Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Baby-O-Talk with Mom Lina Seputar Menyusui

MY STORY  |  27 Feb '18


Pembahasan mengenai menyusui tak kunjung selesai. Terdapat banyak sekali materi yang bisa Mom pelajari mengenai breastfeeding. Kali ini, Babyologist bertanya-tanya kepada Mom Lina mengenai Kesulitan yang dihadapinya ketika menyusui. 

  1. Apakah Mom Lina pernah mengalami kendala ketika sedang menyusui? 

    Pernah, pada saat Baby Louisse baru lahir, mommy sempat tidak mengeluarkan ASI sampai hari ke 3. Pada saat itu Baby Louisse sudah menunjukkan tanda bahwa dirinya sangat lapar. Mommy sempat depresi tapi Mommy terus berusaha menempelkan putting ke mulut Baby Louisse. Meski ASI berhasil keluar, jumlahnya hanya sedikit. Saat awal menyusui, produksi ASI Mommy tergolong kurang dari cukup. Seharusnya Mommy memberikan minimal 60 mL untuk Baby Louisse, akan tetapi setelah menggunakan alat pompa ASI yang dihasilkan hanya sebanyak 30 mL. Karena Mommy pantang menyerah, Mommy terus-menerus menggunakan pompa dan merangsang ASI dengan berbagai cara. Oleh karena itu, Mommy dapat memproduksi ASI dengan jumlah yang sangat banyak bahkan lebih dari cukup hingga Baby Louisse memasuki usia 6 bulan. Sempat juga ASI Mommy berhenti mendadak, kemungkinan hal ini disebabkan karena stress atau kesibukan di kantor. Ditambah lagi Baby Louisse menggigit puting Mommy sampai berdarah. Mommy merasa kesakitan dan tidak lagi bisa memberikan ASI ke Baby Louisse akibat luka tersebut. Untuk mengatasinya, Mommy memberikan ASI beku ke Baby Louisse dan Mommy berhenti memberikan ASI secara langsung sampai putting Mommy sembuh dari luka. Mommy mencoba terus-menerus memompa dan merangsang ASI, akhirnya produksi ASI Mommy kembali meningkat dan cukup untuk diberikan kepada Baby Louisse.


  2. Selain memompa, hal apa saja yang Mom Lina lakukan supaya ASI dapat keluar dengan lancar? Dan bagaimana Mommy mengatasi luka pada puting? 

    Untuk mengatasi luka Mommy menggunakan ASI mommy sendiri dan Mommy menempelkannya pada bagian luka. Hanya memerlukan waktu 2-3 hari hingga luka menjadi kering dan hilang serta tidak sakit lagi. Selain memompa biasanya Mommy menempelkan puting ke Baby Louisse secara terus-menerus. Metode ini jauh lebih cepat merangsang ASI untuk terus meningkatkan produksinya seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, ASI Mommy menjadi sangat banyak. Mommy juga mengonsumsi minum-minuman serta makanan-makanan bergizi yang berperan sebagai penambah ASI. Selain memompa, Mommy juga sering memijat payudara. Alhasil, semua usaha tersebut membantu produksi ASI Mommy menjadi bertambah bahkan menjadi lebih dari cukup.

  3. Selain kurangnya produksi ASI dan luka yang Mom Lina pernah alami, apakah ada kendala lain dalam pengalaman menyusui Mom Lina? 

    Kendala lain adalah ketika orang-orang disekitar, seperti keluarga mengatakan bahwa ASI sudah tidak penting lagi bagi bayi yang berusia 6 bulan keatas, dan mengatakan bahwa pemberian ASI harus dihentikan dan berikan saja susu formula (sufor). Setelah Mommy searching, Mommy putuskan untuk tetap berusaha memberikan Baby Louisse ASI hingga ia menginjak usia 1 tahun. Kendala lain yang pernah Mommy alami ialah ketika Baby Louisse sudah tumbuh gigi. Seringkali ia menggigit ketika Mommy sedang menyusuinya. Hal ini membuat Mommy merasa sangat sakit. Untuk mengatasi hal ini, Mommy cuman pelan-pelan menjelaskan dengan menggunakan bahasa isyarat mimik wajah bahwa hal tersebut tidak boleh dilakukan. Sekarang, Baby Louisse sudah sangat jarang gigit lagi.


  4. Saya ingin kembali ke pembahasan pertama mengenai mengenai solusi Mom mengguanakan alat pemompa ya, jadi menurut Mom Lina, apa saja benefit yang Mom rasakan? 

    Benefitnya Mommy tidak perlu capek-capek lagi menggunakan tangan untuk memompa ASI. Sebelumnya Mommy menggunakan tangan untuk memompa dan merangsang ASI memakan waktu hingga 1 jam. Hal ini membuat Mommy merasa sangat capek, tangan dan punggung juga terasa sangat pegal. Sampai akhirnya Mommya berhasil mengeluarkan 150 mL. Alat membantu produksi ASI menjadi praktis dan Mommy tidak capek, tangan dan punggung juga tidak pegal. Rangsangan pompa juga menyerupai stimulasi dari Baby Louisse yang sedang minum ASI, hanya saja Mommy tidak merasa sakit dan hanya membutuhkan 10-15 menit hingga Mommy dapat memproduksi ASI sampai 250 mL. Mommy juga tidak perlu khawatir putting luka. Apalagi sekarang Baby Louisse sedang berada pada masa pertumbuhan gigi. Pasti giginya gatal ingin mengigit sesuatu. Mommy sih senang menggunakan pompa. Baby Louisse senang Mommy juga senang.

  5. Apakah masih terdapat kendala lain yang berhubungan dengan pengalaman menyusui Mom? 

    Ada lagi, saat menyusui Baby Louisse biasanya akan memakan sangat lama bahkan bisa 1 jam. Sempat juga sampai 1½ jam hingga Baby Louisse merasa cukup. Kadang malah ketika Mommy menyusui, Baby Louisse tertidur sebentar kemudian lanjut minum ASI lagi. Mommy merasa pegel banget ketika harus nungguin Baby Louisse minum ASI sampai kenyang.


  6. Sampai umur berapa Baby Louisse diberikan ASI? Dan apakah terdapat perbedaan signifikan (pada kondisi Baby Louisse) ketika pemberian ASI diberhentikan? 

    Mommy sih kalau bisa ingin memberikan ASI sampai Baby Louisse berusia 1 tahun. Sampai hari ini Baby Louisse belum berhenti mengonsumsi ASI. Hanya saja sekarang ada tambahan MPASI. Jadi, Mommy belum tahu ada atau tidaknya perubahan kondisi pada Baby Louisse ketika pemberian ASI dihentikan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1013 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Lahiran Normal vs Sesar

Apa perbedaan melahirkan dengan normal dan sesar? Yuk simak pengalaman Mom Jenny

Ibu Menyusui Sering Haus, Mengapa Begitu?

Saat menyusui Moms sering mengalami haus yang berlebihan. Wajarkah hal ini terjadi? Mari temukan jawabannya berikut ini.

Mastitis-Abses Sembuh Tanpa Obat Kimia

Apakah Moms adalah penderita mastisis? Moms, yuk simak pengalaman Mom Riri berikut dalam mengatasi mastitis yang Ia alami.

Babyo Talk with Mom Jovanzka Mengenai Kehamilan dan Baby Blues

Yuk simak cerita dari Mom Jovanzka seputar kehamilan dan baby blues serta bagaimana ia mengatasinya.

Manfaat Bertelanjang Kaki Pada Bayi

Tahukah Moms, Si Kecil dibiasakan bertelanjang kaki jauh lebih baik daripada beralas kaki, Kenapa?

Baby-O-Talk With Doctor and Mom, Nurul Hidayati

Apa rahasia Mom sekaligus Dokter Nurul menjalani kehidupannya sebagai ibu dan juga dokter umum? Bagaimana cara beliau membagi waktu? Yuk, simak [...]

Baby-O-Talk With Working Mom, Michelle Gouw

Menjadi seorang ibu adalah tanggung jawab yang besar apalagi di iringi dengan bekerja. Yuk, simak cerita dari Mom Michelle Gouw berikut ini.

Baby-O-Talk With Mom Tita Seputar Pengalaman Menjadi Seorang Ibu

Mom adalah pekerjaan yang tidak mudah, mari kita simak pengalaman Mom Tita menjadi seorang ibu.

Baby-O-Talk With Mom Adhitya Seputar Stimulasi Kandungan

Adhitya Putri memiliki cara tersendiri untuk menstimulasi kandungannya, seperti apakah itu?

Babyo Talk With Mom Jessica Forrester Seputar Stimulasi Kandungan

Stimulasi ternyata juga penting bagi ibu yang sedang hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Jessica Forrester mengenai Stimulasi berikut ini.

Tips Menghadapi Gender Disappointment

Pernahkah Anda mengalami kekecewaan karena jenis kelamin janin tidak sesuai dengan yang diharapkan? Yuk, simak pengalaman Mom Sylvia berikut ini.

Baby-O-Talk with Mom Gisel Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Gisel mengenai vaksin!

Baby-O-Talk with Mom Silvia Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Silvia mengenai vaksin! Yuk, disimak.

Mama Takut Menyusui Anak?

Bayi tidak bisa menyusu? Emang ada? Ini yang dialami oleh Mom Marlisa dan Baby Eegan. Mari simak ceritanya berikut ini.

Jaga Sendiri or Pakai Suster?

Mom Michelle Gouw berbagi cerita dan suka duka selama masa kehamilan dan merawat bayi dengan bantuan suster. Yuk simak bersama.

Kenapa Anak Mimisan?

Kenapa anak bisa mimisan? Apa yang sebaiknya dilakukan ketika anak mimisan? Berikut pengalaman dari Mom Sherlly.

Strawberry Hemangioma Awareness

Strawberry Hemangioma? Apa itu? Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hemangioma? Mari simak cerita dari Mom Tita.

Baking Bersama Kathleen

Baking bersama di dapur bisa menjadi kegiatan yang educative dan fun loh Moms! Yuk simak cerita Mom Sarah berikut ini.

Steps to Recovery After Miscarriage

Bagi pasangan yang mengharapkan seorang anak, keguguran merupakan kesedihan yang sangat mendalam. Berikut cerita dari Mom Ricka.

Hamil 9 Bulan Cuma Naik 10kg Normalkah?

Apakah ibu hamil harus identik dengan gemuk? Bagaimana dengan ibu hamil yang hanya mengalami sedikit kenaikan berat badan?