Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Baby-O-Talk With Doctor and Mom, Nurul Hidayati

MY STORY  |  30 Apr '18


Apa rahasia Mom sekaligus Dokter Nurul menjalani kehidupannya sebagai ibu dah juga dokter umum? Bagaimana cara beliau membagi waktu? Yuk, simak yang berikut ini.

  • Bagaimana cara anda membagai waktu dalam bekerja, mengurusi anak dan keluarga?
    Saya membiasakan diri untuk bangun lebih pagi. Kebetulan jadwal praktek saya juga tidak tetap. Kadang, pagi saya praktek di rumah sakit dan siangnya praktek di klinik. Saya ambil case, misalnya saya harus berangkat jam 7 pagi. Biasanya subuh saya sudah bangun dan menyiapkan segala keperluan anak dan suami. Terkadang untuk sarapan saya sudah siapkan sedari malam hingga paginya saya langsung masak. Saya juga berbagi tugas dengan suami. Semaksimal mungkin saya kerja selama 7 jam sehari, kemudian saya harus pulang untuk mengurusi Si Kecil seperti pumping dan menyuapi. Jika di sore hari saya ada jam praktek, saya sudah persiapkan sebelumnya dan setelah memandikannya barulah saya berangkat kerja. Dalam keseharian saya menggunakan jasa nanny, namun saya tidak sepenuhnya melimpahkania untuk mengasuh Si Kecil karena tugas utamnya sebagai ART.
  • Bagaimana suka dan duka anda setelah menjadi ibu muda di generasi milenial ini?
    Menurut saya lebih banyak sukanya ketimbang dukanya setelah menjadi seorang ibu. Untuk sukanya: saya menikmatipekerjaan saya dan memang ini passion dan cita-cita saya. Karena saya bisa melayani keluarga dan juga masyarakat. Jelas sekali, setelah menjadi seorang ibu,  saya sangat bahagia dapat merawat seorang anak dan melihat tumbuh kembangnya walaupun saya juga harus meninggalkan dia  untuk bekerja. Dukanya:  merasa lelah dan kurang istirahat itu sudah pasti namun saya menikmatinya. Saya khawatir dan was-was jika Si Kecil sakit karena harus meninggalkannya untuk bekerja.

  • Apakah kendala terbesar yang anda alami ketika menjadi seoarang ibu dan bagaimana cara anda mengatasinya? Kendalah terbesar saya adalah sulit untuk sabar. Saat ini anak saya berusia 20 bulan dan dia akan sangat rewel ketika sakit. Disinilah kesabaran saya mulai diuji. Cara saya mengatasinya adalah pertama-tama saya berdoa dan bersyukur terlebih dahulu karena dikaruniakan seorang anak. Kedua, saya harus tetap tenang tidak boleh panik dan terpancing emosi karena saya juga bekerja harus bisa kontrol. Saya juga mengajak suami untuk bekerja sama dengan menjalin komunikasi agar beban leih ringan. Karena saya seorang new mom tentunya saya masih terus belajar menjadi seorang ibu yang cukup baik untuk anak saya.
  • Bagaimana cara anda menjaga kesehatan tubuh agar tidak jatuh sakit dan terhindari dari stress?
    Banyak minum air putih, sebisa mungkin bangun tidr pagi 1-2 gelas. Sebelum tidur biasanya saya minum suplemen vitamin namun, tidak setiap hari ( jika dibutuhkan saja). Karena saya tidak bisa olahraga dengan rutin sehingga saya mengakalinya dengan jalan santai, joggung atau melakukan treadmill jika memiliki waktu luang. Untuk menghilangi stress dan apabila dirasa cukup jenuh, biasanya 2-4 minggu sekali saya dan suami memutuskan untuk jalan-jalan ataupun berlibur dan yang terakhir adalah mendekatkan diri kepada Tuhan.
  • Bagaimana Mom tetap dapat bisa up to date dengan kehidupan sosial dan media sosial, apalagi dengan aktivitas mom yang padat?
    Untuk sharing di media sosial dan blog saya memang luangkan waktu untuk membuat materi yang hendak saya shatingkan dan itu pun tidak setiap hari. Biasanya ketika Si Kecil sudah tertidur saya memiliki waktu kosong. Banyak dampak positif yang saya alami dengan sharing di media sosial. Selain itu juga menambah teman curhat. Saya pun membuka konsultasi melalui direct messages isntagram walaupun tidak fast response. Bagi saya dengan melakukan sharing seperti ini, memiliki kepuasan tersendiri karena ini juga merupakan salah satu janji saya saat sekolah dahulu. Ketka sudah menjadi dokter, saya ingin menjadi dokter yang empatik dan komunikatif dengan pasien dan sesama. Beruntungnya saya mendapakan seorang suami yang bisa diajak untuk bekerja sama dalam merawat anaks ehingga saya dapat terbantu.

  • Setelah melahirkan, adakah perawatan khusus yang anda lakukan? 
    Saya tidak melakukan perawatan khusus pasca melahirkan, saya hanya mengikuti anjuran dari sp.og dan mama saya. Bukannya saya tidak menjaga kebugaran tubuh, apalagi pasca melahirkan kulit dan bentuk badan akan bergelambir. Namun, saya mempunyai bentuk badan yang memang sudah cukup ramping Mom, waku hamil berat badan saya naik hampir 18 kg. Lalu, pasca 4 bulan melahirkan langsung berangsur-angsur turun dan sekarang sudah kembali normal seperti dulu. Sedangkan stretch marks pasti ada ya Moms, namun saya tidak terlalu mempermasalahkannya. Untuk mengatasinya saya rutin mengunakan bio oil dan minyak zaitun saja.
  • Untuk kedepannya, apa saja yang akan Mom perbaiki agar dapat menjadi seorang ibu yang lebih baik dalam mengurus anak sekaligus merawat diri sendiri? 
    Lebih menghargai waktu, karena menurut saya selama ini saya masih banyak menghabiskan waktu. Seharusnya saya masih dapat melakukan banyak hal yang bermanfaat ketika sedang tidak bekerja. Kemudian, memperbaiki komunikasi dengan suami dan orang-orang yang ada dirumah. Belajar memperbaiki kualitas kesabaran saya karena menurut saya ini hal yang paling sulit. Apalagi jika sedang sibuk kerja, anak rewel karena sakit dan pekerjaan rumah juga terbengkalai. Tidak lupa untuk memperbaiki rutinitas olahraga dan me time karena saya jarang sekali bisa melakukan me time karena kesibukan saya. The last but not least, ingin tampil cantik terus di depan suami.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1019 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Lahiran Normal vs Sesar

Apa perbedaan melahirkan dengan normal dan sesar? Yuk simak pengalaman Mom Jenny

Ibu Menyusui Sering Haus, Mengapa Begitu?

Saat menyusui Moms sering mengalami haus yang berlebihan. Wajarkah hal ini terjadi? Mari temukan jawabannya berikut ini.

Mastitis-Abses Sembuh Tanpa Obat Kimia

Apakah Moms adalah penderita mastisis? Moms, yuk simak pengalaman Mom Riri berikut dalam mengatasi mastitis yang Ia alami.

Babyo Talk with Mom Jovanzka Mengenai Kehamilan dan Baby Blues

Yuk simak cerita dari Mom Jovanzka seputar kehamilan dan baby blues serta bagaimana ia mengatasinya.

Manfaat Bertelanjang Kaki Pada Bayi

Tahukah Moms, Si Kecil dibiasakan bertelanjang kaki jauh lebih baik daripada beralas kaki, Kenapa?

Baby-O-Talk With Working Mom, Michelle Gouw

Menjadi seorang ibu adalah tanggung jawab yang besar apalagi di iringi dengan bekerja. Yuk, simak cerita dari Mom Michelle Gouw berikut ini.

Baby-O-Talk With Mom Tita Seputar Pengalaman Menjadi Seorang Ibu

Mom adalah pekerjaan yang tidak mudah, mari kita simak pengalaman Mom Tita menjadi seorang ibu.

Baby-O-Talk With Mom Adhitya Seputar Stimulasi Kandungan

Adhitya Putri memiliki cara tersendiri untuk menstimulasi kandungannya, seperti apakah itu?

Babyo Talk With Mom Jessica Forrester Seputar Stimulasi Kandungan

Stimulasi ternyata juga penting bagi ibu yang sedang hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Jessica Forrester mengenai Stimulasi berikut ini.

Tips Menghadapi Gender Disappointment

Pernahkah Anda mengalami kekecewaan karena jenis kelamin janin tidak sesuai dengan yang diharapkan? Yuk, simak pengalaman Mom Sylvia berikut ini.

Baby-O-Talk with Mom Gisel Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Gisel mengenai vaksin!

Baby-O-Talk with Mom Silvia Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Silvia mengenai vaksin! Yuk, disimak.

Baby-O-Talk with Mom Lina Seputar Menyusui

Pembahasan mengenai menyusui tidak ada habisnya. Kali ini, Babyologist bertanya-tanya kepada Mom Lina seputar menyusui.

Mama Takut Menyusui Anak?

Bayi tidak bisa menyusu? Emang ada? Ini yang dialami oleh Mom Marlisa dan Baby Eegan. Mari simak ceritanya berikut ini.

Jaga Sendiri or Pakai Suster?

Mom Michelle Gouw berbagi cerita dan suka duka selama masa kehamilan dan merawat bayi dengan bantuan suster. Yuk simak bersama.

Kenapa Anak Mimisan?

Kenapa anak bisa mimisan? Apa yang sebaiknya dilakukan ketika anak mimisan? Berikut pengalaman dari Mom Sherlly.

Strawberry Hemangioma Awareness

Strawberry Hemangioma? Apa itu? Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hemangioma? Mari simak cerita dari Mom Tita.

Baking Bersama Kathleen

Baking bersama di dapur bisa menjadi kegiatan yang educative dan fun loh Moms! Yuk simak cerita Mom Sarah berikut ini.

Steps to Recovery After Miscarriage

Bagi pasangan yang mengharapkan seorang anak, keguguran merupakan kesedihan yang sangat mendalam. Berikut cerita dari Mom Ricka.

Hamil 9 Bulan Cuma Naik 10kg Normalkah?

Apakah ibu hamil harus identik dengan gemuk? Bagaimana dengan ibu hamil yang hanya mengalami sedikit kenaikan berat badan?