Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apakah Kebutuhan MPASI Bayiku Sudah Terpenuhi?

FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  15 Dec '19


Sebelumnya sering kali bingung dengan ukuran MPASI 6-8 bulan, yaitu 2-3 sdm dan ditingkatkan hingga 125 ml. Tidak punya acuan dalam menentukan proporsi bahan makanan agar memenuhi ketentuan 4 bintang (karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sayur) sesuai menu seimbang. Sudah baca berbagai referensi tentang: dua hingga tiga jenis protein hewani; karbohidrat cukup ½ porsi; atau serat (dari sayur dan buah) secukupnya saja; tapi belum sepenuhnya paham soal eksekusinya.

Nah, dalam sebuah kesempatan kulwap, akhirnya saya belajar cara menghitung kalori. Jadi, saya punya patokan tepat soal "berapa banyak porsi" dari keempat kelompok pangan untuk memenuhi ketentuan MPASI menurut WHO agar ADEKUAT. Adekuat dalam hal ini berarti "MEMENUHI KEBUTUHAN ENERGI, PROTEIN DAN MIKRONUTRIEN".

Mengapa ini penting? Karena kita mau anak kita status gizinya baik, serta pertumbuhannya normal dan proporsional (tidak stunting maupun obesitas).

Kesempatan belajar menghitung kalori sesuai kebutuhan bayi sangat penting bagi saya yang tengah menjalani periode kritis MPASI. "PORSI KECIL" tapi "TINGGI KALORI", mungkinkah? Jadi, MAKAN itu ternyata BUKAN ASAL BANYAK saja. Poin terpentingnya adalah: MEMENUHI KEBUTUHAN KALORI. Pilih MAKANAN PADAT GIZI yang TINGGI DENSITAS ENERGINYA 👌

Contoh: kenapa makan nasi putih baru bisa kenyang dibandingkan dengan kentang? Karena porsi kentang untuk kalori yang sama dengan nasi putih itu perbandingannya sekitar 2:1. Jadi, sebenarnya juga bisa tercukupi dengan kentang, tapi porsinya disesuaikan agar kalorinya setara dengan nasi putih.

Contoh lain: harga daging sapi giling dan daging ayam giling bisa selisih 2x lipat. Ternyata kalori kedua sumber protein hewani ini sepadan dengan harganya. Karena, ayam (tanpa kulit) tergolong protein hewani lemak rendah, sedangkan sapi termasuk protein hewani lemak sedang.

Tapi, tidak selalu harus mahal untuk memperoleh protein hewani bergizi tinggi. Contohnya? Ati ayam. Harganya terjangkau dan luar biasa kandungannya: sumber zat besi tertinggi di antara makanan lainnya, termasuk sapi, kambing, ati sapi, brokoli serta bayam merah.

Sharing ilmu melalui platform kuliah online via aplikasi Whatsapp saya rasakan begitu besar manfaatnya. Saya dapat mengurangi stres karena bukan fokus pada "ANAK MAKAN SEBANYAK-BANYAKNYA" tapi "TERCUKUPI KEBUTUHAN KALORINYA". Yuk para orang tua, semangat belajar untuk persiapan MPASI si Kecil

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

302 Nafadhilah Azizy

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Rahasia Dibalik Bawang Putih untuk MPASI

Bawang putih sudah lama dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan, termasuk untuk si Kecil.

Atasi Sembelit si Kecil dengan Hal ini

Saat masuk fase MPASI, anak saya yang biasanya lancar buang air besar, tiba-tiba mengalami sembelit.

MPASI Awal Buah Mujarab Membantu Baby Fralyn yang Susah BAB

Resep MPASI buah baby F minggu pertama MPASI yang paling bisa buat Baby F akhirnya gampang BAB

Jus Buah Pencahar Alami

Memasuki masa MPASI, si Kecil perlu beradaptasi dari kebiasaannya yang hanya mengonsumsi ASI saja.

Yuk Kenali Pemicu Alergi si Kecil!

Beberapa anak lebih mudah mengalami alergi makanan dibanding anak lainnya. Makanan berikut termasuk pemicu alergi

Cara Menaikkan Berat Badan Anak dengan Cepat

Ingin tahu bagaimana Mom Desi menaikkan BB anaknya? Mari kita simak tipsnya berikut ini!