Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Jantung Bayi Prematur?

FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  23 Sep '18

Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan bayi yang berasal dari sekresi kelenjar payudara ibu pasca melahirkan. ASI mengandung laktosa, garam-garam organik, dan protein. ASI terbukti memiliki zat-zat gizi yang lengkap dan sempurna. Oleh karena itu, pada masa-masa awal kehidupan bayi, ASI adalah makanan utama.

Bagi bayi yang lahir prematur, ASI dapat memperbaiki fungsi dan struktur jantung bayi agar menjadi lebih baik untuk jangka panjang. Sementara itu, manfaat ASI dalam jangka pendek untuk bayi prematur adalah sebagai antibodi pelindung dan membantu produksi flora usus yang penting.

Menurut hasil penelitian, bayi prematur mempunyai fungsi jantung yang lebih buruk daripada bayi yang lahir tepat waktu. Ketika dewasa, bayi prematur juga memiliki volume jantung yang menurun. Pemberian ASI eksklusif dapat meningkatkan kualitas fungsi dan volume jantung bayi prematur. Kondisi mereka akan lebih baik daripada bayi prematur yang diberi susu formula.

Pemberian ASI eksklusif memang tidak mengubah ketebalan dinding jantung. Meskipun demikian, ukuran dan fungsi jantung bayi prematur dapat mendekati ukuran orang dewasa ideal yang lahir secara normal apabila dalam kehidupan pertamanya diberi ASI eksklusif.

Tips Pemberian ASI untuk Bayi Prematur

Beberapa tips yang dapat Moms lakukan untuk memberi ASI kepada si Kecil yang lahir prematur sbb.:

  1. Bangun rutinitas menyusui dengan cara menghabiskan waktu sebanyak mungkin bersama bayi. Cara ini juga terbukti dapat meningkatkan produksi ASI.
  2. Tetap sabar dan terus berusaha agar si Kecil mau menyusu secara rutin. Kadang-kadang, bayi membutuhkan waktu lama untuk mengembangkan refleks mengisap payudara. Si Kecil mungkin perlu membiasakan diri dengan payudara ibunya sebelum memiliki kepercayaan diri untuk menyusu.
  3. Perah ASI untuk memperlancar pasokan ASI jika si Kecil masih belum siap menyusu. Usahakan untuk memerah ASI 8 hingga 10 kali sehari termasuk sekali di malam hari agar kualitas serta kuantitas ASI lebih baik.
  4. Konsultasikan kesulitan memproduksi ASI kepada dokter spesialis anak. Jika memang sangat perlu, Moms dapat memberikan ASI donor sampai Moms dapat memproduksi ASI dengan lancar. Sebelum memberikan ASI donor, pastikan sumber ASI donor jelas.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

 

192 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories