Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bagaimana Meredakan Emosi Saat Anak Tantrum?

PARENTING  |  TODDLER  |  27 May '19


Menjadi seorang ibu bagi setiap perempuan tentunya memiliki arti tersendiri untuk kehidupannya. Untukku di beri amanah di berikan anak-anak yang sangat amazing di kehidupanku membuatku semakin ingin terus mengasah diri untuk terus sabar dalam belajar menjadi seorang ibu yang bahagia untuk mereka. Karena anak-anak akan lebih bahagia jika ibunya bahagia. Mengandung mereka selama 9 bulan, melahirkan, melihat tumbuh kembang dan mendampingi mereka tentunya membuatku sadar bahwa arti ibu lebih dari sekedar status karena perjuangan sudah di mulai dari semenjak mengandung mereka. Memberikan yang terbaik adalah misi setiap ibu begitu pula untukku akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk segala kebutuhan lahir dan bathinnya terutama dalam hal parenting! 

Dalam mengasah anak bagi orang tua milenial sudah menjadi salah satu kewajiban untuk belajar update dan upgrade ilmu agar dapat mendampingi anak dengan pola asuh yang tepat dan benar walaupun tentunya dalam setiap prakteknya belum tentu mudah untuk menerapkannya. Anak pertama saya naomi berusia 3 tahun sedang dalam fase-fase yang sangat menguji kesabaran saya dan suami saya tapi saya dan suami tidak terlalu khawatir akan hal itu karena saya sudah memiliki tips agar dapat menghadapi fase-fase anak yang sedang terjadi di usia 3 tahun. Apa saja tips untuk mengasuh anak berusia 3 tahun?

Berikut tips yang akan saya bagikan.

1. Memahami karakter setiap anak.

Setiap anak memiliki karakter yang berbeda bahkan sudah mulai membentuk kepribadiannya ada yang introvert dan extrovert maka sebagai orang tua kita harus belajar mengetahui karakter anak agar dapat memahami bagaimana harus bersikap ketika anak menunjukan sikap tertentu.

2. Berusaha menunjukan sikap tenang dan sabar.

Memang sulit ya ketika anak sedang dalam fase yang sanga menguji kesabaran kita parents! Untuk inhale exhale pun terkadang sulit karena tantrumnya anak sudah sangat membuat hati memerah. saat dalam situasi ini biasanya saya langsung masuk ke ruangan berbeda dengan anak saya naomi agar saya bisa sedikit benar-benar healing dengan inhale exhale tanpa melihat tantrumnya naomi. Karena ketika melihat anak sedang tantrum dan kita sedang dalam situasi lelah biasanya ini sangat memancing amarah² terpendam pun ikutan muncul yang bisa jadi pemicu marah yang bisa membuat anak menjadi thraumatik. Jika tidak bisa mendapatkan sikap tenang dan sabar ketika anak sedang tantrum parents bisa coba ambil space dengan anak dengan berpindah tempat sementara ke ruangan lain untuk berusaha tenang atau healing self. Setelah anak di beri jeda waktu untuk mengeluarkan emosinya parents yang sudah lebih tenang bisa merangkul dan memeluk anak dan menanyakan akan perasaan anak agar dapat menemukan sebab dan memberikan ungkapan rasa parents juga agar bisa menemukan solusi 

3. Menunjukan kasih sayang dan perhatian yang lebih.

Pada usia ini anak lagi masa-masanya menjadi attention seeker terutama anak yang memiliki adik biasanya akan sedikit lebih agresif. Maka dari itu memang parents harus lebih extra menunjukan kasih sayang dan curahan perhatian agar anak bisa lebih merasakan bahwa perhatian orang tua tidak akan pernah berubah. Memang sulit kadang apalagi ketika lagi lelah-lelahnya karena aktifitas² yang kita lalui. Tapi di situlah momen dimana kita harus belajar agar anak bisa lebih perlahan-lahan akan membuka dirinya dengan situasi baru yang ia alami yang sering membuat anak mengalami tantrum yang sebenarnya ingin menunjukan rasa kecemasan atau shocked situation yang sedang ia alami.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1480 Nadia Nandadita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ide Bermain Anak - Cuci Tangan, Yuk!

Selama masa pandemi ini, kita semua dihimbau untuk berada #dirumahaja. Nah, supaya si kecil tidak bosan selama dirumah, kita bisa buatkan si [...]

Mendidik Anak Agar Suka Baca Buku

Bagaimana ya caranya agar si Kecil suka membaca? Simak cerita berikut ini.

Proses Menyapih si Kecil Serta Berbagai Persiapannya

Bagaimana cara menyapih agar proses ini berhasil dengan baik? Simak berikut ini.

Tips Sederhana Anak Tertarik dengan Buku

Membangun rasa ketertarikan si Kecil terhadap buku adalah hal yang baik untuk dilakukan sejak dini. Yuk simak berikut ini.

Tips Menghadapi Si Kecil yang Bersikap Kasar

Apa yang harus kita lakukan jika si Kecil bersikap kasar? Apakah perlu dimarahi dan didisiplin? Yuk, simak berikut ini.

Tips Disiplinkan Waktu Tidur Anak Sejak Dini

Mengatur waktu tidur anak itu susar-susah gampang. Betul ga Moms and Dads? Yuk simak tips mendisiplinkan waktu tidur anak berikut ini.

Tips Mengajak Batita ke Bioskop

Pengen ajak si Kecil ke bioskop tapi takut cranky dan mengganggu penonton lainnya? Yuk simak tips berikut ini!

Trik Sukses Mendidik si Kecil Tanpa Amarah

Hai Moms! Dalam mendidik anak tentunya moms ingin selalu happy dan ceria ya.

Si Kecil Suka Melawan? Ini 4 Cara Mengatasi Anak Keras Kepala

Menghadapi sifat anak yang suka melawan atau keras kepala pasti tidak mudah bagi orangtua