Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apakah Beras Merah Bermanfaat Untuk Ibu Hamil?

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  02 Aug '18

Beras merupakan salah satu bahan makanan pokok masyarakat di beberapa negara, termasuk Indonesia. Beras memiliki beragam varian, salah satunya adalah beras merah. Beras merah merupakan salah satu jenis beras yang cukup diminati dan kandungan nutrisi di dalamnya tidak kalah jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya.

Walaupun yang terlihat membedakannya dari beras putih hanya warnanya saja, sesungguhnya beras merah mempunyai genetik yang berbeda dengan beras putih. Warna merah merupakan salah satu warna alami dari kandungan antosianin yang bersifat antioksidan, anti hipertensi, anti hiperglikemik dan anti kanker.

Dalam prosesnya, beras merah biasanya hanya ditumbuk dengan tujuan untuk menghilangkan sekamnya. Berbeda dengan beras putih yang bisa menggunakan mesin penggiling. Proses penumbukan ini bertujuan agar kandungan nutrisi beras merah tidak rusak.

Kandungan Nutrisi Beras Merah

Beras merah memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, antara lain: kalori, mineral pangan, selenium, magnesium, asam amino triptofan, serat, protein, asam lemak alfa linolenat, zat besi, vitamin B kompleks dan vitamin A.

Apa Saja Manfaat Beras Merah Untuk Ibu Hamil?

  1. Sebagai Sumber Energi
    Sama halnya seperti beras putih, beras merah juga mengandung karbohidrat tinggi namun kadar gulanya rendah. Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang memerlukan waktu cukup lama untuk dicerna di dalam tubuh. Kandungan ini dapat membuat ibu hamil lebih berenergi dan tidak mudah lapar.

  2. Menjaga Kesehatan Pencernaan
    Beras merah mengandung serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan sehingga ibu hamil tidak akan mudah terserang gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar. Selain membantu melancarkan sistem pencernaan, kandungan serat pada beras merah juga berperan untuk mencegah risiko penyakit kanker pada usus ibu hamil yang disebabkan karena sembelit.

  3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Manfaat lain dari berat merah yaitu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat hamil. Beras merah memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan berperan sebagai penghadang radikal bebas.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

487 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories