Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Sih Baby EDC?

BABY  |  BRANDS  |  PREGNANCY  |  03 Jul '20


Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk mempersiapkan kelahiran seorang bayi. Berbelanja kebutuhan esensial bayi perlu dilakukan sedini mungkin karena perlengkapan bayi cukup banyak dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dari menyiapkan kamar bayi hingga perlengkapan untuk makan, popok, susu, dan lain sebagainya, Moms harus mempersiapkan daftar belanjaan dari sekarang.

Ketika si Kecil sudah lahir, Moms perlu mempersiapkan perlengkapan yang masuk ke dalam kategori Every Day Care (EDC). Itu artinya, barang-barang yang harus selalu ada di tas perlengkapan si Kecil. Nah, Moms, apa saja barang-barang yang termasuk Baby EDC dan harus ada dalam tas Moms? Berikut daftar lengkapnya:

Daftar perlengkapan Baby EDC

1. Popok

Bawalah setidaknya 8 bungkus popok setiap hari. Bila perlu, bawa beberapa bungkus popok tambahan untuk jaga-jaga. Prinsipnya, lebih baik membawa terlalu banyak popok daripada kurang. Jika Moms menggunakan popok kain, pastikan untuk memasukkan celana plastik ekstra dan tas atau wadah yang bisa ditutup kembali untuk menyimpan popok yang kotor. Evaluasi berapa jumlah popok yang digunakan si Kecil setiap hari selama seminggu agar Moms bisa memperkirakan dengan lebih tepat berapa popok yang harus Moms bawa setiap hari.

2. Krim atau salep untuk mengobati ruam popok

Bawalah krim atau salep untuk mengobati ruam popok di dalam tas perlengkapan si Kecil. Oleskan krim atau salep tersebut setiap kali mengganti popok untuk mencegah kulit si Kecil iritasi.

3. Botol susu dan makanan bayi

Persediaan susu tentu sangat penting dibawa sehingga si Kecil bisa langsung meminumnya ketika lapar atau waktu makan tiba. Bawalah persediaan susu yang cukup untuk hari itu. Jika si Kecil sudah makan MPASI, masukkan MPASI dalam kemasan yang aman berlabel. Porsi yang dibawa harus pas. Gunakan wadah plastik kecil dengan tutup untuk menghindari tumpahan.

4. Tisu basah

Bawa sepaket tisu basah dan periksalah setiap beberapa hari untuk mengecek apakah tisu tinggal sedikit atau sudah habis. Tisu basah sangat bermanfaat untuk mengelap anggota tubuh si Kecil ketika kotor atau sehabis ganti popok, dan untuk mengelap barang-barang si Kecil termasuk peralatan makan dan mainan.

5. Pacifier

Dua pacifier cukup untuk menemani si Kecil dalam kegiatan sehari-harinya. Pastikan pacifier bersih sebelum dimasukkan ke dalam tempatnya di tas.

6. Seprai dan selimut

Bila perlu, Moms dapat mengepak seprai dan selimut. Pastikan seprai yang dibawa mempunyai aroma yang sama dengan si Kecil agar dikenali dan membantunya tenang lebih mudah. Caranya, biarkan dia tertidur semalaman dengan seprai dan selimut tersebut sebelumnya.

7. Boneka mainan kesukaan si Kecil

Jika si Kecil memiliki mainan yang dia sukai, ada baiknya Moms juga menyertakan mainan ini ke dalam tas perlengkapannya. Mainan tersebut akan sangat berguna untuk menenangkan si Kecil yang rewel atau tidak mau tidur. Pastikan bahwa mainan tersebut selalu bersih dan terbuat dari material yang aman untuk bayi.

8. Pakaian ganti

Masukkan 2 hingga 3 setel pakaian ekstra ke dalam kantong plastik. Moms bisa memanfaatkan kantong plastik tersebut untuk memasukkan pakaian yang kotor. Jangan lupa membawa kaos kaki agar kaki si Kecil tetap hangat.

9. Baby bibs

Baby bibs alias celemek bayi merupakan perlengkapan makan si Kecil yang perlu dibawa terutama yang ada fitur untuk mengelap air liur. Untuk bayi yang masih muda, pertimbangkan juga untuk mengepak kain yang digunakannya untuk bersendawa.

10. Obat-obatan

Termometer, obat demam, obat penghilang rasa sakit, obat tetes hidung, dsb. juga perlu Moms bawa untuk berjaga-jaga.

11. Minyak telon dan bedak bayi

Minyak telon dan bedak bayi adalah 2 perlengkapan bayi yang cukup penting untuk memastikan kenyamanannya. Minyak telon dapat Moms gunakan untuk menghangatkan si Kecil, mengobati gigitan nyamuk, dan meredakan kembung perutnya. Sementara itu, bedak bayi bisa membantu mengurangi keringat, melicinkan kulit, dan meredakan gatal-gatal kulit.

Setelah membahas isi perlengkapan bayi yang harus dibawa, Moms tentu juga membutuhkan tas khusus untuk menaruh barang-barang tersebut.

Sebuah diaper bag yang baik harus memiliki kriteria-kriteria berikut:

  1. Kapasitas besar
  2. Ada banyak kantong termasuk kantong khusus botol susu dan baju kotor
  3. Anti air dan anti noda
  4. Material BPA-Free sehingga dijamin aman untuk bayi
  5. Resleting yang lembut dan ringan ketika ditarik
  6. Dilengkapi diaper changing mat yang memudahkan Moms mengganti popok
  7. Ada stroller hook sehingga bisa digantung di stroller
  8. Desain yang indah tetapi kuat

Babycare Diaper Bag merupakan pilihan tepat bagi Moms yang ingin feel and experience the difference dalam menggunakan diaper bag. Fitur lengkap yang dimilikinya menjadikan Moms anti panik dalam mengatasi polah tingkah si Kecil setiap hari. Babycare juga cares beautifully terhadap gaya hidup Moms sebagai ibu yang trendi. Ini tercermin dari desain tas yang minimalis, sederhana, dan rapi.

Nah, Moms, sudah tahukan apa itu Baby EDC? Yuk, Moms, segera lengkapi perlengkapan si Kecil sejak dini!

Referensi: Verywell Family

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1248 Babycare Indonesia

Comments

Related Stories