THE DAILY

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bagaimana Caranya Produksi ASI Tetap Lancar Saat Bekerja?

FEEDING  |  MY STORY  |  17 Oct '18

Sejak usia Max 2 bulan, saya sudah memberikan ASI menggunakan botol, jadi saat kembali bekerja tidak ada drama bingung puting. Satu sisi memang ada rasa sedih karena tidak lagi menyusui secara langsung, sisi lainnya tidak masalah saat harus kembali bekerja karena si Kecil sudah terbiasa menggunakan botol dan dot serta bayi tetap bisa meminum ASI.

Seorang teman menghubungi saya beberapa waktu lalu, tanya tentang produksi ASI saya setelah Max berusia 9 bulan. Sampai saat ini Max sudah hampir 10 bulan, produksi ASI masih lancar dan cukup bahkan lebih.

Untuk mendapatkan ASI tetap lancar dan pastinya hasilnya melimpah, meskipun kita telah kembali bekerja lagi ada kiat-kiat yang saya lakukan Moms.

Beberapa Hal untuk Mendukung Produksi ASI Tetap Lancar

  1. Jauhi stres dan cukup istirahat
    Pikiran dan pola istirahat kita sangat mempengaruhi tingkat produksi ASI Moms. Dengan pikiran yang tenang dan rileks, produksi ASI Moms makin berlimpah.

  2. Makan dan Minum cukup
    Setiap hari di kantor minimal saya minum air putih 2L, makan 3 kali sehari dengan komposisi 4 sehat 5 sempurna dan jangan lupa ngemil. Perbanyak makanan yang mendukung produksi ASI seperti kacang panjang, pare, dan tempe. Berbagai sayuran ini Moms bisa masak dengan ditumis atau dibuat di sop.

  3. Pompa rutin
    Setiap hari saya pompa ASI paling sedikit 5 kali sampai saat ini (1 kali setelah bangun tidur, 3 kali di kantor, dan 1 lagi sore atau malam di rumah setelah pulang kantor), dengan durasi minimal 15 menit setiap kali pompa.

Selalu berdoa dan mantapkan niat untuk memberi ASI, sehingga produksi ASI tetap lancar. Semangat mengASIhi Moms.

Semoga bermanfaat.

By: Enmi Rosanti

 

114 Enmi Rosanti Send Message to Writer

Related Stories