Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Baby-O-Talk With Working Mom, Michelle Gouw

MY STORY  |  25 Apr '18


Menjadi seorang ibu memanglah tidak mudah, apalagi jika anda juga memiliki kesibukan bekerja. Diperlukan time management yang baik untuk membagi waktu menjalani tanggung jawab dengan pekerjaan dan sekaligus menjadi ibu. Kali ini, Babyologist berbincang-bincang dengan Mom Michelle Gouw mengenai pengalamannya sebagai seorang ibu muda. Yuk, simak yang berikut ini :

  • Bagaimana cara Mom tetap bisa dan mampu menyempatkan untuk merawat diri sendiri meski sudah memiliki anak?
    Saya berusaha membagi waktu antara mengurusi anak dan bekerja. Kebetulan pekerjaan saya bisa dilakukan di rumah. Biasanya ketika Si Kecil tidur barulah saya mulai bekerja. Namun, jika pekerjaannya terburu-buru saya kerjakan di luar supaya lebih fokus.
  • Bagaimana cara Mom tetap tampil fashionable  terutama sejak kehadiran Si Kecil?
    Semenjak kehadiran Si Kecil saya harus meluangkan waktu menyiapkan diri lebih awal terutama jika ada event. Biasanya saya harus bangun lebih pagi sebelum Si Kecil bangun. Sejak hadirnya Si Kecil mengharuskan saya belajar make-up cepat karena ketika Si Kecil sudah bangun saya tidak bisa melakukan apa-apa terutama diusianya yang sudah 20 bulan. Sedangkan untuk pemilihan pakaian, saya memilih pakaian casual yang tidak terlalu ribet dan nyaman digunakan terutama ketika saya harus menggendong Si Kecil.

  • Bagaiamana suka duka Anda setelah menjadi ibu muda di generasi milenial ini?
    Awalnya saya merasa kurang memiliki kebebasan dalam hal waktu karena banyak yang harus dipikirkan. Sehingga saya harus memutar otak mengatur waktu untuk bekerja, me-time, bepergian dan mengurusi Si Kecil. Walaupun saya memiliki babysitter namun tidak sepenuhnya saya mengandalkan nanny. Karena saya seorang ibu dan harus lebih banyak memiliki waktu dengan anak saya.  Namun, seiring berjalannya waktu saya menikmati masa-masa saya menjadi ibu muda.  Sebagai ibu muda banyak hal yang saya pelajari mulai dari time management, mengontrol emosi terutama kesabaran, menjaga ucapan karena sekarang Si Kecil sudah berumur 20 bulan sehingga kalau salah bicara kadang dia suka mengikuti. Intinya berusaha menjadi contoh yang baik untuk anak saya.
  • Bagaimana cara Anda mengatur pembagian waktu me-time, pekerjaan dan mengurusi Si Kecil serta keluarga?
    Seperti yang kita ketahui ketika memiliki anak, waktu me-time akan jauh lebih sedikit ya Moms. Walaupun saya menggunakan jasa babysitter saya kadang merasa ada yang kurang kalau anak saya tidak ada didekat saya. Sehingga kalau saya ingin melakukan me-time seperti ke salon, saya hanya pergi jika hal itu sangat urgent atau melakukan perawatan dari rumah. Kalau ada event, saya sering membawa anak bersama saya sehingga saya tidak kehilangan waktu bersama. Untuk keluarga dan suami biasanya di waktu siang hingga malam seperti makan bersama. Dan untungnya suami saya juga pengertian orangnya.
  • Apakah kendala terbesar yang anda alami ketika menjadi seorang ibu dan bagaimana cara anda mengatasinya?
    Menurut saya kendala terbesa menjadi ibu adalah dalam hal mendidik anak. Apalagi sekarang anak saya sudah dapat mengerti apa yang dikatakan orang tuanya. Biasanya saya berpikir bagaimana cara terbaik mendidik anak diusia 20 bulan ini. Apakah cara saya mendidiknya sudah betul? Apakah kalau saya banyak mentolerir segala perilakunya terlalu memanjakan atau tidak? Cara mengatasinya, saya suka browsing di internet, berpikiran positif, berusaha sabar, belajar menasehati Si Kecil secara pelan-pelan supaya dia tidak ketakutan.
  • Bagaimana cara Anda menjaga kesehatan tubuh agar tidak jatuh sakit dan terhindar dari stress ?
    Untuk menjaga kesehatan, wajib sekali untuk tidak melewatkan sarapan sesibuk apapun kita. Apabila merasa tubuh tidak enak, saya akan segera mengonsumsi suplemen atau vitamin agar tubuh tetap fit, serta mengusahakan untuk cukup tidur.
  • Bagaimana cara Anda menjaga penampilan dan bentuk tubuh tetap ideal seperti sekarang ini, walaupun sudah memiliki anak?
    Untuk berat badan, kebetulan saya memberikan ASI esklusif sehingga tanpa saya sadari cepat sekali turunnya. Namun, sesudah masa pemberian ASI selesai berat badan saya naik lagi walaupun tidak banyak. Oleh karena itu, saya melakukan diet sedikit. Biasanya diet yang saya lakukan adalah cut carbo, dengan mengurangi asupan nasi, bakmi dan makanan-makanan manis. Tetapi tetap saya memperhatikan timbangan agar berat badan ideal tetap terjaga.
  • Bagaimana cara Anda tetap bisa up to date dengan kehidupan dan media sosial, dengan banyaknya aktivitas Anda saat ini?
    Karena saya orangnya memang suka update tentang perkembangan anak sendiri. Sehingga, sosial media seperti instagram saya jadikan sebagai diary. Selain itu saya berharap bisa membantu sesama mommies juga dengan sharing cerita saya dan Si Kecil.
  • Untuk kedepannya, apa saja yang akan Mom perbaiki agar dapat 
    menjadi seorang ibu yang lebih baik lagi dalam mengurusi anak sekaligus merawat diri sendiri?
    Dalam mengurusi anak, saya harus belajar lebih sabar lagi dan tidak cepat emosi seperti marah-marah gak jelas yang belum tentu Si Kecil mengerti. Dan untuk merawat diri saya, saya harus meminimalisir make-up yang terlalu lama agar waktu bersama Si Kecil tidak berkurang.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Edtior

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

970 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Lahiran Normal vs Sesar

Apa perbedaan melahirkan dengan normal dan sesar? Yuk simak pengalaman Mom Jenny

Ibu Menyusui Sering Haus, Mengapa Begitu?

Saat menyusui Moms sering mengalami haus yang berlebihan. Wajarkah hal ini terjadi? Mari temukan jawabannya berikut ini.

Mastitis-Abses Sembuh Tanpa Obat Kimia

Apakah Moms adalah penderita mastisis? Moms, yuk simak pengalaman Mom Riri berikut dalam mengatasi mastitis yang Ia alami.

Babyo Talk with Mom Jovanzka Mengenai Kehamilan dan Baby Blues

Yuk simak cerita dari Mom Jovanzka seputar kehamilan dan baby blues serta bagaimana ia mengatasinya.

Manfaat Bertelanjang Kaki Pada Bayi

Tahukah Moms, Si Kecil dibiasakan bertelanjang kaki jauh lebih baik daripada beralas kaki, Kenapa?

Baby-O-Talk With Doctor and Mom, Nurul Hidayati

Apa rahasia Mom sekaligus Dokter Nurul menjalani kehidupannya sebagai ibu dan juga dokter umum? Bagaimana cara beliau membagi waktu? Yuk, simak [...]

Baby-O-Talk With Mom Tita Seputar Pengalaman Menjadi Seorang Ibu

Mom adalah pekerjaan yang tidak mudah, mari kita simak pengalaman Mom Tita menjadi seorang ibu.

Baby-O-Talk With Mom Adhitya Seputar Stimulasi Kandungan

Adhitya Putri memiliki cara tersendiri untuk menstimulasi kandungannya, seperti apakah itu?

Babyo Talk With Mom Jessica Forrester Seputar Stimulasi Kandungan

Stimulasi ternyata juga penting bagi ibu yang sedang hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Jessica Forrester mengenai Stimulasi berikut ini.

Tips Menghadapi Gender Disappointment

Pernahkah Anda mengalami kekecewaan karena jenis kelamin janin tidak sesuai dengan yang diharapkan? Yuk, simak pengalaman Mom Sylvia berikut ini.

Baby-O-Talk with Mom Gisel Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Gisel mengenai vaksin!

Baby-O-Talk with Mom Silvia Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Silvia mengenai vaksin! Yuk, disimak.

Baby-O-Talk with Mom Lina Seputar Menyusui

Pembahasan mengenai menyusui tidak ada habisnya. Kali ini, Babyologist bertanya-tanya kepada Mom Lina seputar menyusui.

Mama Takut Menyusui Anak?

Bayi tidak bisa menyusu? Emang ada? Ini yang dialami oleh Mom Marlisa dan Baby Eegan. Mari simak ceritanya berikut ini.

Jaga Sendiri or Pakai Suster?

Mom Michelle Gouw berbagi cerita dan suka duka selama masa kehamilan dan merawat bayi dengan bantuan suster. Yuk simak bersama.

Kenapa Anak Mimisan?

Kenapa anak bisa mimisan? Apa yang sebaiknya dilakukan ketika anak mimisan? Berikut pengalaman dari Mom Sherlly.

Strawberry Hemangioma Awareness

Strawberry Hemangioma? Apa itu? Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hemangioma? Mari simak cerita dari Mom Tita.

Baking Bersama Kathleen

Baking bersama di dapur bisa menjadi kegiatan yang educative dan fun loh Moms! Yuk simak cerita Mom Sarah berikut ini.

Steps to Recovery After Miscarriage

Bagi pasangan yang mengharapkan seorang anak, keguguran merupakan kesedihan yang sangat mendalam. Berikut cerita dari Mom Ricka.

Hamil 9 Bulan Cuma Naik 10kg Normalkah?

Apakah ibu hamil harus identik dengan gemuk? Bagaimana dengan ibu hamil yang hanya mengalami sedikit kenaikan berat badan?