Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  31 May '22


Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda. Keinginan untuk makan sesuatu ini konon harus dituruti agar bayi nantinya tidak gampang rewel. 

Lantas, bagaimana jika ngidamnya buah durian? Apakah ibu hamil boleh makan durian? Buah yang memiliki bau khas ini dipercaya bisa memberikan dampak buruk bagi janin jika dikonsumsi saat hamil. Hal tersebut faktanya hanya mitos belaka. Jika Moms ingin mengetahui manfaat serta bahaya konsumsi durian berlebihan bagi ibu hamil, simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian atau Tidak?

Salah satu jenis makanan yang kandungan vitaminnya sangat baik bagi ibu hamil adalah buah. Bagaimana jika ibu hamil ingin makan durian? Bolehkah ibu hamil makan durian?

Banyak ibu hamil yang menginginkan makan sesuatu yang aneh-aneh selama kehamilan termasuk keinginan mengkonsumsi durian. Dilansir dari Mayo Clinic, ibu hamil harus memilih jenis makanan yang sehat untuk menunjang perkembangan serta pertumbuhan janin.

Baca Juga: Babyo Review Babybee Toddler Pillow

Mengenai aman tidakkah buah durian dikonsumsi ibu hamil, belum ada penelitian yang menyatakan dampak buruknya. Meski demikian, tidak berarti Moms bisa menikmati durian sesuka hati tanpa memerhatikan porsi makan buah berkulit duri tersebut.

Dr. Patrick Chia, seorang ahli Perinatology dari Universiti Teknologi Malaysia mengatakan bahwa ibu hamil bisa mengkonsumsi durian namun takarannya tidak boleh berlebihan. Jadi, Moms tidak perlu khawatir jika ingin mengkonsumsi durian saat hamil, karena tidak berbahaya bagi janin. 

Tidak demikian halnya dengan ibu hamil yang menderita diabetes gestational. Khusus untuk kasus ibu hamil yang menderita diabetes gestasional, sebaiknya Moms menghindari durian karena kandungan gula pada buah ini cukup tinggi. Dikhawatirkan jika ibu hamil dengan kondisi diabetes memaksa untuk mengkonsumsi durian terutama pada trimester 3, dampaknya bisa buruk bagi calon buah hati. Kandungan gula yang terlalu tinggi bisa menyebabkan bayi yang dilahirkan nanti mengalami obesitas.

Tips Mengkonsumsi Durian yang Aman Untuk Ibu Hamil

Supaya perkembangan calon buah hati dalam kandungan bisa optimal, ibu hamil perlu menjaga asupan nutrisi dengan baik. Pemenuhan gizi lengkap ibu hamil bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan sehat serta suplemen tambahan.

Fakta bahwa buah durian masih aman dikonsumsi oleh ibu hamil tentu memberikan angin segar bagi para Moms yang pecinta durian. Kemudian, berapa biji ibu hamil boleh makan durian? 

Agar Moms bisa menikmati durian dengan aman dan tidak berdampak buruk bagi janin, sebaiknya perhatikan tips di bawah ini:

1. Tidak Boleh Lebih dari 2 Potong Durian

Kandungan kolesterol dan gula dalam buah durian cukup tinggi. Kedua zat tersebut bisa memberikan dampak buruk dan menghambat perkembangan janin jika kadarnya berlebihan dalam tubuh ibu hamil. Sebab itulah, batasi konsumsi durian dan patuhi porsi aman, yaitu tidak lebih dari 2 potong.

2. Jangan Mengkonsumsi Durian Setiap Hari

Keinginan untuk makan durian setiap hari harus bisa Moms kontrol. Meski diperbolehkan, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini setiap hari karena bisa membahayakan janin serta membuat kondisi ibu hamil menjadi drop.

3. Pilih Durian yang Tidak Terlalu Matang dan Dagingnya Tipis

Semakin tinggi kematangan durian, maka semakin manis pula rasanya. Buah durian yang terlalu matang  justru tidak baik bagi ibu hamil karena kandungan gulanya lebih tinggi. Begitu pula dengan durian yang buahnya sangat tebal. Buah durian dengan karakteristik tersebut harus dihindari karena kandungan kolesterolnya sangat tinggi.4

4. Minum Air Putih Sebanyak Mungkin

Untuk menetralkan kondisi tubuh setelah mengkonsumsi durian, sebaiknya Moms memperbanyak minum air putih. Cara ini dipercaya bisa menurunkan kadar gula serta kolesterol yang terlalu tinggi setelah makan buah durian.

Risiko Konsumsi Durian Berlebihan Saat Hamil

Apakah ibu hamil boleh makan durian? Beberapa dokter ada yang menyarankan untuk mengkonsumsinya. Namun, sebagian ada juga yang melarangnya. Hal ini bukan tanpa alasan karena kandungan gula dalam durian memang cukup tinggi.

Ibu hamil yang ingin makan durian porsinya jangan sampai berlebihan. Karena jika terlalu banyak mengkonsumsi durian, bisa memicu risiko kesehatan baik bagi ibu hamil maupun janin. Adapun dampak buruk makan durian dengan porsi berlebihan bagi ibu hamil adalah:

1. Obesitas

Buah durian terkenal akan kandungan karbohidrat serta kalori yang cukup tinggi. Dalam satu buah durian dengan bobot sekitar 243 gram, kandungan kalorinya bisa mencapai 357 kkal. Semakin besar dan manis buahnya, maka semakin banyak pula kalori yang dihasilkan.

Itulah sebabnya, ibu hamil dilarang mengkonsumsi durian secara berlebihan karena bisa menyebabkan kelebihan kalori dalam tubuh. Kondisi ini tentu bisa memicu terjadinya obesitas baik yang akan dialami oleh ibu hamil maupun calon bayi. Selain itu, konsumsi durian yang berlebihan juga bisa mengakibatkan munculnya beberapa masalah kesehatan seperti preeklampsia, infeksi saluran kemih, kelahiran prematur, serta diabetes gestasional.

Baca Juga: Babyo Review Babybee Sloped Pillow

Ibu hamil yang mengalami kelebihan berat badan akibat konsumsi durian yang berlebihan berisiko menjalani proses persalinan yang sulit. Bius epidural bisa tidak efektif bahkan mengalami gangguan dalam menjalankan tugasnya sehingga bisa menghambat persalinan normal.

2. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari British Journal of Obstetrics and Gynaecology ibu hamil yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi gula bisa meningkatkan risiko bayi yang dilahirkan memiliki berat berlebih. Bukan rahasia umum lagi, jika rasa buah durian yang manis mengandung kolesterol juga gula yang sangat tinggi. Jika konsumsinya tidak dibatasi, maka dapat membuat ukuran janin menjadi sangat besar. Hal ini tentu akan menyulitkan saat menjalani persalinan normal.

Tak hanya membuat ukuran bayi yang dilahirkan menjadi besar, tingginya kadar gula dalam janin juga bisa menghambat perkembangan si Kecil nantinya. Risiko si Kecil menderita diabetes menjadi sangat tinggi dan ini tentu cukup berbahaya bagi kondisi kesehatannya.

Jadi, apakah ibu hamil boleh makan durian? Masih diperbolehkan selama tidak terlalu banyak dan mampu mengontrol porsinya agar tidak memicu gangguan kesehatan seperti yang sudah disebutkan di atas.

Manfaat Buah Durian Bagi Ibu Hamil

Sebagian besar ibu hamil menghindari konsumsi durian karena dianggap tidak memiliki manfaat sama sekali. Faktanya, buah dengan lapisan kulit berduri ini juga mampu memberikan manfaat bagi kesehatan ibu hamil jika dikonsumsi dengan porsi yang sesuai. Beberapa manfaatnya adalah:

  • Durian kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu mempermudah proses penyerapan zat besi.
  • Kandungan asam folat yang terdapat pada buah durian bermanfaat untuk menunjang pembentukan tulang belakang serta perkembangan otak janin.
  • Durian juga kaya akan kandungan zat besi sehingga bisa menyeimbangkan kadar Hb dalam darah dan mencegah anemia pada ibu hamil.
  • Senyawa triptofan dan organo sulfur yang terkandung dalam buah durian berfungsi untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh jamur serta bakteri.
  • Konsumsi durian dengan porsi yang sesuai bisa membuat ibu hamil tidak cepat lelah karena energi yang dihasilkan oleh buah ini cukup tinggi.

Apakah ibu hamil boleh makan durian? Dengan mengkonsumsi durian sesuai dengan porsi serta tidak berlebihan, akan banyak manfaat yang bisa Moms dapatkan. Jadi jangan takut makan durian karena buah ini juga bisa memberikan dampak baik untuk kesehatan ibu hamil dan calon buah hati.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

101 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan [...]

Merk Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Mengaplikasikan cream wajah setiap hari telah menjadi kebutuhan terutama bagi para wanita. Namun, saat hamil atau menyusui, Moms harus lebih [...]