THE DAILY

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Azoospermia dan Ketidaksuburan

HEALTH TIPS  |  OTHERS  |  18 Oct '18

Bagi Anda yang sudah menikah bertahun-tahun namun ternyata tidak juga memiliki anak, sebaiknya segera memastikan apa penyebabnya. Apakah mandul atau tidak subur?

Mandul atau azoospermia merupakan kondisi di mana fungsi seksual tetap normal, namun sperma Anda memiliki kualitas yang buruk atau bahkan testisnya sama sekali tidak memiliki sel spermatozoa karena mengalami kerusakan permanen.

Azoospermia tidak berarti mandul jika pada testis Anda masih bisa ditemukan sel spermatozoa, sehingga masih memungkinkan untuk memiliki keturunan dengan cara melakukan berbagai rangkaian medis, salah satunya adalah dengan menjalani program bayi tabung. Namun jika azoospermia yang Anda derita karena adanya kerusakan permanen pada testis dan testis Anda sama sekali tidak bisa memproduksi sel sperma, maka dipastikan Anda mandul dan tidak akan bisa memiliki anak.

Sedangkan ketidaksuburan berarti Anda hanya mengalami masalah, dan masih bisa memiliki anak meskipun dengan bantuan medis. Oleh karena itu, untuk Anda yang sudah bertahun-tahun menjalani pernikahan dan belum juga dikaruniai anak, sebaiknya segera memastikannya apakah disebabkan karena adanya azoospermia? Dan apakah azoospermia ini yang menyebabkan kemandulan ataukah hanya ketidaksuburan?

Dengan begitu setelah melakukan pemeriksaan dan memastikan penyebab mengapa tidak kunjung mempunyai anak, bisa segera diputuskan solusi apa yang dapat diambil. Hal ini juga perlu didiskusikan dengan dokter tempat Anda berkonsultasi.

Biasanya dokter akan memberi solusi untuk mengatasi keluhan azoospermia Anda sesuai dengan penyebabnya.  Jika karena ketidaksuburan, biasanya dokter akan menyarankan beberapa terapi untuk meningkatkan kembali kesuburan Anda. Jika ternyata diakibatkan karena kerusakan permanen pada testis dan menyebabkan kemandulan, jalan terakhirnya adalah dengan mengadopsi.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

49 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories