Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apakah Ibu Hamil Jauh Lebih Rentan terhadap Virus? Siapkan Sel Imun!

BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  PREGNANCY  |  09 Apr '20


Wabah Coronavirus semakin meluas tidak hanya menyerang daerah Wuhan dan daratan China tetapi sudah sampai mendunia. Seperti dilansir CNN Indonesia, virus COVID-19 ini menyebabkan penyakit dengan gejala seperti flu yang terkenal dengan nama pneumonia Wuhan. Alo Dokter mengatakan bahwa virus ini terutama ditularkan melalui percikan air liur pada batuk atau bersin. Hingga kini, masih belum ditemukan vaksin yang benar-benar mencegah penyebarannya.

Coronavirus dapat menyerang orang-orang dari beragam latar belakang dan umur, termasuk ibu hamil. Para ilmuwan memang masih terus mempelajari pengaruh virus ini pada ibu hamil. Diketahui, COVID-19 ini berasal dari golongan virus yang sama seperti virus SARS dan MERS yang juga pernah mewabah beberapa tahun silam. 

Virus corona pada ibu hamil dapat menyebabkan kelahiran mati sebagaimana ditunjukkan oleh hasil studi di tahun 2014. Penyakit terkait SARS, menurut studi tahun 2004, juga diketahui telah menyebabkan kasus keguguran. Ibu hamil yang terjangkit SARS dan MERS berisiko lebih tinggi melahirkan prematur. Meski demikian, belum diketahui secara pasti apakah COVID-19 juga memunculkan risiko yang sama. Pasalnya, seorang bayi yang lahir dari ibu penderita COVID-19 baru-baru ini tidak terbukti lahir positif terkena virus tersebut.

Tapi tidak ada yang perlu di khawatirkan, siapkan sel imun badan dengan baik.

Sistem imun ibu hamil akan mengalami perubahan-perubahan drastis dari sebelum hamil. Hal ini karena tubuh mempersiapkan si Kecil untuk bertumbuh kembang selama di dalam kandungan Moms. Sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil sebenarnya tidak benar-benar melemah. Hanya saja, sistem imunnya bereaksi berbeda terhadap lingkungan selama hamil. Tubuh bumil memproduksi antibodi yang akan diteruskan kepada si Kecil melalui plasenta selama 3 bulan terakhir masa kehamilan. Inilah mengapa bayi prematur gampang sakit. Dia memang belum mendapatkan bekal sistem imunitas dari ibunya secara komplit. Sebagai kompensasinya, sistem imunitas seorang bumil pada bagian tubuh lain menurun. 

Salah satu hal terkait imun yang menurun selama kehamilan adalah akvitas Sel T. Sel tersebut adalah agen pengontrol infeksi virus. Dominic Marchiano selaku asisten profesor obstetri dan ginekologi Universitas Kedokteran Pennyslvania, Amerika Serikat, mengatakan bahwa aktivitas Sel T ibu hamil pada umumnya mengalami penurunan. Karena itulah, ibu hamil harus menjalankan gaya hidup sehat ekstra untuk meningkatkan imunitas tubuhnya agar tidak gampang terinfeksi virus berbahaya.

Langkah-langkah preventif cegah Coronavirus pada ibu hamil

Selain ibu hamil, anak kecil juga rentan terhadap semua virus. Menurut Dr. Camille Sabella, pemimpin Pusat Infeksi Penyakit Pediatrik di Klinik Anak Cleveland, sistem imun seorang bayi belum matang sampai sekitar usia 2-3 bulan. Dalam beberapa bulan pertama, sistem kekebalan tubuh terutama yang diperantarai sel bertumbuh kembang untuk membantunya melawan virus. Itu artinya, semakin muda seorang bayi, semakin rentan dia terhadap virus. 

Meski demikian ada langkah preventif yang bisa kita lakukan untuk menghindari virus ini, yakni langkah eksternal dan langkah internal. Langah eksternal yang bisa kita lakukan diantaranya:

  1.     Mencuci tangan dengan sabun
  2.     Tutup hidung dan mulut ketika bersin dan batuk
  3.     Gunakan masker ketika sakit
  4.     Pergi ke dokter jika sakit
  5.     Hindari keramaian

Selain melakukan langkah preventif dari luar, kita juga bisa melakukan langkah-langkah preventif dari dalam atau internal. Sebab, menurut WHO, saat ini belum ada treatment khusus bagi pasien yang terkena coronavirus. Namun banyak gejala yang bisa dikurangi. Oleh karena itu treatment yang dilakukan pun sesuai dengan kondisi pasien tersebut. Dengan kata lain, seseorang dengan kekebalan tubuh yang baik dapat melawan risiko infeksi virus dengan lebih baik.

Adapun cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan memenuhi asupan nutrisi dengan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, olah raga, serta mengonsumsi suplemen kesehatan. 

Tahukah Moms, salah satu suplemen kesehatan alami yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah saripati ayam? Menurut penelitian yang dilakukan di National University of Singapore oleh Candlish J. K., menemukan bahwa saripati ayam dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Lalu, untuk membantu membersihkan dan melindungi tubuh dari infeksi mematikan yang disebabkan oleh SARS coronavirus, tubuh membutuhkan anti-virus T cells (Sel T) atau sel imun. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Wang CZ di  Institute of Traditional Chinese Medicine and Natural Products, J inan University, Guangzhou, China, menemukan bahwa mengkonsumsi saripati ayam dapat meningkatkan jumlah sel imun (Sel T) dalam tubuh. Dengan demikian, mengonsumsi saripati ayam dapat membantu meningkatkan sel imun untuk melindungi tubuh. 

Selain dengan minum saripati ayam dapat meningkatkan sel imun T dalam tubuh, terbukti juga memberikan energi alami sehingga kita tidak mudah drop.

Jika Moms khawatir terkena paparan atau mengeluh batuk, demam, atau sesak, segeralah menghubungi tim darurat medis. Terlebih lagi, apabila Moms baru saja kembali dari daerah yang terinfeksi COVID-19. Moms dapat menghubungi Hotline Kemenkes di nomor 021-5210411 atau 081212123119 untuk informasi lebih lengkap mengenai COVID-19. 

Yuk jaga badan kita gara terhindar dari #covid19 dan #SiapEnergiAntiDrop dengan mengonsumsi saripati ayam. Bagi para ibu hamil yang tertarik untuk mencoba dan menikmati kebaikan serta manfaat dari saripati ayam, silakan klik link berikut ini:

Brand's Saripati Ayam Tokopedia Official Store

Referensi: Alo DokterAlo Dokter 2FrisoCleveland ClinicCNNSuara.com 1Suara.com 2

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

5127 Brands Suntory Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Babyo Review: Prenagen Almond Soya

Bumil, yuk simak Babyo review mengenai Prenagen Almond Soya berikut ini.