Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bagaimana Membuat Bayi Prematur Bisa Mengikuti Perkembangan Bayi Normal

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  06 Mar '18

Syukurlah, bayi prematur saya sudah bisa mencapai tinggi dan berat yang cukup normal saat beranjak 2 tahun. Bukanlah perjuangan mudah untuk membuat bayi prematur yang berat badan kurang dan tinggi badan kurang untuk mengejar ketinggalannya. Setiap bulan saat pengukurannya kami deg-degan apakah Oliver, anak saya sudah bisa punya berat badan yang sama dengan anak normal?


Banyak yang belum tahu bahwa mengukur bayi prematur ada usia koreksi. Dan usia koreksinya dihitung dari kurang bulannya Ia lahir. Dalam hal ini Oliver selalu dikurangi 6 minggu dari usia kronologisnya Oliver lahir dengan berat 2180 gram, tinggi 45 cm. Dan lahir di usia kehamilan 33 Minggu karena saya terkena Pre eclampsia. Sekarang Oliver sudah mau 2 tahun dan cukup mengikuti anak sebayanya dari segi berat, tinggi dan ukuran kepala.


Disini saya bisa berbagi beberapa kiat saya untuk Oliver mengejar ketinggalannya. Mungkin bisa bermanfaat untuk Anda yang mempunyai bayi prematur.

  1. Saya tidak pernah mengajak Oliver kemana-mana selama 3 bulan pertama, kecuali ke dokter untuk vaksin. Saya menghindari pergi ke mall ataupun pusat perbelanjaan lainnya karena badannya masih ringkih.
  2. Saya tidak pernah skip vaksin apapun dan selalu tepat waktu dalam vaksin. 
  3. Saya melakukan USG kepala, Pemeriksaan mata (ROP), Test Pendengaran, Test Jantung dengan dokter spesialis. Karena semakin cepat kita mengetahui ada kelainan, maka semakin cepat pula penanganannya. Setiap dokter spesialis untuk test diatas benar-benar harus jeli untuk melihat dan memeriksa bayi prematur. Tanyakan suster di sana apakah dokter spesialisnya sudah memiliki riwayat memeriksa bayi prematur? Jika belum maka carilah dokter yang sudah terbiasa memegang bayi. Silahkan googling dengan baik sebelum Anda memeriksa, ada baiknya test ini dilakukan di awal-awal kelahiran.
  4. Saya mencari spesialis dokter anak yang terbiasa menangani anak prematur. Untuk yang satu ini carilah referensi dari website ataupun teman yang punya riwayat mempunyai bayi prematur. Kenapa? Karena bayi prematur mempunyai sensitifitas terhadap sesuatu lebih daripada bayi normal, dan dokter anak yang tau menangani anak prematur akan membantu mengatur pola makan dan stimulasi perkembangan anak prematur.
  5. ASI adalah asupan terbaik, akan tetapi suplemen SUFOR untuk bayi kecil kadang diperlukan (Karena bayi prematur biasanya kuning, maka ASI sangatlah penting, apabila produksi ASI kurang maka konsultasikan ke dokter ahli lakstasi).
  6. Jika Anda memakai Sufor, pastikan tidak berganti ganti brand lain agar memastikan bayi tidak beradaptasi dengan susu baru sampai umurnya cukup untuk mengganti dengan susu lain. Karena Oliver tidak bisa susu sapi, maka susu Oliver adalah Susu khusus Hypo Allergenic. Untuk yang satu ini saya sudah coba beberapa brand susu dan belum berhasil. Maka saya ambil keputusan untuk tidak ganti brand sampai Oliver cukup usia.
  7. Jemur pagi hari dengan memberikan kacamata hitam anti UV agak tidak merusak mata. Matahari pagi dan udara segar membuat bayi cepat beradaptasi dengan lingkungan.
  8. Selalu mandi air hangat 2 kali sehari dan selalu pijat ILU (Saya tidak pernah skip mandi, selalu mandi dan pijat).
  9. Sikat lidah bayi dari bekas sisa susu dan jika sudah punya gigi saya selalu menyikat giginya. Ini membuat bayi lebih mudah makan ketika giginya bersih.
  10. Ketika baru bisa berjalan, pastikan bayi mencoba berdiri di atas rumput yang penuh embun, pasir, batu, marmer dan kayu. Karena bayi prematur sangat sensitif, biasanya ia menolak menginjak permukaan kasar. Stimulasi dari kecil membuatnya lebih bisa menerima permukaan yang berbeda lebih cepat sehingga cepat berjalan.
  11. Saya mengatur posisi peletakan barang agar Oliver mengambil barang dari tempat agak tinggai agar ia sedikit jinjit ketika berusaha meraihnya dan latihan melompat. Hal ini membuat Oliver menjadi cepat tinggi.
  12. Sering saya ajak berenang agar paru-parunya lebih kuat. Jika bisa berikan dia ke udara laut di pagi hari, dan berenang di kolam anak yang hangat (pastikan Ia dalam keadaan sehat ya).
  13. Sehabis vaksin sudah siap senjata anti panas, pilek, batuk agar cepat sembuh apabila sakit.
  14. Pastikan makanan yang 5 star dengan lemak tambahan (karbo, daging, sayur, buah Organik) Pastikan makan 3 kali sehari dan 2 kali snack dan susu.
  15. Banyak pantangan makanan ketika sakit, setiap dokter mempunyai pantangan sendiri. Ikuti yang menurut Anda terbaik.
  16. Selalu stimulasi perkembangan Anak.
  17. Dibawa Bahagia. Jangan terlalu memikirkan anak harus mencapai goalnya. Yakinlah jika belum sampai goal di bulan ini bisa dikejar bulan bulan selanjutnya

Selain itu yang jarang dipikirkan adalah merawat bayi prematur memerlukan biaya yang cukup tinggi, berembuklah bersama pasangan untuk mengatur dan mengelola keuangan untuk merawat bayi prematur.

Semoga bermanfaat.

By: Prisiella Yessy.

2068 Prisiella Yessy Dipl. CIBTAC.

Comments

Related Stories