Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Babywearing Story: Ini 4 Jenis Gendongan Bayi yang Saya Pakai Sehari-hari

MY STORY  |  PARENTING  |  10 Feb '20


“Jangan sering digendong, nanti anaknya bau tangan” pasti kalimat itu sudah tidak asing lagi di telinga Moms. Akan tetapi, apa benar demikian? Menurut saya, menggendong adalah salah satu aktivitas untuk meningkatkan bonding antara anak dengan orangtua. Nah, pemilihan jenis gendongan juga gak kalah penting nih Moms supaya menggendong tetap nyaman dan tidak pegal. Jika dari jaman dulu orangtua kita menggendong hanya menggunakan kain jarik, sekarang ini sudah banyak sekali jenis gendongan yang pastinya juga lebih modern. Harga gendongan pun bervariasi dari yang murah meriah sampai dengan jutaan rupiah. Kalau untuk saya pribadi, dalam memilih jenis gendongan, saya sesuaikan juga dengan kebutuhan saya. Karena saya tidak mempunyai stroller dan hanya babywearing dalam keseharian saya, saya memilih gendongan yang nyaman dan tidak membuat badan pegal jika harus menggendong dengan waktu yang lama.

Ada beberapa jenis gedongan bayi yang saya punyai dan pakai. Jenis-jenis gendongan bayi tersebut adalah kain jarik, ring sling, Soft Structure Carrier (SSC), dan geos. Soal kapan saya memakai gendongan tertentu, saya sesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Jenis, kelebihan, dan kekurangan gendongan bayi

Jenis gendongan bayi yang akan saya bahas pertama kali adalah kain jarih. Ini saya gunakan pada saat Syeron masih newborn hingga sekitar 1,5 bulan. Saat itu, saya menggendong Syeron dengan posisi tiduran menyamping. Salah satu kelebihan menggendong dengan jarik adalah bisa disesuaikan kekencangannya sesuai dengan kenyamanan penggendong. Meski begitu, pada awal-awal menggendong dengan jarik, saya memerlukan bantuan orang lain untuk mengencangkan gendongan karena saya belum mahir memasang gendongan kain jarik sendiri. Gendongan ini juga dapat membuat badan sedikit pegal apalagi jika harus menggendong dalam waktu cukup lama. Sebabnya, tumpuan gendongan dengan menggunakan kain jarik hanya pada satu bahu saja.

Jenis gendongan bayi selanjutnya adalah ring sling. Bentuk gendongan ini mirip dengan kain jarik. Bedanya, modelnya lebih modern. Sesuai namanya, gendongan ini dilengkapi dengan ring untuk mengatur kekencangan. Saya merasa lebih mudah menggendong dengan menggunakan ring sling daripada kain jarik. Saya sendiri menggunakan ring sling hanya pada acara tertentu misalnya ke kondangan atau ke tempat yang tidak terlalu jauh dan tidak terlalu lama menggendong. Sama halnya dengan jarik, gendongan ring sling juga hanya bertumpu pada satu bahu jadi jika terlalu lama menggendong akan lumayan terasa pegal.

Sementara itu, SSC (Soft Structure Carrier) ini adalah jenis gendongan favorit saya. Selain karena desainnya yang modern dan classy, karna selain desainnya yang modern dan classy, gendongan jenis ini juga tidak membuat badan penggendong pegal karna berat beban akan didistribusikan merata ke seluruh tubuh penggendong. Walaupun saya harus menggendong Syeron dalam waktu cukup lama, saya tidak khawatir pegal-pegal. Gendongan ini biasanya saya pakai jika sedang jalan-jalan.

Terakhir, ada jenis gendongan bernama geos. Jenis gendongan ini termasuk paling simpel jika dibandingkan dengan 3 jenis gendongan lain yang saya punya. Ukuran gendongan ini ditentukan dengan menggunakan berat badan penggendong. Namun, jenis ini tidak bisa diatur kekencangannya. Saya menggunakan geos untuk antar-jemput daycare Syeron karena jarak dari rumah ke daycare sangat dekat.

Nah Moms, itu tadi beberapa jenis gendongan yang saya punya dan gunakan untuk menggendong Syeron. Menurut saya, memiliki gendongan lebih dari satu jenis juga sangat penting agar bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Semoga penjelasan saya mengenai gendongan bayi ini bermanfaat, ya, Moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

440 Dewi Pangestika

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebagai Working Mom

Menjadi seorang working Mom tentunya memiliki tantangan tersendiri. Yuk simak tips dari Mom Inayah berikut ini.

Hal yg Bisa Dilakukan untuk Mengisi Kegiatan si Kecil di Rumah Selama Pandemi

Moms, yuk simak aktvitas yang bisa dilakukan di rumah bersama si Kecil berikut ini.

Fiersa is Turning One

Merayakan ulang tahun pertama pastinya adalah moment yang tidak bisa dilewatkan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Caraku Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga di Tengah Pandemi

Rumah tangga yang harmonis pasti sudah menjadi dambaan pasutri. Simak tips berikut ini yuk Moms and Dads!

Caraku Mengatur Keuangan Keluarga di Kondisi Pandemi

Di tengah-tengah pandemi ini tidak bisa dipungkiri bahwa banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi. Simak tips berhemat berikut ini yuk!

Punya Anak Perempuan Lebih Boros?

Hayo siapa yang punya anak perempuan dan merasa boros karena beli barang-barang lucu atau baju untuk Si Kecil? Sebenarnya boros tidaknya [...]

Cerita Sibling Goals di Usia Berdekatan

Bagaimana ya caranya agar kakak adik rukun? Yuk, simak cerita berikut ini.

Mengajarkan Kemandirian Sejak Dini Penting Gak Sih Moms?

Mengajarkan si Kecil untuk mandiri sedari dini memiliki banyak manfaat loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Ide Kreatif Bermain Saat Mati Lampu

Mati lampu memang menjadi kondisi yang kurang nyaman. Namun, Moms bisa memanfaatkan kondisi ini untuk barmain dengan si Kecil.

Suamiku Ayah ASI! Yuk Tanamkan Positif Mind!

Hai para istri, yuk belajar cara merayu suami agar mau untuk menjadi ayah ASI berikut ini!

Pengalaman Lebaran Pertama Tanpa Keluarga

Meskipun jauh dari sanak saudara, Lebaran sudah seharusnya menjadi momen yang dirayakan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.

Mengenal Tedak Siten

Apa itu Tedak Siten? Mari simak bersama berikut ini!

Keseruan Memiliki 2 Balita Dengan Jarak Dekat

Anak di usia balita adalah fase dimana anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, cenderung lebih egois, dan lebih senang berekplorasi. Usia [...]

Biasakanlah Mengucapkan Kata-kata Positif pada Anak

Seperti apa sih kata-kata positif yang baik untuk kita ucapkan pada anak? Simak berikut ini.

Tips Mengenakan Masker Pada si Kecil

Bagaimana cara merayu si Kecil agar mau mengenakan masker? Simak cerita berikut ini.

Tetap Harmonis Bersama Pasangan Di Masa Pandemi

Moms and Dads yuk usahakan sebisa mungkin untuk tetap rukun di masa pandemi ini. Simak cerita dan tips berikut ini ya.

Mengatasi Kakak Adik yang Sering Berantem

Kakak dan adik sering berantem? Simak tips ini yuk Moms and Dads.