Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Atasi Sembelit si Kecil dengan Hal ini

FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  17 Oct '19


Saat masuk fase MPASI, anak saya yang biasanya lancar buang air besar, tiba-tiba mengalami sembelit. Dari yang biasanya buang air besar setiap hari, menjadi 3 hari sekali. Awalnya saya merasa cemas, khawatir akan pencernaannya, dan khawatir perutnya merasa begah dan mengurangi nafsu makannya. Namun, setelah saya berkonsultasi dengan DSA, menurut beliau anak yang baru masuk fase MPASI wajar jika mengalami sembelit karena organ pencernaannya sedang beradaptasi, dari yang hanya menerima makanan cair saja (ASI / sufor) tiba-tiba mencerna makanan padat. Kemudian DSA saya pun memberikan beberapa saran yang efektif mengurangi sembelit pada anak saya. Hingga saat ini pun anak saya jarang sembelit, dan teratur buang air besarnya. Mau tahu tipsnya Moms? Mari simak.

1. Berikan air putih

Bayi usia 6 bulan sudah boleh mengonsumsi air putih ya Moms. Tidak ada batasan jumlah air putih untuk bayi di bawah 1 tahun, tapi jumlah air putih yang dikonsumsi tidak perlu banyak-banyak dan hanya saat makan saja. Moms bisa berikan si kecil air putih untuk membantu pencernaan si kecil agar pencernaannya lancar dan bebas sembelit ya Moms.

2. Tidak perlu terlalu banyak serat

Tahukah Moms pada anak kecil khususnya bayi, tidak butuh serat dari sayuran atau buah yang terlalu banyak? Serat pada bayi justru akan membuat ia mudah merasa kenyang Moms, dan membuat ia cenderung mudah untuk sembelit. Jadi, tambahkan sayuran pada makanan si kecil secukupnya saja ya Moms.

3. Konsumsi buah-buahan yang berair

Mitos mengatakan bahwa memakan buah pepaya akan melancarkan pencernaan. Tapi tahukah Moms bahwa buah pepaya sifatnya “cocok-cocokkan”? Artinya jika si kecil cocok, ya bisa lancar buang air besarnya, tapi jika tidak, si kecil tetap saja sembelit. Buah-buahan yang dianjurkan untuk si kecil saat sembelit adalah buah yang banyak kandungan airnya, seperti melon, semangka, pear. Buatlah teksturnya sesuai dengan kemampuan makan si kecil ya Moms.

4. Menambahkan minyak agar lancar pencernaannya

Minyak sebagai lemak, selain wajib dalam setiap porsi makanan si kecil, juga ternyata bisa membantu melancarkan pencernaan si kecil loh Moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

631 Soraya Januaria

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Apakah Kebutuhan MPASI Bayiku Sudah Terpenuhi?

Moms, yuk belajar menghitung kalori untuk mengetahui apakah kebutuhan MPASI si Kecil sudah terpenuhi atau belum.

Rahasia Dibalik Bawang Putih untuk MPASI

Bawang putih sudah lama dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan, termasuk untuk si Kecil.

MPASI Awal Buah Mujarab Membantu Baby Fralyn yang Susah BAB

Resep MPASI buah baby F minggu pertama MPASI yang paling bisa buat Baby F akhirnya gampang BAB

Jus Buah Pencahar Alami

Memasuki masa MPASI, si Kecil perlu beradaptasi dari kebiasaannya yang hanya mengonsumsi ASI saja.

Yuk Kenali Pemicu Alergi si Kecil!

Beberapa anak lebih mudah mengalami alergi makanan dibanding anak lainnya. Makanan berikut termasuk pemicu alergi

Cara Menaikkan Berat Badan Anak dengan Cepat

Ingin tahu bagaimana Mom Desi menaikkan BB anaknya? Mari kita simak tipsnya berikut ini!