Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Asah 4 Skill Penting untuk Masa Depan Si Kecil Hebat Sejak Dini

BRANDS  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  PARENTING  |  24 Jun '20


Sebagai orang tua yang peduli akan masa depan anak, Moms perlu mempersiapkan masa depan si Kecil sejak dini. Saat si Kecil beranjak dewasa, dia akan terus menghadapi berbagai tantangan yang harus dilalui dan kesempatan yang harus diambil agar dia memiliki masa depan hebat dan sukses. 

Untuk membekali diri si Kecil, Moms perlu mengajarkan kemampuan belajar progresif. Pengertian kemampuan belajar progresif adalah kemampuan belajar yang terus berkembang seiring tahapan usia si Kecil dengan melibatkan si Kecil dengan lingkungannya dalam proses belajar. Niscaya, si Kecil akan terus berkembang dan sukses menghadapi tantangan masa depan dengan kemampuan belajar progresif yang dimilikinya.

Perlu Moms tahu, kemampuan belajar yang progresif tidaklah bisa dipelajari secara instan. Agar si Kecil memiliki kemampuan belajar progresif, Moms perlu memberikan latihan-latihan dan pembiasaan sejak masa golden age. Menurut Ellen Galinsky dalam buku best seller-nya “Mind in the Making”, ada beberapa keterampilan inti yang dibutuhkan si Kecil dalam menguasai kemampuan belajar secara progresif. Life skillsyang dimaksud tersebut di antaranya fokus dan pengendalian diri, pengambilan perspektif, komunikasi, membuat hubungan, berpikir kritis, mengambil tantangan, dan menentukan tujuan serta melibatkan diri dalam proses belajar.

Moms, yuk ajak si Kecil mengembangkan beberapa life skills yang akan membantunya meraih cita-cita gemilang dengan melakukan kegiatan-kegiatan berikut ini!

1. Tumbuhkan skill empati si Kecil dengan mengajaknya berkebun di rumah

Kalangan Moms Milenial baru-baru ini sangat tertarik dengan kegiatan berkebun. Tidak hanya untuk Moms saja, kegiatan ini ternyata mempunyai segudang manfaat, lho, untuk si Kecil. Berkebun dapat menumbuhkan rasa empati si Kecil. 

Memiliki rasa empati adalah salah satu skill penting yang harus dikembangkan sejak dini. Sebuah penelitian berjudul “Growing empathy: an exploratory study on the effects of school gardens on children’s social and emotional development” yang dilakukan oleh Emily W. McMane pada tahun 2013 di Berkeley, California, mengungkapkan, para partisipan menyetujui bahwa kegiatan berkebun berdampak positif untuk kondisi emosional si Kecil.

2. Latih skill jiwa kepemimpinannya dengan melibatkan si Kecil dalam pekerjaan rumah sehari-hari

Salah satu cara melatih si Kecil agar memiliki jiwa kepemimpinan yang baik adalah melibatkannya dalam pekerjaan rumah. Ini juga akan melatih dia agar percaya diri dalam berpendapat. Ahli parenting sekaligus pendiri Parenting Ideas dari Australia, Michael Grose, mengungkapkan bahwa salah satu cara menumbuhkan rasa kepemimpinan adalah dengan mengajak mereka untuk lebih berani mengambil tanggung jawab, salah satunya dapat didorong dengan melibatkan mereka melakukan pekerjaan rumah tangga.

Moms bisa mulai melibatkan si Kecil dalam pekerjaan rumah tangga dengan cara menyuruhnya melakukan hal-hal sederhana seperti meletakkan pajangan yang dia pilih atau dia sukai di tempat yang ditunjukkan atau membantu Moms memilih dekorasi ruang tamu. Tugas-tugas simpel seperti ini membuat si Kecil merasa dipercaya untuk memberikan pendapat. Jika dilatih terus-menerus, dia akan semakin percaya diri dalam mengerjakan sesuatu dan memiliki skill jiwa kepemimpinan. Dari hal simple bisa berdampak besar kan, Moms?

3. Ajarkan hubungan sebab-akibat untuk melatih skill berpikir kritis si Kecil

Melatih si Kecil mengenai hubungan sebab akibat dapat mengasah skill berpikir kritis si Kecil lho, Moms! Bisa dimulai dengan hal sederhana, seperti jika si Kecil bertanya mengapa kita tidak boleh mengambil atau meminjam mainan milik teman si Kecil tanpa seizin temannya, Moms bisa membalas pertanyaannya dengan memberikan akibat dari hal tersebut, “Kalau mainan Adek diambil teman Adek tanpa seizin Adek, apakah Adek senang? Apakah adek akan sedih? Baiknya, kita harus izin terlebih dahulu sebelum meminjam barang yang bukan milik kita”.

4. Ajak si Kecil mengeksplorasi lingkungan sekitar untuk meningkatkan rasa ingin tahunya

Skill eksplorasi penting untuk si Kecil di masa depan untuk membangun sifat senang belajar. Cara menumbuhkan skill ini bisa dimulai dengan permainan-permainan role play agar si Kecil dapat memahami kekuatan bahasa dan bagaimana menggunakan kata-kata dalam berbagai skenario. Moms juga bisa mengajaknya untuk membuat prakarya dan juga memperkenalkannya dengan buku-buku ensiklopedia tentang hal-hal yang ada di sekitarnya. Dengan skill bereksplorasi, si Kecil akan tumbuh menjadi anak yang punya daya ingin tahu yang tinggi.

Nah, empat skill penting yang sudah Moms baca, yaitu skill empati, skill jiwa kepimpinan, skill berpikir kritis dan skill eksplorasi, bisa Moms latih dan tumbuhkan pada si Kecil sejak dini, agar ia bisa sukses sekarang dan di masa depan!  Keempat skill yang selalu dijunjung oleh S-26 Procal GOLD, adalah empat skill penting untuk melatih kemampuan belajar progresif si Kecil. Nggak hanya untuk menstimulasi si kecil dalam empat skill tadi, Moms juga harus bantu untuk penuhi kebutuhan gizi si Kecil. Yuk, dukung kemampuan belajar progresif si Kecil dan  bantu penuhi kebutuhan gizinya dengan S-26 Procal GOLD Multiexcel αLipids System, untuk info selengkapnya, langsung klik di sini ya, Moms! #DariBelajarJadiHebat

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

9578 Wyeth Nutrition Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

8 Tips Membuat si Kecil Tumbuh Bahagia

Orang tua mana yang tidak mau si Kecil tumbuh bahagia? Intip tips berikut ini yuk Moms and Dads.