Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bagaimana Belajar Minum Menggunakan Sedotan

FEEDING  |  MY STORY  |  29 Aug '19


Halo moms apa kabar?

Saya mau cerita tentang cara yg saya gunakan pada Chloe untuk belajar minum menggunakan sedotan. Tiap anak beda-beda, pastinya unik. Ada anak yg langsung bisa nyedot tanpa di ajarin, ada yg perlu di ajarin dulu. Cara para orangtua juga mungkin berbeda. Nah, saya mau cerita tentang pengalaman saya mengajarkan Chloe minum menggunakan sedotan.

Nah, Chloe pernah di ajarkan dulu sebelumnya. Penggunaan botol sedotannya di usia awal2, yaitu 6 bulan saat mulai masuk mpasi. Saya cerita sedikit perjalannya ya

1.Waktu uda mulai mpasi, botol sedotan pertama yg saya coba adalah Avent. Ternyata belum bisa sedot, dan sedotannya ada anti sedaknya, jd berat gtu kalo di sedot. Jadi butuh usaha lebih untuk air nya bisa naik.

2. Kemudian saya coba pakai sedotan plastik, di gunting dulu jadi pendek. Gagal juga. Hasilnya di gigit2 sedotanya jadi ga berbentuk.

3. Trus saya coba lagi pakai sedotan plastik, saya tutup bagian atas nya dg jari telunjuk, sehingga air nya tertahan di sedotan, trus saya kasih ke mulutnya. Supaya dy tau kalo dr sedotan keluar air.

4. Masih menggunakan sedotan plastik, saat airnya tertahan di sedotan, saya posisikan sedotannya arah bawah seperti sedang minum di botol. Tapi air nya malah tumpah terus, ga keburu kesedot sama Chloe.

5. Akhrnya, saya posisikan datar. Sesekali bs Chloe sedot, tapi cara nya kurang efektif saya lihat.

6. Beberapa hari kemudian, saya putuskan beli botol baru yg Pigeon Petite Straw bottle. Pulang ke rumah saya coba. Bisa dong. Saya girang bgt akhrnya berhasil. Karna cukup bikin kewarasan hilang juga ya buat bikin anak ngerti kalo dari sedotan keluar air.

Jadi sebetulnya, saya pun masih ragu knp dy langsung bs saat di kasih pigeon. Apa sebetulnya Chloe bisa pakai sedotan tanpa di ajarin dulu? Atau bisa juga karna sebelumnya sudah di ajarin berulang-ulang lewat sedotan plastik.

Asumsi saya, mungkin botol avent berat saat di sedot, butuh tenaga otot sekitar mulut, sedangkan pigeon enteng saat di sedot.

Sekaran Chloe uda gak pakai botol pigeon lagi. Uda beberapa merk di coba. Next nanti saya coba review ya...

Jadi cara saya, mungkin bs di coba oleh para Moms, untuk awal mula menggunakan sedotan:

1. Coba minum pakai sedotan, saat makan. Saat makan akan terasa haus, jadi saat yg tepat supaya mindset nya kebentuk bahwa kita lagi kasih dy minum.

2. Coba langsung pakai sedotan yg lembut tdk keras dan enteng saat di sedot (siapa tau anaknya langsung bisa kan...)

3. Ulang2, terus ya...Ga boleh putus asa. Pasti bisa. Sabar.

4. Ga boleh di paksakan klo anaknya nolak. Coba lg tiap ada kesempatan.

5. Saat coba menggunakan sedotan plastik, batasi sedotan dengan tangan, supaya tidak masuk terlalu dalam ke mulut si anak (takut kecolok).

6. Selama di ajarkan tetap di beri tahu secara verbal untuk minum menggunakan sedotan.

Sekarang Chloe sudah gak pakai botol pigeon lagi. Uda beberapa merk di coba. Next nanti saya coba review ya. Pada akhirnya sesuaikan saja dg anaknya ya moms. Karna tiap anak unik dan berbeda. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

161 Melisa Falentina

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Pengalaman Bendungan ASI yang Tak Terlupakan

ASI yang mampet bisa terjadi pada Ibu menyusui. Bagaimana cara mengatasinya? Simak berikut ini.

Manfaat Kolang Kaling

Resep manisan kolang kaling berikut ini bisa menjadi menu pilihan untuk berbuka puasa. Simak yuk!

Ceritaku Memberikan Enfamil Gentle Care A+

Simak cerita Mom Dwi berikut ini mengenai Enfamil Gentle Care A+.

Tips dan Trik Mengganti Sufor Lama ke Sufor Baru

Simak tips mengganti susu formula si Kecil berikut ini yuk Moms and Dads.

Metode Blansir MPASI: Smart Mom, Save Money!

Di tengah pandemi ini kita tidak mungkin belanja ke pasar setiap hari. Bagaimana caranya agar sayuran bisa bertahan lama?

Cara Menyapih Anak yang Cuma Mau ASI

Bagaimana cara menyapih si Kecil yang sama sekali tidak mau susu lainnya selain ASI? Simak pengalaman Mom Selvi berikut ini.

Busui Jangan Takut Minum Kopi. Ini Tips Minum Kopi ala Saya

Busui tapi ingin mengonsumsi kopi? Tenang Moms asal sesuai dengan takaran aman kok

Cracked Nipple pada Ibu Menyusui

Puting Moms lecet? Yuk atasi dengan cara berikut ini

Produksi ASI Tiba-Tiba Berkurang? Ini Alasannya

Mengapa produksi ASI bisa berkurang?

Mengenal Tentang ASI dan Perbedaannya dengan Susu Sapi

Moms, taukah bagaimana produksi ASI saat pertama kali si kecil nenen?

Tips Menaikkan Berat Badan si Kecil

Saya mau berbagi tips nih moms bagaimana cara menaikkan berat badan si kecil

Tips Menaikkan Berat Badan Walaupun Anak GTM ala Bunda Braga

Bagaimana sih caranya anak GTM tetapi berat badan tetep bisa naik?

Anak Susah Makan dan BB Seret (Part 2)

Susah makan bisa menyebabkan si Kecil susah makan dan berat badannya susah naik loh Moms

Tips Menghadapi GTM pada Anak

Yuk cari tahu penyebab si Kecil GTM dan bagaimana cara mengatasinya

Ini Dia 5 Makanan Tinggi Zat Besi untuk si Kecil

Kenali sumber zat besi alami dari makanan yang bisa Moms berikan pada si kecil yuk!

Chocolate Cake dengan Slow Cooker! Must Try This Recipe!

Slow cooker juga bisa loh mom untuk membuat cemilan bagi Moms & si Kecil.

Pengalaman saat Anak GTM dan Tips Menghadapinya

Gerakan tutup mulut atau yang lebih dikenal dengan istilah GTM, tentu sangat dikhawatirkan setiap Moms.

Hasil Pumping yang Didapat Sedikit? Coba Lakukan Teknik Power Pumping

Jika dilakukan dengan rutin power pumping bisa memancing ASI keluar lebih banyak

Cara Membekukan dan Mencairkan ASIP yang Benar

Bagaimana cara mendinginkan & mencairkan ASIP dengan benar? Yuk simak tips berdasar pengalaman saya

Ketika Anak Susah Makan, Yuk Terapkan Cara Ini Moms

Alfarez pernah GTM gak? Pernah! Sampe kurus banget malah. Terus cara ngatasinnya gimana?