bayi

Salah Sabun Mandi Bikin Si Kecil Alergi? Ini Dia Tips Memilih Sabun Mandi yang Aman

Dukung Pertumbuhan Kini dan Nanti, untuk Si Kecil dan Bumi

Pentingnya menggunakan produk susu dengan kemasan ramah lingkunganSebagai upaya mendukung

Hindari Ruam Kulit, Pilih Skin Care Bayi Baru Lahir yang Aman Berikut Ini!

Hindari Ruam Kulit, Pilih Skin Care Bayi Baru Lahir yang Aman Berikut Ini! Kulit