Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bagaimana Jika Anak Dilabeli Nakal?

OTHERS  |  PARENTING  |  12 Oct '18

Pasti sedih ya Moms kalau anak kita dicap nakal oleh orang lain? Apalagi oleh orang terdekat seperti nenek atau kakeknya. Sebagai ibu, kita harus aware dengan perilaku anak kita. Perhatikan perilaku apa sih yang dinilai nakal. Jangan baper dulu ya Moms.

Jika Moms merasa memang tingkah si Kecil ada yang salah Moms bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasi anak yang dicap nakal oleh orang lain.

Beberapa hal yang bisa Moms lakukan

  1. Evaluasi perilaku anak
    Kalau anak dicap nakal karena terlalu aktif, santai saja ya Moms, ketidakmampuan orang lain untuk mengikuti aktivitas anak kita bukan salah anak. Pada hakikatnya anak-anak yang sehat tumbuh kembangnya memang selalu sibukan? Dalam setiap kegiatan mereka selalu belajar hal baru.
    Tapi, kita juga perlu mengajarkan anak batasan mana kegiatan yang boleh atau tidak boleh ia lakukan. Cukup pegang 2 prinsip untuk segala kegiatan anak: aman dan sesuai norma.  Misalnya memanjat gorden di rumah orang lain itu tidak boleh dilakukan karena tidak aman dan tidak sopan.
    Kalau anak kita suka memukul orang lain, kita cek dulu Moms apakah dia sengaja atau hanya belum mampu mengontrol kekuatan tangannya. Kadangkala anak-anak hanya ingin bermain namun belum mampu mengekspresikannya dengan baik.

  2. Bicarakan dengan partner
    Bicara dengan suami tentang perasaan Moms itu perlu lho. Misalnya Moms merasa sedih jika anak dicap nakal oleh neneknya. Minta dukungan suami agar ikut mengawasi perilaku anak atau meng-counter omongan-omongan tidak enak tentang anak.
    Bicarakan juga hasil evaluasi pengamatan kita tentang perilaku anak. Lalu, satukan pikiran dan bekerja sama agar kompak saat menghadapi situasi tersebut.

  3. Selalu doakan anak
    Moms, your words is powerfull! Percaya deh. Semua omongan tidak enak tentang anak, kita tepis dengan doa. Selalu doakan agar anak tumbuh menjadi anak yang baik dan kelak akan menjadi manusia yang bermanfaat.

Semoga bermanfaat.

By: Fara Irdini Azkia

456 Fara Irdini Azkia Send Message to Writer

Related Stories