Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bagaimana Working Mom Bisa Menyediakan Quality Time dengan sang Anak?

MY STORY  |  PARENTING  |  04 Jan '19


Saya sebagai working mom, tentunya waktu yang dihabiskan bersama si Kecil, kakak Fatih, sangatlah terbatas. Pagi jam 06.45 saya harus berangkat ngantor dan pulang sampai rumah maghrib (ini kalau pulangnya tepat waktu).

Namun, menurut saya yang penting adalah kualitas waktu yang ada, bukan sekedar kuantitas waktu yang tersedia. Percuma jika seharian penuh bersama anak, namun kita/anak malah asyik sendiri dengan gadget-nya.

Jadi saya benar-benar memanfaatkan waktu yang ada bersama baby dengan sebaik mungkin, serta mengikuti tumbuh kembangnya.

Pagi sebelum berangkat ngantor sebisa mungkin saya ajak bermain dengan kakak, baik bernyanyi sama-sama, baca buku, main mainan kakak, atau berjemur sebentar di depan rumah sambil menghirup udara segar pagi hari. Atau kalau tidak sempat, ya mandiin kakak. Saat mandiin, saya tetap ngobrol apa saja yang menyenangkan, bernyanyi, atau bermain air. Selain meningkatkan bonding antara Mom dan baby, Mommy juga dapat mood booster di pagi hari, jadi seharian di kantor akan terasa segar.

Kakak Fatih dijaga oleh Bunda Uti dan Akungnya. Nah, Bunda Uti dan Akungnya ini sering nge-share foto kakak lagi ngapain di grup family, jadi Mommy tahu kakak Fatih ngapain di waktu tersebut. Kadang juga Mommy menggunakan video call supaya bisa berbincang dan saling tatap-tatapan dengan kakak meskipun lewat hp. Alhamdulillah zaman sekarang sangat terbantu dengan teknologi yang super canggih.

Untuk kebutuhan kakak sehari-hari, saya selalu berusaha untuk menyiapkannya sendiri, jadi semua tersiapkan dengan baik. Saya juga selalu mencium dan memeluk kakak sebelum berangkat ngantor, sambil bilang "mama kerja dulu bentar kak, nanti kita main-main lagi ya sayang."

Nah saat weekend, benar-benar quality time dengan baby. Usahakan seminimal mungkin menggunakan gadget. Hp boleh digunakan hanya untuk buat foto atau merekan aktivitas kakak, jadi tidak kehilangan momen apa saja yang kakak lakukan. Ini menurut saya sangat penting agar bisa menyimpan kenangan untuk dilihat nanti saat kakak sudah besar.

Semoga bermanfaat.

By: Reza Zattira

Copyright by Bsbyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1860 Reza Zattira

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

11 Dampak KDRT pada Anak

Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) memang biasanya dilakukan terhadap istri atau suami. KDRT juga tak melulu berbentuk kekerasan fisik tetapi [...]

Tips Parenting Santai Anak Usia Remaja

Gimana, sih, caranya biar si Kecil melewati fase remaja dengan mudah dan santai? Ini dia tipsnya!

Kapan Moms Perlu Mulai Belajar Menyusui?

Mengingat manfaat menyusui yang sangat banyak itulah, penting bagi Moms untuk mempelajari cara menyusui sejak dini. Nah, kapankah kira-kira [...]

Ini 5 Gesture Moms & Dads yang Disukai Si Kecil

Apa saja sih, gesture yang disukai si Kecil?

Ini Tugas PakSu Sebagai Support System Moms yang Baru Lahiran

Setelah melahirkan, tugas Moms justru bertambah. Di sinilah, peran PakSu besar sekali dalam membantu Moms melewati masa-masa krusial mengurus bayi.

Kegiatan Parenting Tunjang Perkembangan Optimal Si Kecil

Program parenting dapat berupa pendidikan parenting yang menambah wawasan dan pengetahuan anak dalam hal pengasuhan sesuai dengan usia, [...]

Mengenal 4 Jenis Parenting Style, Manakah yang Terbaik?

Buat New Moms yang sedang belajar parenting dan ingin memilih gaya mengasuh terbaik, Minbyo kasih informasi lebih lanjut tentang parenting style [...]

Tips Agar Anak Semangat Belajar Setelah Liburan

Biar si Kecil kembali semangat setelah liburan, yuk, praktikkan kiat-kiat berikut!

Tips Mendampingi Anak Digital Native

Sebagian besar orang tua masih perlu edukasi bagaimana cara mendampingi si Kecil yang optimal terutama di era digital. Yuk, cari tahu tipsnya [...]

Tips Ajarkan Empati pada Anak Sejak Dini

Supaya si Kecil memiliki empati dalam hidupnya, orang tua perlu mengajarkan dan mengasah kepekaannya.

4 Tips Melatih Balita Bicara

Gimana caranya supaya si Kecil bisa mahir berbicara dengan cepat?

Helicopter Parenting Itu Apa? Ini Ciri-cirinya!

Rasa cinta dan kasih sayang orang tua ternyata bisa menjadi sesuatu yang tidak menyehatkan. Sebenarnya, kapan sepasang orang tua melanggar [...]

Kapan Waktu yang Tepat Sekolahkan Si Kecil?

Sebagai orang tua, Moms & Dads pun pasti telah berpikir untuk menyekolahkan si Kecil di sekolah yang paling baik dan tepat.

Mendidik Anak dengan Pamali, Perlukah?

Pamali artinya apa sih? Istilah ini mungkin lebih dikenal oleh orang-orang zaman old ketimbang anak-anak Millenial atau Gen Z.

Belajar dari Tragedi Kanjuruhan, Ini 10 Tips Ajarkan Si Kecil Terima Kekalahan

Belajar menerima kekalahan sejatinya merupakan bagian yang sangat penting dalam perkembangan kesehatan anak.

Didik Anak di Era Digital, Bagaimana Caranya?

Moms & Dads mungkin bingung yah bagaimana cara supaya si Kecil screentime-nya tidak berlebihan padahal di sisi lain sudah tidak mungkin [...]

Kerja dan Jaga Anak Tetap Fit? ?

Moms sering kewalahan ga sih kalau harus kerja sambil jaga Si Kecil? Yuk Intip tips tetap fit dari

Uang Sekolah Makin Mahal, Gimana Cara Mempersiapkannya?

Memberikan pendidikan terbaik bagi si Kecil merupakan salah satu kewajiban utama Moms & Dads.

It’s Okay to Not Be Okay

Dalam mengasuh anak, tentu Moms mengharapkan si Kecil tumbuh menjadi pribadi dengan kondisi fisik

Tips Praktis Memompa ASI di Kantor

Hai Moms, Meskipun pandemi virus corona belum berakhir, tapi banyak dari kita yang sudah