Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Yang Terjadi Di Usia Janin 8 Bulan?

PREGNANCY  |  Trimester 3  |  10 Apr '18

Di usia kehamilan 8 bulan ini merupakan momen atau masa dimana Mom harus mempersiapkan dan merencanakan proses persalinan. Anda bisa memilih metode persalinan yang paling diinginkan, yang mana harus disertai dengan konsultasi bersama dokter. Bukan hanya itu, di usia kehamilan 8 bulan ini juga Mom harus mulai mempersiapkan kebutuhan atau perlengkapan bayi ketika melangsungkan persalinan, dan Anda juga harus memulai untuk melatih pernapasan serta melakukan persiapan untuk menyusui nantinya.

Mom, jika Anda ingin melangsungkan persalinan secara normal, maka inilah waktunya yang tepat untuk mempersiapkan diri. Misalkan Anda bisa mengikuti senam hamil atau paling tidak olahraga dengan rutin. Untuk olahraga, Anda dianjurkan untuk memilih jenis olahraga yang aman dan juga ringan, yang memang cocok dilakukan oleh ibu hamil.

Bagaimana Pertumbuhan Janin 8 Bulan?

Ketika memasuki usia kehamilan 8 bulan, dipastikan janin sudah memiliki bobot badan sebesar 2 kg kurang lebihnya dengan panjang badan sekitar 44 cm. Jika kehamilan ini merupakan kehamilan pertama Anda, maka biasanya di usia kehamilan 8 bulan ini bayi akan mulai turun serta menekan bagian dinding Rahim. Namun jika kehamilan ini bukan kehamilan pertama Anda, maka biasanya di usia ini bayi masih berada di posisi yang sama, yaitu kepala masih berada di atas hingga waktu persalinan tiba.

Penting untuk diketahui, bahwa di usia 8 bulan ini semua indra yang dimiliki janin sudah mulai berfungi dengan sangat baik. Bahkan gerakan-gerakan aktif yang dilakukan Si Kecil sudah mulai terasa dengan sangat jelas, itu artinya bentuk janin sudah sangat sempurna dengan kepala sudah berada di posisi siap lair. Bagian paru-parunya juga sudah bisa bekerja dengan baik, serta bagian plasenta sudah mulai mencapai tingkat kematangan.

Di usia kehamilan ini bagian otak janin juga sudah berkembang dengan sangat baik, bahkan bagian fungsi otaknya juga sudah mampu merangsang setiap syaraf yang terhubung dengan baik dan mencapai tingkat sempurna. Dan di kondisi ini, ia akan banyak bergerak hanya di siang hari, sedangkan di malam hari ia akan beristirahat. Dalam artian Si Kecil sudah mengetahui jadwalnya dengan baik, dia sudah bisa mengatur jadwalnya di mana harus beristirahat dan dimana ia harus bergerak dengan sangat aktif.

Apa Saja Perubahan yang Terjadi pada Tubuh Mom?

Banyak sekali perubahan yang akan Mom alami di usia kehamilan ini, bahkan berat badan akan semakin bertambah seiring dengan bertumbuhnya Si Kecil di dalam kandungan. Dengan begitu, kondisi ini pastinya akan membuat Anda merasa mudah lelah serta akan merasakan sakit di bagian punggung.

Selain itu, bagian rahim juga akan terus mengencang setiap waktunya, dimana pengencangan rahim ini bertujuan untuk persiapannya melangsungkan persalinan. Dan hal ini merupakan kondisi yang normal yang pasti di alami oleh para ibu hamil menjelang proses persalinan.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

  • Ketika memasuki usia kehamilan 8 bulan, inilah waktu yang tepat untuk memutuskan proses persalinan seperti apa yang akan dilalui. Disini juga Mom bisa memutuskan rumah sakit mana yang akan dijadikan sebagai tempat bersalin.
  • Bukan hanya itu, ketika usia kehamilan Anda memasuki usia 8 bulan, maka sebaiknya Mom juga sudah mengetahui metode menyusui yang benar. Mom bisa mengikuti pelatihan yang biasanya diadakan di rumah sakit atau di beberapa tempat.
  • Jika Anda belum mengajak Si Kecil berbicara atau berinteraksi, inilah saatnya yang tepat untuk Anda melakukan hal ini. Mengapa? Karena di usia 8 bulan system pendengarannya sudah terbentuk dengan sempurna.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

2087 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories