Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Yang Terjadi Di Usia Janin 7 Bulan?

PREGNANCY  |  Trimester 3  |  10 Apr '18

Usia kehamilan 7 bulan merupakan masa dimana Anda sudah memasuki masa trimester terakhir atau trimester ketiga. Dan banyak diantaranya para ibu hamil yang akan merasakan sesak yang diakibatkan oleh bertambahnya kandungan Anda di usia kehamilan ini. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena kondisi ini akan mereda saat bayi sudah berada pada posisi siap lahir, di mana kepalanya berada di bagian bawah perut.

Kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tengah berada di titik puncak, sehingga para ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi berbagia jenis makanan yang memiliki kandungan gizi dan juga nutrisi yang cukup yang memang kaya akan kandungan protein, asam volat, zat besi dan juga kalsium untuk membantu perkembangan janin.

Bagaimana Pertumbuhan Janin?

Memasuki usia 7 bulan ini, janin atau bayi yang berada di dalam kandungan umumnya memiliki berat badan mencapai 1 kg, bahkan panjang badannya mencapai ukuran 38,6 hingga 39 cm. Dan di usia kehamilan ini, janin akan menjadi sangat aktif, berbeda dengan keaktifannya di usia kehamilan sebelumnya. Dan di sini, Mom juga akan menyadari adanya pola pergerakan dari bayi dan mengetahui waktu-waktu ketika ia tengah aktif bergerak. Mom harus tahu, kalau pergerakan yang dilakukannya ini sangatlah penting diketahui guna mengetahui kesehatan janin.

Di usia kehamilan 7 bulan ini, bagian kulit mulus mulai diselimuti oleh lemak yang mana disebut dengan lemak vernix. Lemak ini bertujuan untuk menjaga suhu tubuhnya agar ia tetap merasa hangat. Bagian otak Si Kecil juga sudah berfungsi dengan baik. Bahkan beberapa permukaan otaknya juga mulai memiliki kerutan yang mana akan sangat berguna untuk melanjutkan perkembangan selanjutnya.

Sekitar 5 hari setelah kerutan itu terbentuk, maka sejumlah sel saraf yang dimilikinya akan dilapisi oleh sejumlah lapisan lemak yang mana bermanfaat untuk mempercepat proses penyampaian rangsangan dari setiap ujung saraf.

Apa Saja Perubahan yang Terjadi pada Tubuh Mom?

Mungkin Anda akan mengalami perubahan yang cukup signifikan ketika usia kehamilan memasuki usia 7 bulan. Bukan hanya keadaan perut yang semakin membesar, namun Anda juga akan mengalami penaikkan berat badan yang mungkin saja akan naik setiap minggunya sekitar 8 hingga 11 kg. bahkan ada beberapa diantaranya ibu hamil yang akan mengalami konstipasi yang mana akan menyebabkan perasaan skait di bagian perut, tinja yang mulai mengeras dan juga hasrat buang air kecil yang mulai tidak teratur.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

  • Jika Anda mengalami susah tidur karena ukuran perut yang semakin besar, maka Mom bisa berbaring dengan posisi menyamping ke bagian kiri dengan menyimpan bantal di antara bagian kaki serta pergunakanlah bantal untuk menyangga perut.
  • Jika Anda seorang pekerja, maka ketika usia kehamilan memauski usia 7 bulan, ada baiknya jika Anda mulai mengambil citi hamil dan cuti melahirkan, dan hal ini sangat perlu Anda lakukan guna mempersiapkan proses persalinan.
  • Ada beberapa kondisi yang memang bisa membahayakan kesehatan Anda serta kondisi janin dalam kandungan, dan Mom harus berhati-hati ketika mengalami beberapa gejala tertentu, seperti perasaan gatal yang parah, serta ketika Anda mengalami tekanan darah tinggi. Ketika Mom mengalami kedua kondisi ini, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri pada dokter guna memperoleh pemeriksaan lebih lanjut.
  • Dan yang terakhir adalah, konsumsilah berbagai jenis makanan yang tinggi akan kandungan serat. Hal ini bertujuan untuk memperlancar proses persalinan Anda kelak. Mom bisa mengonsumsi berbagai jenis sayuran atau bahkan buah-buhan.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

630 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories