Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bagaimana Cara Merawat Kulit si Kecil yang Kering?

HEALTH TIPS  |  14 Mar '19

Kulit bayi memang tak bisa dipungkiri rawan sensitif karena baru lahir. Struktur jaringan kulitnya yang masih lunak juga membuat kulit si Kecil masih rentan dengan sensitivitas seperti debu, kotoran dan bahkan alergi. Kita sebagai ibu perlu merawat kulitnya supaya tidak hanya menjaga sensitivitasnya, namun kesehatan kulit yang terjaga juga dapat membuat kulit si Kecil bebas dari alergi.

Supaya kulit tetap sehat dan terawat, saya akan berbagi cara merawat kulit si Kecil yang efektif melalui cara yang mudah dan aman. Pengalaman merawat kulit si Kecil nampaknya menjadi motivasi untuk berbagi cerita si Kecil yang pernah mengalami kulit kering dan alergi.

Apa tips merawat kulit kering si Kecil yang bisa dipraktekkan di rumah?

  1. Mandi dengan sabun milk bath 
    Salah satu cara merawat kulit si Kecil adalah memperhatikan sabun mandinya. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, penggunaan sabun harus terbebas dari zat SLS yang berbahaya yang dapat menyebabkan kulit si Kecil kering atau terkena alergi. Moms bisa memandikan si Kecil dengan sabun milk bath yang mengandung formula lembut dari bahan susu. Selain melembutkan, sabun yang mengandung susu ini juga menjaga kelembapan kulit si Kecil.

  2. Menggunakan minyak zaitun/baby oil
    Jika kulit si Kecil cenderung kering, Moms bisa mengoleskan minyak zaitun atau baby oil pada kulitnya yang kering. Minyak zaitun ini juga dikenal karena kandungan vitamin E nya yang bagus untuk kesehatan kulit. Moms bisa menggunakannya pada si Kecil dengan mengoleskannya beberapa kali secara rutin sebelum kemudian membilasnya dengan air hangat. Revitalitas kelembapan kulit si Kecil yang kering akan kembali normal sebagai efek rutin penggunaan minyak zaitun atau baby oil ini. Namun perlu diperhatikan dulu ya Moms, oleskan terlebih dahulu minyak zaitun pada sebagian tangan si Kecil untuk mengetes alergi atau tidak kulitnya terhadap minyak zaitun ini.

  3. Menggunakan lotion pelembab khusus bayi
    Ada banyak produk perawatan bagi kulit si Kecil yang recommended untuk Moms gunakan. Salah satunya dengan lotion pelembab. Lotion pelembab ini berfungsi melembutkan kulit yang kering, menjaga kelembapan kulit, sekaligus memberikan vitamin dan nutrisi yang baik supaya kulitnya tetap sehat terawat. Moms bisa menggunakannya sehabis mandi pada si Kecil secara rutin.

  4. Menggunakan tabir surya khusus bayi
    Menggunakan sunblock atau tabir surya juga penting bagi si Kecil supaya terhindar dari sinar ultraviolet dan radikal bebas yang dapat merusak kulit si Kecil. Pengaruh buruk sinar ultraviolet juga dipercaya menjadi penyebab utama yang membuat kulit kering tak hanya bagi orang dewasa saja, juga termasuk kulit bayi Moms yang tentunya masih sensitif terhadap radikal bebas tersebut. Tabir surya juga cocok digunakan ketika Moms sedang membawanya bepergian keluar. Dengan perlindungan tabir surya, kulit si Kecil terhindar dari efek buruk sinar matahari ataupun sunburn yang dapat menyebabkan kemerahan pada kulit si Kecil.

  5. Berjemur di pagi hari
    Selain melakukan perawatan dengan produk perawatan kulit, cara mudah, murah dan bermanfaat ini tentunya sangat disarankan bagi si Kecil. Apalagi bayi yang baru lahir, vitamin D dan E pada sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan kulitnya. Jangan lupa acara berjemur si Kecil ini tak lewat dari jam 09.00 pagi ya Moms. Lebih dari itu, tentunya tidak menyehatkan.

  6. Minum air putih yang cukup
    Selain menyusui, si Kecil juga perlu minum air putih agar kulitnya terhidrasi dengan baik. Salah satu penyebab kulit si Kecil kering juga bisa jadi karena ia menderita dehidrasi, atau akibat kurangnya cairan di dalam tubuhnya. Selain susu formula atau ASI, jangan lupa Moms juga memberikannya air putih yang cukup sesuai dengan kebutuhan si Kecil. 

Faktor makanan yang baik seperti makanan yang mengandung gizi vitamin E, kolagen, dan vitamin C juga disarankan untuk dikonsumsi melalui ibu menyusui ataupun langsung diberikan buat si Kecil. Dalam hal merawat kulit si Kecil, tentu Moms lah yang paling tahu cara terbaik merawat kulit si Kecil supaya tetap sehat dan terawat. Tips di atas hanya dari sekian banyak yang bisa Moms lakukan di rumah pada si Kecil.

Semoga bermanfaat.

By: Yuni Nurmalia

Copyright by Babyologist

103 Yuni Nurmalia

Comments

Related Stories