Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Yang Terjadi Di Usia Janin 6 Bulan?

PREGNANCY  |  Trimester 3  |  10 Apr '18

Di usia 6 bulan ini Mom sudah bisa berinteraksi dengan si kecil. Karena selain bisa mendengar, Si Kecil juga sudah bisa memberikan respon dengan lonjakan atau bahkan tendangan ke arah perut. Bahkan terkadang ketika Si Kecil menendang, Anda akan melihat adanya tonjolan kaki ke bagian permukaan perut

Bagaimana Pertumbuhan Janin?

Umumnya di usia kehamilan 6 bulan, bayi yang ada di dalam kandungan memiliki berat sekitar 0,6 kg dengan panjang badan sekitar 34,6cm. Dan di usia inilah Mom bisa merasakan adanya gerakan di dalam perut.

Perkembangan janin memang masih terbilang sangat kecil, namun perkembangannya cukup berjalan dengan sangat baik. Di usia 6 bulan ini, di beberapa bagian kulit tangan mulai terlihat adanya garisan, bahkan di bagian ujung jari juga sudah terlihat adanya kuku yang sangat mungil namun masih belum terlalu kuat. Di usia ini juga janin mulai memiliki sistem pendengaran yang baik, jadi ia sudah bisa mendengar setiap suara dan juga sudah bisa memberikan repson yang baik.

Meskipun sistem organ tubuhnya belum bisa bekerja dengan baik, namun perkembangannya sangatlah luar biasa. Dan jika Mom sedang merasa bahagia, stress, cemas, atau bahkan kesal, maka Si Kecil yang berada di dalam kandungan juga bisa merasakan hal yang serupa.

Mengapa demikian? Hal ini di karenakan adanya hormon adrenalin, yang mana hormon ini diproduksi oleh sang ibu yang memang mampu menembus ke bagian plasenta, sehingga kondisi ini juga bisa mempengaruhi kondisi emosi janin. Ketika hal ini terjadi, biasanya Mom akan sedikit merasakan beberapa bagian tubuh si kecil ketika menempel ke bagian dinding perut Anda. Bahkan ketika hal ini terjadi, bagian otot rahim Anda akan mengalami peregangan yang bisa menyebabkan Anda mengalami rasa sakit atau ngilu di bagian perut.

Apa Saja Perubahan yang Terjadi pada Tubuh Mom?

Ketika usia kehamilan memasuki usia 6 bulan ini, mungkin rahim Anda memiliki ukuran menyerupai bola kaki. Dan usia kehamilan 5 bulan merupakan usia kehamilan yang memasuki trimester ketiga yang mana membuat banyak ibu hamil mengalami keram di bagian kaki, mengalami susah tidur, serta bisa juga mengalami konstipasi. Bukan hanya itu, dikarenakan posisi rahim yang tepat berada di bagian bawah tulang rusuk, maka umumnya Anda akan mengalami kesulitan bernapas, dan hal ini merupakan hal yang sangat wajar yang mana akan kembali memulih ketika usia kehamilan memasuki usia 7 bulan.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Hal-hal yang harus Anda perhatikan di usia kehamilan 6 bulan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dikarenakan perkembangan janin semakin pesat, maka di sini ia membutuhkan nutrisi yang bisa membantu tumbuh kembangnya. Maka Mom sangat dianjurkan untuk bisa memenuhi asupan nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tubuh Anda sekaligus di butuhkan Si Kecil.
  • Umumnya perubahan tubuh yang dialami oleh para ibu hamil kerap kali membuat ibu hamil merasa tidak percaya diri, dan disini peranan pasangan Anda sangat dibutuhkan agar para ibu hamil bisa tetap merasa nyaman dengan kondisinya.
  • Di usia kehamilan ini Mom harus sudah menyiapkan diri untuk menyusui si kecil. Menyusi memang merupakan hal alami yang akan dan harus di lakukan setiap ibu, namun tidak ada salahnya jika Anda mencari tahu sjeumlah informasi mengenai menyusui yang baik dan benar.
  • Ketika usia kehamilan Anda menginjak usia kehamilan 6 bulan, biasanya Mom akan merasakan keram di bagian kaki, dan pastinya kondisi ini tidak akan berkurang sampai Anda melahirkan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

4801 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories