Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bagaimana Cara Mengatasi Kolik pada Bayi?

FEEDING  |  01 Mar '19

Ibu menyusui mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah kolik pada bayi, di mana kondisi kembung atau begah pada bayi disertai tangisan sebagai tanda ketidaknyamanan dan rasa sakit pada perut bayi. Tentunya bagi kita para Moms yang sedang menyusui sangat menghindari sekali kejadian seperti ini, karena bisa menyebabkan bayi kembung dan merasa tidak nyaman. Kolik pada bayi bisa kita hindari, dan jikalau pun terjadi bisa segera diatasi, cara apa saja yang dapat mengatasi kolik pada bayi? Berikut di bawah ini akan saya jelaskan sesuai pengalaman yang saya alami:

Melakukan pelekatan payudara yang tepat

Bayi yang direct breastfeeding tidak dipungkiri masih bisa terkena kolik loh Moms! Untuk menghindarinya Moms harus melakukan pelekatan payudara yang tepat agar udara tidak dapat masuk dan agar si Kecil bisa terhindar dari kolik, selain itu asupan Moms saat menyusui usahakan harus matang, termasuk buah-buahan, karena senyawa yang terkandung dalam buah-buahan yang belum matang akan menyebabkan iritasi pada pencernaan.

Jika sampai terjadi kolik, yang perlu Moms lakukan adalah pertimbangkan untuk mengubah pola makan, gendong bayi dengan tegak sambil diusapi bagian punggung sampai bayi bersendawa. Langkah ini akan mengurangi kembung pada bayi, lalu Moms bisa juga memberikan minyak telon untuk dibalurkan di bagian perut dan punggung.

Menggunakan botol susu anti kolik

Jika Moms menggunakan media botol susu dalam menyusui/memberikan susu formula, maka sebaiknya Moms memilih botol susu anti kolik, karena botol susu anti kolik dapat secara efektif mencegah bayi kolik akibat minum susu dari botol. Botol susu anti kolik, terutama botol susu yang memiliki internal vent system dapat secara efektif mencegah udara masuk ke dalam botol. Selain itu, adanya alat internal vent tersebut akan mencegah udara masuk dan dapat menjaga kandungan nutrisi ASI/susu.

Nah Moms, semoga cara di atas dapat membantu Moms dalam menghindari dan mengatasi kolik ya!

Semoga bermanfaat.

By: Nadia Nandadita

Copyright by Babyologist

180 Nadia Nandadita

Comments

Related Stories