Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bagaimana Cara Memperbanyak ASI?

FEEDING  |  MY STORY  |  26 May '18

Mommies percayalah ini benar-benar bukan hal yang instan, melainkan membutuhkan perjuangan. Karena pernah beberapa kali aku posting stok ASIP Dila, lumayan banyak Mommies yang nanya. ASI aku sebenarnya bisa segitunya sekarang bukan tanpa kerja keras, namun aku juga tidak bilang cara aku ini yang paling baik, dan aku pun tidak menuntut Mommies untuk ikutin metode aku, karena setiap orang punya caranya masing-masing. 

Jadi, kalau cara aku pompa 12 kali per hari, jadi setiap 2 jam dan 15 menit saya lakukan sesi pumping masing-masing payudara. Kalau Mommies pakai pompa yang single pump otomatis akan double waktu. Jadi 30 menit per sesi. Sebisa mungkin jangan ada jadwal atau sesi yang terlewatkan.

Kenapa Cuma 15 menit per sesi? Karena aku pernah baca idealnya bayi menyusu dan kenyang itu kurang lebih 15-20 menit, sisanya dia ngempeng. Makanya aku menggunakan patokan itu. Kurang tidur itu sudah pasti yah, malahan kayaknya beberapa bulan aku merasa seperti tidak tidur, baru selesai mompa tidur bentar alarm bunyi lagi. Belum lagi kalau di jeda mompa anak bangun otomatis kita bangun juga buat nyusuin. Belum lagi dengan aktivitas cuci steril botol (yang buat aku pribadi ini sangat penting karena Dila full menggunakan botol).

Makanya disebut pejuang ASI karena ini bukan hal yang mudah buat aku. Di sinilah juga bantuan suami amat sangat berperan, kalau aku lagi kena jam mompa terus Dila tiba-tiba bangun, suamiku yang memberikannya botol susu. Kalau aku tidur dia juga tidak pernah membangunkan aku untuk memberikan Dila susu, melainkan dia yang mengatasinya. Mungkin ini kedengerannya sepele ya Moms, tapi seriously ini benar-benar helpful buat aku.

Jadi, bagaimana caranya biar ASI-nya banyak? Prinsipnya ASI ialah supply (suplai=produksi/pasokan) by demand (permintaan), kalau banyak permintaan, maka makin banyak produksi. Kalau Mommies sering nyusuin, sering mompa, maka produksi ASI juga akan semakin banyak. So, kalau mau produksi ASI-nya banyak, sering-seringlah susuin dan mengosongkan payudara ya Mommies. Semakin cepat payudara kosong, semakin cepat juga ASI baru diproduksi.

Jadi, kalau habis menyusui merasa payudara belum kosong, lanjut lagi pumping. Begitu juga dengan pumping, usahakan pumping dengan maksimal sampai merasa payudara sudah kosong.

Aku biasanya mompa per 15 menit, di menit ke 10 atau 13 biasanya aku pijat-pijat payudara dan tekan-tekan ke arah puting sampai bener-benar sudah tidak keluar lagi ASI-nya. Meski begitu, aku tetap mompa sampai 15 menit.

Jadi, prinsip dasarnya supaya ASI banyak ialah supply by demand. Semakin sering atau banyak demand maka semakin banyak pula supply-nya.

Semoga bermanfaat.

By: Mala Sari.

417 Mala Sari Send Message to Writer

Related Stories