THE DAILY

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apakah Kopi Bisa Menyebabkan Azoospermia?

HEALTH TIPS  |  OTHERS  |  20 Oct '18

Salah satu kebiasaan sehari-hari yang mungkin sudah rutin Anda lakukan adalah meminum kopi. Sebelumnya, apakah Anda sudah tahu apa efek kafein untuk kesuburan pria? Apakah kafein akan meningkatkan kesuburan atau malah menurunkannya?

Manfaat Kopi untuk Sistem Reproduksi Pria

Ternyata kopi bisa meningkatkan kesuburan pria, namun dengan catatan dikonsumsi sewajarnya saja tidak sampai berlebihan. Hal ini telah dibuktikan melalui beberapa penelitian yang dilakukan bahwa ternyata kafein yang terkandung dalam kopi akan meningkatkan motilitas dan pergerakan sperma. Sehingga sel telur akan lebih cepat bertemu dengan sel sperma.

Selain itu, kafein juga memiliki manfaat untuk membantu sperma dalam menembus lendir (mucus) leher rahim. Sehingga jika lebih mudah menembus, maka akan melakukan pembuahan yang lebih cepat juga.

Bahaya Kafein pada Kopi untuk Reproduksi Pria

Selain memiliki dampak positif, ternyata kandungan kafein yang terdapat dalam kopi juga memiliki dampak buruk untuk kesuburan kaum pria jika dikonsumsi secara berlebihan, yaitu:

Menurunkan kualitas dan jumlah sperma

Untuk melakukan pembuahan pada sel telur, maka diperlukan kualitas sperma yang baik dan jumlah yang cukup untuk memperbesar kemungkinan bisa segera hamil. Mengonsumsi terlalu banyak kafein ternyata bisa menurunkan sperma dan kekentalan air mani setiap kali ejakulasi. Sehingga bisa menyebabkan peluang kehamilan lebih kecil dan bisa menyebabkan azoospermia.

Ternyata belum ada penelitian yang menyatakan seberapa banyakan jumlah kopi yang sebaiknya dikonsumsi agar berdampak baik pada kesehatan reproduksi dan tidak berdampak buruk pada kesehatan reproduksi.

Beberapa penelitian yang pernah dilakukan hanya menghasilkan beberapa kemungkinan mengenai dampak baik dan dampak buruk dari mengonsumsi kopi ini.

Untuk mengantisipasinya, sebaiknya Anda mengonsumsi minuman yang memiliki kadar cukup saja jangan sampai berlebihan. Beberapa ahli menyimpulkan bahwa batas wajar mengonsumsi kopi adalah dua cangkir per hari, jika lebih dari itu maka kopi yang Anda nikmati malah akan berbahaya.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

150 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories