Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bagaimana Cara Agar Anak Jarang Terserang Flu?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  19 Nov '18


Kenapa anak kamu sehat banget? Kenapa anak kamu tidak pernah diajak jalan-jalan? Saya selalu mendapatkan pertanyaan seperti ini setelah punya anak.

Selama setahun awal Edgar lahir, saya selalu mengurung diri di rumah dan mengurungkan niat untuk jalan-jalan kecuali ke rumah sakit, atau sekedar ke mall untuk membeli sesuatu. Itu juga saat anak sudah memasuki usia 6 bulanan. Ke mall juga ketika weekday dan paling lama 1,5 jam.

Kenapa saya begini? Karena saya mencontoh 2 kakak saya yang punya 2 dan 3 anak. Anak mereka boleh dibilang tidak ada record sakit di awal tahun dan bahkan ke tahun berikutnya.

Saya pernah baca artikel bahwa pada bayi yang sehat, dengan seiring bertambahnya umur maka bayi akan secara alami membentuk antibodinya sendiri. Antibodi yang berhasil diterima bayi dari ibu melalui ASI lama-lama akan menurun.

Ketika bayi berumur 2 hingga 3 bulan, bayi sudah mulai membangun sistem kekebalan tubuh dan memproduksi antibodinya sendiri. Setelah bayi memasuki usia 6 bulan, maka sistem kekebalan tubuhnya sudah bisa bekerja dengan normal, layaknya sistem kekebalan tubuh pada orang dewasa.

Nah, tentu saja sebagai ibu yang baru punya 1 anak, mama saya sering telepon dari kampung pesan jangan suka keluyuran, antibodi anak selama 6 bulan harus dijaga jangan sampai sakit, jangan sampai minum obat atau antibiotik. Tunggu sudah usia 1 tahun baru boleh coba ajak jalan sedikit lebih lama.

Sebagai anak yang selalu mendengarkan kata mama, akhirnya saya selalu menolak ajakan demi ajakan sampai pada bosan mengajak saya.

Demi anak, saya rela lakukan, hasilnya bisa lihat sendiri record Edgar dari 0-1 tahun belum pernah batuk pilek bahkan demam setelah vaksin.

Edgar benar-benar termasuk anak yang sangat fit tanpa harus pemberian vitamin atau semacamnya. Mama berpesan kalau anak makan dan tidurnya cukup serta dirawat dengan benar tentu akan jarang sakit. Dan terbukti pada Edgar.

Jadi pesan saya ke Moms kalau tidak ada keperluan urgent sebaikanya di rumah saja demi bayi kita yang masih rentan terhadap virus di luar.

Semoga bermanfaat.

By: thokhifui thokhifui

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

3456 thokhifui thokhifui

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Wajarkah Bayi Sering Kentut?

Jika si Kecil sering sekali kentut, coba ikuti beberapa tips berikut untuk mengurangi angin dalam perut bayi.

Benarkah Tidur Siang untuk Ibu Pasca Melahirkan Berbahaya?

Pasca melahirkan pasti Moms merasa sangat lelah ya, ingin istirahat. Tapi bahayakah tidur siang pasca melahirkan?

Baby-O-Talk With Mom Yovie Agustine Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Yovie mengenai vaksin! Yuk, disimak.

Bagaimana Membuat Bayi Prematur Bisa Mengikuti Perkembangan Bayi Normal

Terkadang Moms khawatir karena bayi prematur memiliki perkembangan yang berbeda dengan yang lahir normal.

Tips Membersihkan Telinga Bayi

Rongga telinga yang higenis akan mencegah akumulasi bakteri di dalam telinga. Moms perlu memperhatikan beberapa cara yang tepat untuk menjaga [...]

Tips Mengatasi Demam Setelah Imunisasi

Setelah imunisasi biasanya Si Kecil akan rewel dan demam. Bagaimana caranya mengatasi agar tidak demam setelah imunisasi? Berikut tips dari Mom [...]