Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bagaimana Agar Anak Suka Membaca

OTHERS  |  PARENTING  |  14 Dec '17

Saya senang karena di usia Gavin sekarang yaitu 14 bulan, Gavin suka dengan buku dan suka membaca, karena saya pun suka sekali dengan buku. Gavin sekarang sudah lancar bolak-balik buku, lalu bisa ambil buku dan minta dibacain. Nah, gimana yah caranya membiasakan supaya anak suka membaca?  

  • Mulailah membacakan buku untuk anak sejak ia berusia 3 bulan 
    Saya mulai membeli buku pertama untuk Gavin dan membacakannya sejak Gavin berusia 3 bulan. Saat itu  Gavin masih belum bisa tengkurap yah, jadi saya ikut tiduran bersamanya, sambil membuka-buka buku untuk ia lihat dan membacakannya. Buku-buku yang saya beli berbahasa Inggris, jadi saya bacakan per kalimat dalam bahasa Inggris lalu saya terjemahkan dalam bahasa Indonesia juga (bahasa sehari-hari kami) per kalimat tersebut. Gavin sangat tertarik melihat gambar-gambar yang ada dalam setiap buku. 
  • Rutin membacakan buku untuk anak. 
    Saya beli sekitar 5 buah buku saat itu dan dibacakan bergantian setiap hari. Bayi seusia 3 bulan memang kelihatannya belum mengerti, tapi sebenarnya apa yang kita bacakan akan terekam dalam memori mereka. Jadi bagi saya, ini adalah semacam investasi untuk jangka panjang. Kalau memang tidak sempat untuk membacakan setiap hari gapapa, tapi buatlah hal ini menjadi rutinitas, misalnya 3 kali seminggu, atau setiap weekend, sehingga hal ini akan menjadi habit nantinya. 
  • Gunakan soundbook agar lebih menarik 
    Saat Gavin sudah mulai bisa merangkak, dia mulai kelihatan bosan dengan buku dan lebih tertarik untuk eksplor sekelilingnya. Setiap saya kasih lihat buku, dia kabur. Baru dibacain 1-2 halaman, langsung bosan. Maka saya mulai membeli Soundbook. Dengan adanya suara-suara dan musik, Gavin lebih tertarik untuk memperhatikan. Lama-lama, Gavin kembali suka dengan buku, meskipun bukan Soundbook.
  • Konsisten 
    Setiap hari saya pasti selalu keluarkan beberapa judul buku untuk Gavin. Entah apakah Gavin mau lihat atau tidak, mau dibacain atau tidak, saya tetap konsisten kasih buku di depan matanya dan kemudian tiap malam saya bacakan, meskipun dia tidak benar-benar memperhatikan. Jadi saya seperti ngomong atau cerita sendiri saja. Dan seperti halnya saya bilang bahwa ini adalah investasi, saat Gavin semakin gede dan mulai mengerti, dia pun otomatis jadi suka melihat dan membolak-balik buku sendirian.

Bagi Mommies yang baru sekarang ingin membentuk habit membaca bagi anaknya, menurut saya tidak pernah ada kata terlambat. Moms bisa mulai dengan memperkenalkan Soundbook pada mereka, lalu bacakan saja isi bukunya meskipun anak kelihatannya tidak tertarik. Kalau dilakukan dengan rutin, niscaya lama-kelamaan akan menjadi habit. Selamat membaca, Mommies

By: Valent Cindy

549 Valent Cindy

Comments

Related Stories