Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apakah Flu Tanda Hamil?

25 Jul '18


Gejala flu umumnya ditandai dengan tenggorokan kering dan hidung tersumbat. Bisa juga disertai demam, lelah, dan sakit kepala. Namun terkadang gejala flu mirip dengan tanda-tanda kehamilan lho Moms. Beberapa gejala yang menyertai flu seperti sakit kepala, mudah lelah, hingga demam yang disertai mual hingga muntah bisa jadi itu merupakan tanda hamil. Terlebih jika kebetulan Moms telat datang bulan. Lalu, bagaimana membedakan apakah itu gejala flu tanda hamil atau flu biasa?

Ciri-ciri flu tanda hamil :

  • Mudah lelah
    Gejala batuk pilek atau flu salah satunya adalah mudah lelah. Namun pada beberapa kasus flu ringan, gejala ini tidak selalu dijumpai. Rasa mudah lelah biasanya dirasakan saat flu sudah parah. Rasa mudah lelah ini justru sering diartikan sebagai tanda awal kehamilan. Kondisi ini disebabkan adanya perubahan hormon dan persiapan tubuh untuk kehamilan tersebut.
  • Nyeri Otot
    Pernahkah Moms merasakan nyeri otot yang berlebihan saat flu? Nah, bisa jadi itu adalah flu tanda hamil. Tak jarang gejala ini menyerang seorang ibu yang sedang mengalami demam karena flu tersebut. Nyeri otot ini kadang timbul di bagian perut bawah, kadang juga terasa di pinggang bagian belakang Moms. Jika merasakan hal demikian, alangkah baiknya segera periksakan diri ke dokter atau bisa juga dengan menggunakan alat tes kehamilan untuk mengetahui bahwa Moms benar-benar hamil atau tidak.
  • Sakit Kepala
    Berbeda halnya Moms ketika merasakan sakit kepala yang disertai dengan pusing yang tidak kunjung hilang dengan sakit kepala yang secara tiba-tiba hilang dan muncul kembali. Gejala sakit kepala yang kadang muncul dan hilang inilah yang terdeteksi jika ini merupakan salah satu tanda Moms sedang hamil. Namun kesimpulan itu belum bisa dibenarkan jika ternyata hanya sekedar sakit akibat lelah saat bekerja atau aktivitas lain.
  • Mual dan muntah
    Seringkali orang mengatakan kalau mual dan muntah itu tanda-tanda sebuah kehamilan. Sebab, tak jarang wanita hamil yang muntah setelah makan beberapa suap nasi saja. Terkadang saat makan merasakan enak karena mengidam suatu makanan, tetapi setelah makanan berada di perut tiba-tiba mual datang. Namun bisa juga pada saat yang bersamaan Moms yang sedang hamil mulai terserang flu. Dari tanda mual dan muntah itu, bisa jadi salah satu flu tanda hamil.

Dari beberapa penjelasan di atas, baik gejala flu biasa maupun tanda awal kehamilan memang sulit untuk dipastikan. Jadi sebaiknya segera hubungi dokter, karena flu di awal kehamilan bisa membahayakan kondisi janin dan mengganggu kesehatan Moms

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

5387 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Khasiat Kurma Muda Untuk Ibu Hamil Muda

Tidak hanya memiliki manfaat sebagai obat demam berdarah, ternyata sari kurma sangat bermanfaat bagi Moms hamil. Benarkah?

Pengaruh Flu dan Batuk Terhadap Janin

Flu dan batuk merupakan salah satu respon alami tubuh yang umumnya tidak berbahaya. Namun, bagaimana jika terjadi pada ibu hamil?

Kenali Pengaruh Demam Pada Ibu Hamil Terhadap Janin dan Penyebabnya

Moms, mari kenali pengaruh demam pada ibu hamil terhadap janin dan penyebabnya berikut ini.

Bolehkah Konsumsi Obat Flu Untuk Ibu Hamil Trimester 1?

Bolehkah Konsumsi Obat Flu Untuk Ibu Hamil Trimester 1? Simak ulasannya berikut ini.

Gejala Hamil yang Berbeda Pada Umumnya

Pada saat awal kehamilan akan banyak sekali perubahan hormon yang berubah pada tubuh. Yuk, cari tahu perubahan apa saja yang terjadi.

Tips Mengurangi Mual Saat Hamil

Memasuki tahap awal kehamilan, semua wanita pastinya akan mengalami gejala-gejala morning sickness. Lalu, bagaimana cara untuk mengurangi mual [...]

Denyut Jantung Janin Normal Selama Kehamilan

Bagaimana Moms tahu jika detak jantung Si Kecil dalam keadaan normal? Mari simak yang berikut ini.