Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

ASI Keluar Sebelum Melahirkan

ALL CATEGORIES  |  HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  17 Mar '18

Sebagian Mom pasti pernah mengalami ASI yang keluar sebelum melahirkan. Pada saat hamil payudara akan mengalami perubahan organ tubuh. Selain itu, payudara akan menjadi lembut dan bentuknya pun berubah. Namun, beberapa Mom sempat kebingungan karena ASI-nya keluar pada saat hamil. Dan ternyata kondisi seperti ini hal yang normal karena pada saat hamil kelenjar susu pada payudara sudah berproduksi.

Produksi kelenjar susu secara berlebihan akan menyebabkan keluarnya cairan bening dari payudara. Biasanya kelenjar Montgomery akan mengeluarkan minyak serta melindungi kulit agar payudara tidak retak. Namun, Mom jangan merasa cemas saat cairan bening keluar saat hamil. Pada trimester kedua Payudara akan kencang dan mulai memproduksi ASI. Dan pada trimester ketiga, adanya perubahan kadar hormon. Payudara pun akan siap dan matang ketika ASI diproduksi dalam waktu 2 sampai 3 hari sesudah melahirkan.

Untuk menghasilkan ASI yang banyak, ibu harus menyusui bayi secara langsung. Karena dengan melakukan hal seperti itu dapat merangsang ASI lancar dan mendapatkan kolostrum yang banyak. Selain itu, Mom harus selalu merawat payudara saat hamil. Bila payudara tidak dirawat maka proses produksi ASI-pun terhambat.

Cara merawat payudara yaitu:

  1. Biasanya pada saat sedang hamil payudara akan bengkak dan membesar. Sebaiknya Mom mengganti ukuran bra ke ukuran yang lebih besar, karena perkembangan payudara yang membesar. Akan terjadi juga pengenduran bentuk payudara jika tidak ditopang dengan menggunakan bra.
  2. Agar payudara tidak mengendur, sebaiknya Mom melakukan latihan gerakan otot badan. Yaitu dengan mengangkat tangan kanan serta dengan memegang lengan bawah kiri, selanjutnya tangan kiri memegang lengan bawah kanan. Agar sejajar pundak dengan kedua siku diangkat sampai ada tarikan dari otot dasar payudara.
  3. Saat mandi usahakan untuk tidak pakai sabun dibagian areola dan putting agar tidak kering dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan terutama bagian puting.
  4. Agar putting tidak tersumbat yaitu mengompres dengan air hangat menggunakan handuk.

Sebaiknya Mom juga selalu memilih jenis makanan yang banyak mengandung vitamin, karena pada saat menyusui nutrisi harus tetap terpenuhi, disamping itu kondisi badan harus terjaga. Hindari juga minuman alkohol, minuman bersoda dan kebiasaan merokok. Jangan lupa agar selalu memeriksa diri ke dokter bila mengalami keluhan yang mengganggu kehamilan. Pastikan juga agar selalu memakai pakaian atau baju yang bersih, nyaman dan mudah menyerap keringat.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

 

BACA JUGA: Cara Asyik Memandikan Bayi

1023 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories