Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Baby-O-Talk With Mom Salsabila Seputar Menyusui

MY STORY  |  02 Mar '18

Di bulan Februari yang marak dengan kasih sayang ini, Babyologist membahas mengenai topik menyusui. Kami berbincang-bincang dengan salah satu mom untuk berbagi pengalamannya  selama menyusui dengan sesama moms. Mari simak beberapa Q&A berikut ini:

  1. Apakah Mom Salsabila pernah mengalami kendala ketika sedang menyusui? 

    Tentunya pernah. Ketika menyusui anak pertama yaitu Alesha, saya mengalami gejala mastitis. Hal ini disebabkan karena payudara saya bengkak, sehingga setiap menyusui langsung pasti terasa sakit seperti tersayat-sayat. Ditambah lagi ASI yang keluarpun sedikit. Tapi mau tidak mau saya tetap harus menyusui anak saya secara langsung.

    Ketika menyusui anak kedua saya Ashadia, kendala yang saya alami adalah puting yang terlalu besar untuk usia bayi baru lahir. Hal ini menyebabkan, ketika saya hendak menyusui Ashadia sering kali puting yang masuk hanya di ujungnya saja. Setiap kali menyusui langsung, saya harus selalu membujuk  dia untuk membuka mulutnya agak besar sehingga puting dapat masuk secara keseluruhan.

    Kendala lain yang sering saya alami selama menyusui Alesha dan Ashadia adalah ASI yang terlalu deras. Sering kali ketika menyusui terjadi let down reflex, kondisi ini menyebabkan bayi jadi tersedak dan terkadang rewel. Adapun solusi yang terapkan hingga sekarang ini adalah memasang jadwal untuk memompa ASI minimal dua kali sehari.

  2. Berapa lama waktu yang Mom perlukan untuk kembali pulih dan apa sajakah upaya yang Mom lakukan untuk cepat kembali pulih dari gelaja mastitis?

    Untuk dapat pulih dari gejala mastitis ini saya membutuhkan waktu kurang lebih tujuh hari. Adapun upaya yang saya lakukan untuk mengatasi gejala ini adalah mengompres payudara denga air hangat serta melakukan pijat payudara agar cepat pulih. Selama mengalami gejala mastitis, apakah jumlah ASI yang keluar dapat mencukup asupan sang buah hati? Cukup, karena saya juga menyiapkan ASIP sehingga setelah menyusui langsung dan bayi masih lapar saya akan memberikan ASIP

  3. Adakah pantangan yang harus Mom lakukan selama dalam pemulihan dari gejala mastitis tersebut?

    Tidak ada pantangan yang menyulitkan saya. Namun ada tantangan yang harus saya hadapi, yaiut saya harus menahan sakit saat menyusui langsung. Dikarenakan payudara bengkak saya harus rajin meluangkan waktu lebih untuk memompa ASI, kompres payudara dan mela kukan pijat payudara.

  4. Dalam menyalurkan asupan kepada buah hati, mom juga menyiapkan ASIP. Adakah media lain yang mom gunakan untuk mendukung ketersediaan ASI? Ada, saya juga menggunakan breastpump. Terkadang saya memberikan asupan kepada Si Kecil menggunakan botol susu tentunya dalam keadaan darurat seperti ketika ASI saya berkurang atau saya harus meninggalkan anak saya sementara waktu.

  5. Adakah kendala lain yang terjadi ketika Mom memberikan asupan melalui botol susu dengan menyusui secara langsung?

    Sempat terjadi bingung puting pada anak pertama karena saya selalu sering mengganti model botol susu. Namun kondisi ini tidak berlangsung lama ketika Alesha cocok dengan salah satu brand botol susu. Selebihnya sudah tidak mengalami kendala lagi. Ketika saya hamil anak kedua , timbul sedikit kendala pada masa transisi dan menyapih. Alesha minum ASI hingga umur 20 bulan dan saya berikan Alesha ASIP bersama dengan sufor secara bergantian menggunakan botol susu dan Alesha pun menolak hingga saya harus berusaha lebih untuk membujuknya hingga ia mau.

  6. Selain kendala diatas, apakah mom pernah mengalami kendala lainnya selama menyusui?

    Selama menyusui anak pertama dan kedua saya pernah mengalami puting lecet. Pada anak pertama, saya merasakan puting lecet dan areola merah dengan sedikit darah pada masa menyusui. Hal ini terjadi mungkin disebabkan karena saya selalu memompa ASI setiap saat. Berbeda kasusnya dengan anak kedua, karena sudah lama tidak menyusui langsung dan puting yang masuk ke mulut bayi hanya pada ujungnya saja. Adapun upaya yang saya lakukan untuk mengatasi puting lecet ini adalah dengan membujuk bayi untuk membuka mulutnya agak besar, mengompres payudara dengan air hangat dan menggunakan nipple balm yang aman. Serta saya tidak lupa untuk menggunakan pakaian yang halus dan nyaman untuk mengurangi terjadinya gesekan yang parah.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

 

 

553 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Baby Blues Dan Cara Mengatasinya

Support dari suami sangat diperlukan pasca melahirkan loh Moms! Para Moms yang terkena baby blues akan sangat terbantu.

Jatuh Cinta Saat Pertama Kenal Babyologist

Moms, aku udah setahun gabung di Babyologist, awal tahu website ini dari teman di Instagram yang suka share

Infeksi Bakteri

Beberapa waktu lalu si Kecil panas tinggi sampai menyentuh 40.8 derajat. Apa yang sebaiknya Moms lakukan?

Mudik Saat Hamil Tua? Lebih Baik di Rumah Saja!

Apakah Moms sedang hamil tua dan mempunyai rencana untuk mudik ke kampung halaman? Yuk, pertimbangkan sebaik mungkin!

My Own Story, Baby Blues is Real

Apakah Moms mengira bahwa Moms akan terkena baby blues nantinya? Yuk, si simak pengalaman Mom Seftira.

Bintik Merah Diseluruh Tubuh Akibat Virus Roseola

Apakah si Kecil mengalami bintik merah seperti terkena campak? Yuk, simak informasinya!

Share, Earn & Enjoy: Playmat Parklon Gratis

Setiap tulisan yang kita buat diterbitkan, kita akan langsung mendapatkan poin yang nantinya dapat ditukarkan dengan produk-produk bayi.

Reedem Point Pertama di Babyologist: Dr.Brown's On-The-Go Straw Sport Cup

Moms yang sudah bergabung di Babyologist tentu ga asing dengan Reedem Point.

Ceritaku Meninggalkan Karier Demi Menjaga dan Mengurus Anak Sendiri

Bicara tentang menjadi seorang ibu memang tak ada habisnya. Baik bagi working Mom maupun full time Mom pasti memiliki cerita masing-masing.

Senangnya Berlibur Ke Cikole

Beberapa waktu lalu ketika pergi berlibur ke daerah bandung, ada satu tempat baru yang sangat menarik nih Moms.

Baby Nightmare

Si Kecil menangis dan teriak tiba-tiba di malam hari? Apakah Moms pernah mengalaminya?

Tips Mudik dengan Balita Naik Pesawat

Siapa yang tahun ini berencana mau mudik naik pesawat? Berikut tips ala Bunda Q dalam mempersiapkan mudik dengan balita naik pesawat.

Kelebihan dan Kekurangan Memakai Popok Kain

Dari lahirnya anak saya sampai sekarang berumur 16 bulan, saya masih memakai popok kain jika aktivitas hanya di rumah saja.

Di Manakah Nursery Room Terbaik?

Sebagai mama eping, nursery room adalah teman terbaik yang selalu saya cari ketika bepergian. Kebetulan saya bukan fulltime housewife Mommy

I love you, Babyologist!

Awalnya dulu tau web Babyologist dari salah satu selebgram. Terus follow cuma via Instagram (belum tau kalo punya web).

Cara Atasi Susah BAB Pada Anak

Beberapa anak mungkin pernah mengalami yang namanya susah BAB. Apakah si Kecil salah satunya Moms?

Tata Krama Menjenguk Bayi yang Baru Lahir

Apakah Moms sering mengujungi kerabat atau teman yang baru melahirkan? Berikut tataa cara ala Mom Leny.

Tips Bahagia Tinggal Bersama Mertua

Apa tips dari Mom Tara ketika harus tinggal bersama mertua?

Sweating Pospartum, Keringat Mengucur Deras Pasca Operasi Caesar

Apakah setelah melahirkan Moms mengalami pengeluaran keringat yang begitu banyak pasca operasi caesar? Sebenarnya berbahaya tidak?

Kesan-kesan Mengikuti Babyo Session dari Babyologist

Kemarin saya ikut kembali di acara Babyo Session yang Life with Newborn Baby. Di sana dijelaskan apa saja yang terjadi pada bayi