Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Babyo Review Dr. Browns Transition Bottle #SolusiBelajarMinum dari Gelas

BRANDS  |  MY STORY  |  05 Aug '21


Mengajarkan si Kecil untuk minum dari Cup adalah salah satu tantangan Moms saat menyapihnya. Beberapa bayi mudah menyesuaikan diri minum dari Cup sementara lainnya tidak mau meninggalkan botol susunya meski sudah dibujuk sedemikian rupa. Sippy Cup dan Straw Cup merupakan 2 jenis botol transisi yang dapat membantu si Kecil mahir minum dari Cup. Agar proses transisi berjalan lancar, Moms perlu memerhatikan beberapa hal berikut:

Kapan saatnya memperkenalkan Sippy Cup dan Straw Cup?

Waktu yang tepat untuk memperkenalkan Sippy Cup dan Straw Cup adalah saat si Kecil mulai MPASI. Isi Cup, yang telah dilepas untuk memudahkan minum, dan sajikan berbarengan dengan menu MPASI. Si Kecil memang tidak akan langsung meminum air dari Sippy Cup. Tujuan Moms meletakkan Sippy Cup di dekat makanan ini adalah agar si Kecil terbiasa dengan Sippy Cup dan mulai mengasosiasikan Cup secara positif dengan waktu makan.

Bagaimana cara yang tepat memperkenalkan Sippy Cup dan Straw Cup kepada si Kecil?

Mencoba hal baru membutuhkan usaha dan mengatasi kegagalan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, tak terkecuali dengan menyapih. Moms dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk memperbesar peluang transisi minum dari botol ke Cup tanpa tangisan:

Mulailah sedini mungkin

Strategi memperkenalkan Sippy Cup dan Straw Cup sedini mungkin tetapi tidak memaksakan si Kecil untuk menggunakannya dapat membuat transisi lebih mudah dan bebas tantrum. Moms juga disarankan untuk menghentikan pemberian minum dari botol sepenuhnya saat usia si Kecil 1 tahun. Alasan utamanya, dia dapat susah lepas dari kebiasaan minum lewat botol apalagi jika masih melakukannya di usia 2 tahun.

Berikan Cairan dengan Silicone Spout

Rasa fleksibel dari silicone spout sudah akrab di mulut bayi yang terbiasa minum dari botol. Ini akan memudahkan transisi dari botol ke Cup. Pastikan silicone spout-nya yang paling nyaman untuk si Kecil.

Tawarkan minuman selain air putih

Air putih memang minuman terbaik untuk bayi. Namun, air putih tidak berasa dan bisa membuat si Kecil bosan. Saat pertama kali mengenalkan Cup ke si Kecil, isilah Cup dengan jus encer dan gosokkan sedikit air jus ini pada spout. Lalu, arahkan Cup ke bibir si Kecil agar dia bisa merasakan rasa dari jus encer tersebut. Cara ini akan menimbulkan rasa ingin tahu si Kecil sehingga dia akan mencoba-coba minum dari Cup. Setelah si Kecil terbiasa minum dari Sippy Cup, kembalilah ke hanya menawarkan air dengan makanan.

Perlahan-lahan gantilah botol dengan Cup

Setelah si Kecil dapat menguasai minum melalui Sippy Cup dan Straw Cup, mulailah mengganti botol dengan Cup pada jadwal pemberian susu botol secara teratur. Tidak perlu khawatir tentang memberikan ASI atau susu formula di Cup kecuali jika Moms bermaksud menyapih si Kecil dari menyusui.

Kurangi minum susu botol di malam hari secara bertahap

Saat si Kecil sudah terbiasa minum dengan Sippy Cup, Moms masih perlu membiasakan dirinya makan seperti orang dewasa, yang artinya tidak minum susu sebelum tidur. Sebagai gantinya, beri si Kecil camilan kaya protein sesaat sebelum tidur untuk mengisi perut. Moms juga dapat meminta si Kecil makan di ruang makan jika si Kecil benar-benar tidak bisa tidur karena lapar. Penerapan kebiasaan ini akan secara perlahan memutuskan hubungan antara waktu tidur dengan minum susu, sembari tetap memastikan si Kecil pergi tidur dengan perut kenyang.

Alternatif lain, langsung lakukan transisi penuh ke Sippy Cup dalam semalam

Cara lain yang dapat Moms terapkan agar si Kecil minum dari Cup adalah dengan langsung melakukan transisi penuh ke Cup dalam semalam. Cara ini memang memiliki beberapa kekurangan yaitu bisa menyebabkan si Kecil stress di awal-awal. Namun, transisi akan jauh lebih cepat daripada jika dilakukan secara bertahap.

Tindak lanjuti setiap keputusan Moms

Biasakan untuk menindak lanjuti setiap keputusan parenting yang Moms buat. Jangan menyerah ketika si Kecil protes untuk kembali ke botol. Sekali Moms menyerah, si Kecil akan melakukan segala cara untuk membuat Moms melakukannya lagi. Pada akhirnya, si Kecil akan kesulitan bertransisi dari botol ke Cup.

Stop berikan susu botol saat usia si Kecil 1 tahun

Pertimbangkan untuk menyetop kebiasaan minum susu botol sebelum si Kecil berusia 1 tahun. Menghentikan kebiasaan apa pun, termasuk minum dari botol, akan lebih susah dilakukan jika usianya sudah 1 tahun lebih karena si Kecil telah mengembangkan keterikatan yang lebih kuat pada barang-barang miliknya.

Apa kriteria Sippy Cup dan Straw Cup yang pasti cocok untuk si Kecil?

Dari sekian banyak Sippy Cup dan Straw Cup yang beredar di pasaran, Moms harus benar-benar memilih yang tidak hanya disukai si Kecil tetapi juga aman untuknya. Berikut ini kriterianya:

Pilih yang anti tumpah

Cup yang anti tumpah memudahkan si Kecil belajar minum. #SolusiBelajarMinum Dr. Brown’s Sippy Straw Bottle dilengkapi dengan Activated Spill-Proof Valve yang anti tumpah karena cairan hanya akan keluar pada saat diisap saja.

Pilih yang terbuat dari material bebas bahan kimia berbahaya

Sippy Straw Bottle dari Dr. Brown’s terbuat dari bahan ramah lingkungan yaitu plastik PP yang teruji klinis BPA-Free.

Pilih yang mudah digunakan

Dr. Brown’s Sippy Straw Bottle memiliki bola pemberat untuk membantu si Kecil mengisap cairan ketika dia belum mampu duduk tegak lurus. Sedotannya juga lembut dan fleksibel serta terbuat dari bahan silikon yang aman.

Pilih yang mudah dibersihkan

Sedotan dan Spout rawan menjadi tempat menumpuknya kotoran. Jika tidak dibersihkan dengan sempurna, sisi-sisi tersebut menjadi tempat ideal berkembang biak kuman penyakit. Tidak hanya mudah dibongkar pasang untuk dicuci bersih, Dr. Brown’s Sippy Straw Bottle juga kompatibel digunakan dengan botol susu Dr. Brown’s lainnya.

Dr. Brown’s Sippy Straw Bottle merupakan SolusiBelajarMinum buat si Kecil usia 6-12 bulan. Moms dapat memilih antara 2 varian yaitu Standard Neck dengan ukuran botol 250ml dan Wide Neck  yang berukuran 270ml. Transition Bottle ini tersedia dalam 2 warna yaitu warna biru dan pink yang pastinya bisa menyajikan pengalaman belajar minum yang menyenangkan bagi si Kecil.

Dr. Brown's Sippy Straw Bottle dan Transition Bottle sudah dapat Moms dapatkan pada Dr. Brown's Official Store.

Referensi: Moms Loves Best

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

4330 Dr. Brown's Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mulai Lagi Beraktivitas, Optimalkan Nutrisi & Imun si Kecil

Setelah hampir 2 tahun di rumah saja karena pandemi COVID-19, anak kurang memiliki waktu untuk beraktivitas di luar rumah, khususnya ....

Dukung Si Kecil Miliki Cita-Cita Setinggi Langit

Mendampingi si Kecil menemukan jati diri sejak dini perlu persiapan yang matang. Sebagian besar anak bercita-cita dapat menciptakan sesuatu yang [...]

Cegah Stunting dan Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Nutrisi Lengkap

Cegah Stunting dan Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Nutrisi Lengkap Tinggi badan merupakan

Mom Kembali Bekerja, Gimana Merawat Si Kecil, Ya?

Pandemi COVID-19 yang sudah berjalan hampir 2 tahun ini tentunya menyebabkan banyak perubahan gaya hidup. Namun, ada juga sisi positifnya. Para [...]

Cara Pintar Stimulasi Si Kecil Sesuai Usia

Cara Pintar Stimulasi Si Kecil Sesuai Usia Seorang bayi tidak serta merta mempelajari semua

Tetap Happy Selama Kegiatan Belajar Mengajar

Tetap Happy Selama Kegiatan Belajar Mengajar Terkadang, orang tua tidak begitu memperhatikan

Bedtime Routine, Kualitas Tidur Si Kecil Menentukan Perkembangannya

Bedtime Routine, Kualitas Tidur Si Kecil Menentukan Perkembangannya Bedtime routine alias

Khawatir Perubahan Badan Pasca Melahirkan? Rawat Diri dengan Skin Care Alami

Saat seorang wanita hamil dan melahirkan, tubuhnya banyak berubah demi mengakomodasi janin yang kemudian lahir menjadi bayi. Perasa...

Pemerintah Sarankan Air Purifier untuk Ruangan Tertutup

Sejak akhir tahun 2019, dunia menghadapi tantangan yang mengharuskan semua orang menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru sebagai respon atas situasi [...]

Sabun Bikin Si Kecil Alergi? Ini Tips Memilih Sabun Mandi yang Aman untuk Bayi

Salah Sabun Mandi Bikin Si Kecil Alergi? Ini Dia Tips Memilih Sabun Mandi yang Aman

Dukung Pertumbuhan Kini dan Nanti, untuk Si Kecil dan Bumi

Pentingnya menggunakan produk susu dengan kemasan ramah lingkunganSebagai upaya mendukung

Hindari Ruam Kulit, Pilih Skin Care Bayi Baru Lahir yang Aman Berikut Ini!

Hindari Ruam Kulit, Pilih Skin Care Bayi Baru Lahir yang Aman Berikut Ini! Kulit

Bantu Cegah Sensitivitas, Dukung Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Alergi makanan merupakan reaksi tubuh secara berlebihan terhadap jenis protein tertentu.

Mengapa Botol Susu Berbahan Kaca Lebih Baik untuk si Kecil?

Kepopuleran botol susu dari bahan kaca sempat menurun drastis ketika botol susu berbahan

Keluarga Kuat, Rahasia si Kecil Tumbuh Bahagia

Menghabiskan waktu bersama keluarga merupakan sebuah anugerah tersendiri, ya, Moms. Ikatan keluarga

EQ Kuat, Kunci Mencegah Depresi Sejak Dini

Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang sehat, cerdas, dan bahagia.

Moms Harus Tahu: Ini Dia Perbedaan antara Teether dan Pacifier

Teething merupakan proses natural yang akan dialami oleh si Kecil. Proses tumbuh gigi ini biasanya

Moms, Ini Pentingnya Menggunakan Stroller Saat Mengajak Si Kecil Jalan-jalan di luar Rumah

Berada di luar ruangan merupakan pengalaman sensorik yang mengasyikkan bagi bayi dan balita. Si

Babyo Review: Dr. Brown’s Advantage + Prevent Pacifier

Semua bayi di dunia ini lahir dengan keinginan kuat untuk menyusu. Bahkan, di dalam kandungan pun,

Bagaimana Cara Bernapas dan Kualitas Udara dapat Membantu Diet Moms

Berat badan ideal merupakan impian bagi banyak orang. Selain karena tubuh proporsional membuat