Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Atasi GTM Berbulan-bulan, Ini Dia Triknya

FEEDING  |  MY STORY  |  TODDLER  |  03 Dec '19


So... Lama banget mengalami GTM (Gerakan Tutup Mulut) yang sudah bikin saya menyerah, segala cara sudah dilakukan, semua tips sudah di jalankan dan bercampur aduk. Mulai usia 1 tahun Gabriel mengalami GTM.

Kenapa terjadi GTM? Banyak faktor tentunya antara lain

1. Jam makan yang tidak teratur, ya karena jam tidur juga tidak teratur.

2. Anak bosan dengan suasana di rumah saat makan, karena saya memiliki prinsip ya makan duduk di kursi, no tv, no gadget. Jangankan anak, saya aja jenuh padahal sudah play music sambil makan kaya di Cafe Cafe gt.

Sampai pada titik saya kasih suplemen, hampir 2 minggu sekali saya ganti suplemen. Yess saya bukan orang yang sanggup nungguin hasil yang lama, terkadang lupa prosesnya. Prosesnya singkat cuma butuh waktu untuk suplemen bekerja, diserap oleh anak. 

Sampai akhirnya saya melepaskan berbagai macam prinsip, contohnya makan sambil nonton tv, nonton youtube asal makan, makanan kuah di ganti yang kering-kering, makanan yang harusnya 4 sendok makan saya nyerah jadi semaunya aja asal ada masuk sedikit, saya tidak kasih anak saya makan nasi, bisa di ganti kentang, jagung, bahkan ubi tapi tetep porsi ya sedikit, makan sambil main di depan teras rumah anak jalan-jalan muter muter, terakhir paling boros, makan di restoran atau andalkan ojek online takut makanan MSG ya mau gimana lagi asal jangan keseringan aja.

Semua saya alami selama 6 bulan terakhir tepat usia anak saya 1 tahun 4 bulan. Tanpa saya sadari ternyata hampir seluruh gigi Gabriel tumbuh secara bersamaan tanpa rasa sakit, tanpa demam hanya disertai MALAS makan. Bb turun? Agak sih tapi tidak fatal dan drastis.

Begini cara saya menyelesaikan masalah GTM

1. Saya kasih Gabriel menu yang beda untuk pagi, siang dan malem setiap waktu cari resep MPASI.

2. Terkadang saya masak menu makanan seperti orang dewasa hanya beda sambal saja dan tetep non MSG.

3. Terkadang kalau anak lagi suka makan dengan 1 jenis menu saya akan ulang beberapa hari kedepan demi booster berat badannya.

4. Saya sangat mengurangi porsi susu, karena Gabriel tipe anak yang sangat suka susu (Gabriel sudah 40% ASI dan 60% sufor) karena saya mau naikan BBnya saya hanya memberikan sufor pada pagi hari saja supaya mau makan dan malam hari bisa 3x sufor sampai pagi di 150ml (waktunya tepat, jam 10, jam 1 dan jam setengah 4 subuh)

5. Pengganti susu pada siang hari saya ganti puding, es krim dan jus buah, di sore hari habis makan saya kasih dia jus dengan porsi sedikit atau buah potong untuk pencuci mulut di sambung dengan snack seperti wafer, biskuit tapi masih yang aman di konsumsi anak. (jangan diikuti khusus anak sendiri, jangan anak orang tetangga atau anak saudara bisa ngamuk orangtuanya).

6. Sarapan saya kasih bubur ayam, nasi bahkan saya kasih sereal ya saya tidak tahu pasti boleh atau tidaknya tapi so far anak saya suka dan lahap.

7. Terkadang saya kasih dia makanan yang saya makan tapi tetep beda sambal saja supaya dia merasa makanan kita sama, karena anak-anak lebih suka makanan mama papa nya di banding makanan khusus dia. Dan saya sangat menghindari makanan yang ada campuran tepung ya seperti nugget karena memang tidak baik di konsumsi selain bikin sendiri.

8. Makan di tambah kerupuk sering jadi solusi, makan nasi pake buah, makan nasi pake puding semua sudah di lalui asal prinsipnya 1 yang penting masuk.

9. Mengajak anak bermain dan menjadwalkan berenang seminggu sekali secara rutin saya lakukan dan cukup menghasilkan.

10. Memberikan makanan yang mudah dikunyah, walau Gabriel suka ngemut makanan. 

11. Sabarrrrrrr ini paling tinggi di atas semua tips, karena kalau tidak sabar anak tidak akan makan banyak walau dapat menghabiskan waktu hampir 1 jam walau anjuran ya supaya tidak bosan 30 menit. Tapi selama anak masih mau memasukkan makanan dari yang kita kasih kenapa ga di coba untuk menunggu, ya kan.

Dan saya percaya usaha saya juga masih di serta efek suplemen juga dan paling penting si gigi sudah tumbuh jadi anak tahu cara makan yang menggunyah makanan dengan enak.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1043 Leny Larose

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Menu Anti GTM Ala Mom Jasmine

Si Kecil sedang GTM? Coba menu anti GTM berikut ini Moms!

Resep MPASI Nasi Bayam dan Tumis Manis Tahu Udang

Uwais lagi senang senang nya makan nasi dan bosan makan makanan yang berkuah.

Roti Bagelen, Trik Kreasi Cemilan untuk Snack Time si Kecil

Hai Moms, sering ngerasa galau gak kalau di rumah punya roti tawar yang masih sisa?

Bakso Puyuh Kuah Santan untuk BB Booster si Kecil

Berat badan memang bukanlah satu-satunya acuan untuk melihat pertumbuhan si kecil.

Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Merah

Hai moms, resep kali ini menu kesukaan adek attaqi, hampir tiap hari makan bubur kaya gini.

Bubur Kacang Hijau Mutiara: Bubur Kacang Favorite Zila

Bubur kacang hijau merupakan makanan olahan dari kacang hijau yang memberikan banyak manfaat.

Peyek Kacang Tanah (Snack Toddler)

Kali ini saya ingin berbagi resep membuat peyek nih, apa di sini Moms semua sudah tau camilan satu ini?

Resep MPASI Mie Ayam Buah Naga (12M+)

Sangat banyak sekali olahan dari buah naga untuk dijadikan makanan.

Pizza Homemade untuk si Kecil Ala Mom Risny

Moms siapa nih yang si kecilnya suka makan pizza? Coba buat pizza homemade yuk Moms.

Resep MPASI Bakso Goreng Ayam Udang (12M+)

Siapa nih si kecil yang suka sama bakso? Yuk buatkan resep berikut ini untuk MPASI si Kecil Moms

Snack MPASI Rubi : Perkedel Tahu Hati Ayam

Tahu, siapa warga +62 yang tidak tahu "Tahu"? Hehe, saya rasa hampir semua tahu ya Moms.

Resep Donat Ring Empuk untuk si Kecil (12M+)

Moms, adakah di sini yang anaknya suka sekali dengan donat? Anak saya suka sekali donat dengan topping rasa coklat.

Hangatkan Musim Hujan dengan Klepon Tiga Warna

Hampir tiap hari hujan ya Moms, rasanya paling cocok kalau makan / minum yang hangat untuk menghangatkan tubuh.

Resep MPASI Garlic Potato (12 M+)

Kentang merupakan salah satu menu varian untuk si kecil yang sangat mudah diolah.

Resep Ikan Asap Bumbu Kuning: Cara Seru Makan Ikan untuk Zila

Moms kali ini saya mau berbagi resep ikan asap masak bumbu kuning nih

Snack Kabocha Avocado with Chia Seeds

Dulu saat Zila MpAsi saya selalu kasi menu kabocha avocado dengan taburan chia seeds.

Resep MPASI Chawan Mushi Jagung (12M+)

Banyak olahan jagung yg dapat kita variasikan untuk menu makan si kecil, seperti resep berikut ini

Mie Goreng Jawa Batita 20 M+

Akhir-akhir ini si Kecil sangat susah untuk makan nasi. Apalagi kalau ada sayuran hijaunya, langsung deh dilepeh.

Resep MPASI: Capcay Goreng ala Mama Zavi (20 M+)

Capcay merupakan makanan yang bergizi karena terdiri dari berbagai macam sayur mayur.

Mac n Cheese with Egg, Resep MPASI Luvina

Kali ini saya mau share resep MPASI Luvina yang pastinya gampang apalagi untuk yang pemula masak seperti saya