Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

ASI Lancar? Persiapkan sejak Masa Kehamilan

FEEDING  |  MY STORY  |  27 Jan '19


Semua ibu pasti ingin bisa memberikan ASI untuk sang buah hati. Tapi terkadang, beberapa ibu merasa ASI-nya kurang, keluarnya hanya sedikit, sehingga bayi menjadi rewel karena kehausan. 

Karena itu, pemberdayaan diri sejak kehamilan untuk mempersiapkan masa menyusui menjadi penting. Menurut pengalaman saya, beberapa solusi ASI lancar berikut ini bisa Moms lakukan untuk memperlancar proses mengASIhi:

  1. Konsumsi kurma sukari ruthob sejak usia kehamilan 32 weeks
    Setiap pagi sebelum perut terisi apa pun, saya selalu mengonsumsi kurma sukari ruthob sebanyak 5-7 butir. Selain bisa memicu produksi ASI, juga bisa mempercepat pembukaan dalam proses persalinan. 
  1. Melakukan afirmasi positif secara berulang sejak awal kehamilan
    Solusi ASI lancar berikutnya adalah afirmasi positif, yaitu doa yang kita ucapkan berulang-ulang. Dengan yakin akan sesuatu, tubuh akan merespons dan apa yang kita yakini dan katakan berulang-ulang akan bisa terjadi. Afirmasi positif saya yang berbunyi “ASI-ku banyak, IMD-ku lancar” ini selalu saya ulang setiap berdoa dan sambil bermain gymball setiap pagi sejak usia kehamilan 32 weeks.  
  1. Melakukan oxytocin massage sejak usia 36 weeks
    Lakukan setiap malam bersama dengan pasangan. Cara melakukan oxytocin massage sangat mudah, pijat lembut di sekitar tulang belakang (spinal) dari atas ke bawah, ke samping kanan-kiri, kemudian kembali lagi atas ke bawah. Tutorial video bisa disimak di kanal Youtube. 
  1. Berkonsultasi dengan konselor laktasi dan melakukan breastcare
    Saat ini sudah banyak sekali kelas edukasi mengenai breastfeeding, ikuti kelas / seminarnya atau langsung temui konselor laktasi di klinik laktasi terdekat. Lakukan breastcare sejak usia 36 weeks, biasanya layanan ini tersedia di klinik laktasi atau tempat perawatan khusus ibu hamil dan dilakukan oleh ahli (bidan atau konselor laktasi).
  1. Menyiapkan alat pompa ASI
    Masukkan alat pompa ASI dalam daftar belanja Moms. Meskipun sebagai stay at home Mom, saya tetap konsisten untuk memompa ASI / pumping (meskipun anak saya selalu menyusu langsung) sebagai upaya untuk tetap menjaga produksi ASI dan solusi ASI lancar.
  1. Menjaga suasana hati dan hindari stres
    Suasana hati yang baik sangat penting Moms, karena bisa memicu hormon oksitosin untuk naik. Hormon naik, ASI juga akan semakin lancar.
  1. Konsisten pumping di luar waktu direct breastfeeding
    Rajin memompa ASI sejak bayi lahir bisa membantu menjaga produksi ASI. Karena prinsip ASI adalah supply and demand, maka di samping tetap melakukan direct breastfeeding, saya tetap memompa ASI setiap 3 jam sekali.

  1. Melakukan power pumping
    Power pumping adalah cara memompa ASI meniru frekuensi menyusu pada bayi yang sedang mengalami Growth Spurt. Lakukan cukup 3 hari berturut-turut dalam jarak 1x24 jam pada dini hari karena produksi hormon prolaktin pada dini hari lebih banyak.
  1. Selalu yakin produksi ASI cukup
    Moms, percaya pada kemampuan tubuh kita untuk bisa memenuhi kebutuhan si Kecil sangat penting lho. Ingat, tidak perlu berlebih, yang penting cukup. 

Be happy dear lovely Moms.

 

Semoga bermanfaat.

By: Dita Anindia

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1028 Dita Anindia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Sukses Memompa ASI untuk Working Mom

Para working Moms, tips berikut ini sangat membantu untuk menyukseskan menyusui si Kecil loh! Yuk, disimak!

Butuh Komitmen Untuk Working Moms Tetap MengASIhi

Komitmen merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh para ibu bekerja dan yang memperjuangkan ASI. Yuk, simak cerita berikut ini.

Sulit Memompa di Kantor? Coba Datang Lebih Pagi

Datang ke kantor lebih pagi ternyata bisa menjadi Salah satu kuncii keberhasilan memompa loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Working Mom yang Eping Cerdas Memilih Pompa ASI

Bagi para Ibu bekerja, memompa ASI tentunya membutuhkan usaha ekstra. Yuk, simak tips dari Mom Inayah Soenaryo berikut ini.

Tips Mengatasi Kendala Menyusui

Moms, yuk simak tips mengatasi kendala menyusui ala Mom Dinar Indah Palupi berikut ini.

Si Kecil Mengalami GTM, Tetap Perjuangkan Hak ASI!

Di kala si Kecil GTM, jangan berhenti untuk memperjuangkan ASI untuk si Kecil ya stay at home Moms dan juga working Moms.

Tips Aman Memompa Asi Untuk Working Moms di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi dan masa adaptasi kebiasaan baru tentunya menuntut Moms semua juga memiliki kebiasaan baru dalam hal memompa ASI. Yuk, simak berikut ini.

Sukses Memompa ASI di Kala Bekerja

Ini cara working Moms untuk tetap bisa memompa ASI di kala sibuk beraktivitas.

Tips Sukses Memompa ASI Untuk Para Working Moms ala Ummah Uwais

Yuk Moms simak tips sukses memompa ASI ala Ummah Uwais berikut ini.

Operasi Benjolan Payudara Karena Salah Memompa ASI

Moms, salah memompa ASI ternyata dapat berakibat fatal loh. Yuk, simak cerita berikut ini.

10 Fitur yang Harus Dimiliki Pompa ASI Dual Motor

Tahukah, Moms, tentang keunggulan pompa ASI elektrik dual motor? Inilah 10 fitur penting dari pompa ASI jenis tersebut.

Pastikan Memilih Pompa ASI dengan Dual Motor, ya, Moms!

Pompa ASI saat ini juga hadir dengan dua pilihan, elektrik atau manual, dual pump atau single pump. Memilih pompa ASI yang nyaman memang [...]

Mengenal Manfaat Dual Motor pada Pompa ASI

Saat ini, sudah banyak inovasi-inovasi baru pada alat pompa ASI. Moms dapat mencari pompa ASI terbaik dengan fitur-fitur berikut.

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Moms dan Si Kecil

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kesadaran busui tentang berbagai manfaat pumping, semua kalangan ibu menyusui kini [...]

Kelebihan Pompa ASI Dual Motor: Nyaman dan Efisien

Berbagai jenis pompa ASI saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran dari mulai model manual hingga elektrik dengan berbagai merk dan varian [...]

Pompa ASI Dual Motor Pilihan Buat Working Moms

Dalam memilih pompa ASI, ada hal lain yang perlu Moms perhatikan selain membeli yang sesuai kebutuhan Moms. Sebelumnya, tahukah Moms ada pompa [...]

Keunggulan dari Pompa ASI Dual Motor

Pompa ASI memang sudah menjadi barang yang harus dimiliki para ibu menyusui. Dengan adanya pompa ASI, Moms akan sangat terbantu saat melakukan [...]

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Kelancaran Menyusui

Banyaknya jenis pompa ASI sering membuat busui bingung. Aku menyarankan Moms untuk menggunakan pompa ASI Dual Motor.

Kenalan, Yuk, dengan Pompa ASI Dual Motor!

Moms pejuang ASI sudah seharusnya mendapatkan yang terbaik untuk mendukung produksi ASI mereka. Selain makan makanan bergizi, Moms juga perlu [...]

Pompa Asi Dual Pump, Membantuku Pasca Melahirkan

Memerah susu sangat disarankan terutama untuk ibu yang bekerja di luar dan mempunyai mobilitas tinggi. Bagiku, alat yang cukup membantu dalam [...]