Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Bedanya Corona, Flu, dan Alergi?

BRANDS  |  MY STORY  |  01 Sep '20


Menurut Worldometers.info per tanggal 1 September 2020, pandemi virus Corona telah menyebar ke lebih dari 213 negara dan teritori dan menginfeksi lebih dari 25 juta orang di seluruh dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau masyarakat melalukan physical distancing alias menjaga jarak agar tidak menulari atau tertular. Beberapa negara menerapkan lockdown atau pembatasan kegiatan. Event kumpul massal dibubarkan, bandara sepi, para siswa belajar di rumah, dan karyawan-karyawan diminta bekerja dari rumah sebagai langkah preventif memutus rantai penyebaran COVID-19 itu. 

Dengan adanya wabah Corona, wajar jika orang-orang menjadi takut bahkan paranoid ketika merasakan gejala sakit seperti gatal di tenggorokan, batuk-batuk, atau demam. Mereka takut apabila gejala-gejala tersebut mengarah pada diagnosis terkena COVID-19 dan harus diisolasi. Padahal, tidak semua gejala tersebut adalah gejala Novel Coronavirus. Bisa jadi, apa yang dirasakan itu adalah gejala flu atau alergi. Meskipun kita tetap harus waspada, jaga jarak, dan jaga kebersihan, tentu lebih baik apabila kita mengenali dengan baik bedanya Corona, flu, dan alergi, sehingga kita bisa mengambil tindakan lebih lanjut dengan tepat.

 

Kapan gejala Coronavirus muncul

Menurut WHO, gejala-gejala Coronavirus biasanya muncul setelah 2 hingga 14 hari seseorang terpapar virus tersebut. Perlu diketahui pula, beberapa orang terinfeksi virus tersebut tetapi tidak menunjukkan gejala dan tidak merasa sakit. Meski dia sendiri tidak merasa sakit, dia tetap dapat menularkan virus itu ke orang-orang di sekitarnya alias menjadi carrier.

 

Tabel perbedaan gejala Coronavirus, pilek, flu, dan alergi

Departemen Kesehatan dan Lingkungan Kansas telah membuat sebuah tabel perbedaan gejala Coronavirus, pilek, flu, dan alergi yang sangat membantu kita mengenali secara umum bedanya gejala yang dirasakan tubuh dalam merespon virus-virus yang berbeda tersebut.

Sumber: KDHEKS.GOV

 

Gejala sakit umum yang mungkin disalahartikan sebagai gejala Coronavirus

Bersin-bersin, meski bisa muncul pada penderita COVID-19, bukanlah gejala tipikal dari penyakit mewabah ini. Sering bersin biasanya dialami orang yang sedang alergi atau pilek biasa.

Di sisi lain, alergi memiliki gejala yang kronis. Orang dengan alergi dapat menunjukkan gejala yang sama, muncul dan hilang, selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Gejala alergi juga dapat diperparah apabila penderitanya terpapar alergen seperti debu, serbuk sari, atau bulu hewan. Sedangkan pilek gejalanya konsisten tidak terpengaruh waktu, cuaca, atau lingkungan.

 

Gejala unik dari Coronavirus yang berbeda dengan gejala sakit umum

Selain melihat tabel gejala di atas, kita perlu pula memperhatikan pendapat para dokter dan ahli kesehatan mengenai gejala Coronavirus. Ramzi Yacoub, PharmD, sebagaimana dikutip Health Line, mengatakan bahwa pilek, flu, dan COVID sama-sama disebabkan oleh virus. Namun, ketiganya muncul karena infeksi virus yang berbeda. Meski demikian, kata petugas farmasi SingleCare ini, gejala unik dari Coronavirus adalah sesak napas. Penderita COVID-19 akan menunjukkan tanda umum berupa napas pendek yang terjadi sebelum virus tersebut dapat menyebabkan pneumonia. Pada umumnya, flu atau pilek tidak akan menyebabkan sesak napas pada penderitanya. Namun, sesak napas itu bisa muncul apabila flu dan pileknya sudah parah dan berkembang menjadi pneumonia.

 “(Gejala) influenza memang sangat mirip COVID-19, namun sesak napas (yang dirasakan orang yang sakit flu) biasanya tidak separah penderita dengan COVID-19,” kata Dr. Subinoy Das, Kepala Petugas Medis di Tivic Health. Ditambahkannya lagi, sesak napas sering muncul pada hari ke-5 hingga 10 sejak gejala demam muncul.

Nah, jika setelah mengetahui perbedaan gejala-gejala penyakit di atas, Moms merasa tertular virus Corona, Moms perlu menanyakan beberapa pertanyaan berikut pada diri Moms sendiri. Sejatinya, kasus virus Corona biasanya memiliki konteks yang dapat ditelusuri asal-muasal terpaparnya. Oleh sebab itu, beberapa pertanyaan berikut dapat membantu Moms mengetahui kapan Moms kemungkinan terpapar virus atau apakah gejala yang Moms rasakan benar-benar gejala Corona atau tidak.

  • Apakah Moms tinggal di wilayah zona merah Corona?
  • Apakah Moms pernah bepergian dalam waktu dekat, jika ya, ke mana dan kapan saja? Moda transportasi apa yang Moms gunakan (transportasi pribadi, transportasi umum, pesawat, kapal pesiar, dsb.)?
  • Apakah Moms pernah menerima tamu di rumah atau mempunyai teman kantor, anggota keluarga, dll. yang baru saja bepergian ke suatu tempat belakangan ini?
  • Apakah Moms pernah menerima tamu, atau ada anggota keluarga dan tetangga yang pernah mengunjungi daerah yang masuk zona merah belakangan ini?

Virus Corona ini memang sedang berkembang sehingga penelitian mengenai gejala dan efek yang ditimbulkan pun masih harus terus diperbarui. Mengambil tindakan pencegahan virus Corona memang penting. Akan tetapi, Moms mungkin perlu berkawan dengan ketidakpastian hingga pandemi ini berakhir atau hingga para ahli kesehatan menemukan vaksinnya. Hubungi dokter dan rumah sakit rujukan apabila Moms atau anggota keluarga menunjukkan gejala-gejala serius.

 

Imun kuat sebagai benteng pencegah tertularnya virus penyakit

Seseorang bisa mudah terserang penyakit ketika kondisi tubuhnya kurang atau tidak fit. Oleh karena itu, Moms dan keluarga perlu menjaga kondisi tubuh tetap fit. Sistem imun yang kuat dapat menghalau berbagai macam penyakit termasuk yang disebabkan karena virus. Selain berolahraga, Moms dan keluarga perlu mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang. Lengkapi pula konsumsi sayur-mayur, buah-buahan, protein, dan karbohidrat dengan susu.

Si Kecil yang sedang bertumbuh kembang perlu meminum susu agar pertumbuhannya optimal. Susu sapi memang mengandung banyak sekali nutrisi berguna. Masalahnya, tidak semua anak dapat meminum susu sapi. Jika si Kecil memiliki alergi susu, Moms bisa memberikan susu soya sebagai penggantinya.

Susu soya adalah susu berbasis kedelai yang memiliki kandungan protein hampir sama jumlahnya dengan susu sapi. Bedanya, susu soya tidak mengandung laktosa. Kandungan fosfor pada susu soya juga lebih rendah. Akan tetapi, kandungan alkali fosfatase dan osteopenianya lebih tinggi daripada susu sapi.

Susu Morinaga Soya MoriCare Triple Bifidus merupakan satu-satunya formula pertumbuhan soya sebagai solusi alergi susu sapi yangmengandung 100% isolat protein kedelai yang relatif lebih baik untuk memenuhi kebutuhan gizi pertumbuhan anak. Dilengkapi dengan Probiotik Triple Bifidus dan Prebiotik FOS yang dapat membantu perkembangan sistem imunitas tubuh dan kesehatan saluran cerna.

Triple Bifidus yaitu probiotik Bifidobacterium Breve M-16 V, Bifidobacterium Longum BB-536 dan Bifidobacterium M-63 yang terbukti secara klinis dapat menurunkan gejala alergi pada anak yaitu kemerahan, gatal pada kulit, dermathitis dan eksim; alergi pada saluran pernafasan seperti rhinitis, batuk, hidung gatal dan asma .

Referensi: CNN, Healthline, Kalbestore, Kansas Department of Health and Environment

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1466 Morinaga Platinum

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Perkuat Pertahanan Tubuh Si Kecil, Bantu Ia Kembali Beraktivitas

Seperti yang kita ketahui, sistem imun si Kecil masih belum sempurna karena dia masih dalam masa pertumbuhan. Padahal, kita masih berada di [...]

Rahasia Si Kecil dalam Bergerak Aktif dan Nyaman Seharian

Si Kecil yang selalu aktif bahkan kadang terlampau aktif tidak selalu merupakan hal yang buruk. Kendati demikian, hal ini bisa menjadi tantangan [...]

Cara Jitu Rawat Kulit Kering si Kecil

Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang lebih sensitif dan 30% lebih tipis dibandingkan dengan kulit orang dewasa pada umumnya. Karena itu, [...]

Rahasia Juara Anak Prima: Kombinasi Stimulasi & Nutrisi

Tumbuh kembang anak hingga usia 6 tahun sangat penting untuk didukung. Moms dapat memastikan si Kecil tumbuh dan berkembang secara normal untuk [...]

Anak Hebat Bukan Yang Selalu Ranking Satu!

Kebanyakan orang tua beranggapan anak hebat adalah anak yang pintar secara akademis. Padahal, anak hebat adalah anak yang cerdas emosi, cerdas [...]

Ayah, Peranmu untuk Masa Depan si Kecil Besar Loh!

Mengasuh anak itu bukan hanya tanggung jawab Ibu saja tetapi juga merupakan tanggung jawab sang Ayah. Berbagi peran dengan sang Ayah sangat [...]

Pentingnya Mengajarkan si Kecil Mengekspresikan Emosi

Pernahkah Moms melihat si Kecil marah hingga menangis tanpa henti? Atau justru Moms kesulitan memahami karena si Kecil menjadi diam? Mungkin, si [...]

Si Kecil Menolak Potty Training? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

MAMYPOKO – Live #2Si Kecil Menolak Potty Training? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya Dalam

Gadget dan Perkembangan Kognitif, Membantu atau Menghambat?

Semenjak pandemi, pembatasan interaksi sosial secara langsung membuat gadget semakin lekat dengan kehidupan si Kecil. Anak-anak, bahkan bayi [...]

Pentingnya Mengganti HEPA Filter Secara Berkala

Mungkin Moms bertanya-tanya, apa sih HEPA filter itu? High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter adalah filter yang memiliki cara kerja [...]

Pasca-Lockdown, Polusi Udara Masih Menjadi Masalah Utama Selain COVID-19

Semakin terkendalinya pandemi membuat beberapa tempat mulai beroperasi kembali seperti sebelum pandemi, tentu saja kini disertai anjuran untuk [...]

Pentingnya Air Purifier pada Ruang Komunal untuk Dukung Kegiatan Tatap Muka

Sebagaimana diberitakan oleh VOA news, pemerintah di banyak negara di Asia termasuk Indonesia telah melonggarkan peraturan physical distancing [...]

Si Kecil Makin Lahap, Makanan Hangat dalam Sekejap

Bayi tumbuh dengan cepat selama tahun pertama kehidupan. Termasuk juga jenis dan tekstur makanan yang dapat dimakan si Kecil selama tahun [...]

10 Produk Ibu dan Anak Terfavorit Babyo Awards 2021

Babyo Awards 2021 telah resmi berakhir dan memilih brand terfavorit pilihan Moms. Simak brand terfavorit pilihan Moms disini!

Bebas Gunting Rambut di Rumah Saja, Untuk Siapa Saja

Selain merapikan penampilannya, potong rambut juga harus memberikan pengalaman menyenangkan kepada si Kecil. Itulah sebabnya psikolog anak....

Terhindar dari Virus, Ini Ragam Manfaat Air Purifier Bagi Aktivitas Moms!

Kondisi polusi udara ditambah pandemi COVID-19 membuat orang perlu ekstra hati-hati dengan lingkungan sekitar. Sebagai respons terhadap kondisi [...]

Kapan Sebaiknya Si Kecil Belajar Minum Secara Mandiri? Simak Tips Berikut, Moms!

Tidak hanya sebagai media minum, botol susu juga memberikan rasa aman dan nyaman untuk bayi dan balita. Karena itulah...

Mulai Lagi Beraktivitas, Optimalkan Nutrisi & Imun si Kecil

Setelah hampir 2 tahun di rumah saja karena pandemi COVID-19, anak kurang memiliki waktu untuk beraktivitas di luar rumah, khususnya ....

Dukung Si Kecil Miliki Cita-Cita Setinggi Langit

Mendampingi si Kecil menemukan jati diri sejak dini perlu persiapan yang matang. Sebagian besar anak bercita-cita dapat menciptakan sesuatu yang [...]

Nutrisi Prima Untuk Cegah Stunting & Tumbuh Kembang Anak

Cegah Stunting dan Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Nutrisi Lengkap Tinggi badan merupakan