Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Yang Terjadi Di Usia Janin 3 Bulan?

11 Apr '18


Apakah Moms memiliki keinginan untuk memperdengarkan musik kepada Si Kecil semasa dalam kandungan? Di usia 3 bulan kehamilan merupakan waktu yang tepat untuk anda mulai melakukan stimulasi tersebut. Kenapa? Karena pada usia kehamilan 3 bulan, Si Kecil sudah dapat mendengar berbagai bunyi serta percakapan yang anda lakukan. Kondisi ini dikarenakan bagian telinga Si Kecil sudah mulai terbentuk meskipun bentuknya belum sempurna.

Usia kehamilan 3 bulan merupakan usia trimester dua pada kehamilan. Di trimester dua ini, resiko mengalami keguguran sudah berkurang dibandingkan pada usia kehamilan trimester 1. Pada usia kehamilan ini pula, bagian perut Moms sudah mulai terlihat cukup besar sehingga menghaaruskan anda mengganti semua baju ketat dengan sejumlah baju yang cukup longgara untuk membuat Moms merasa nyaman dan pertumbuhan Si Kecil tidak terganggu. Selain itu, gejala morning sickness juga sudah mulai berkuran dan Moms sudah mulai dapat menyesuaikan diri dengan kondisi kehamilan.

Bagaimana pertumbuhan janin di usia 3 bulan kehamilan ?

Di awal kehamilan 3 bulan ini, umumnya janin memiliki bobot sekitar 23 gram dengan panjang sekitar 7,4 cm. Pada usia kehamilan 3 bulan ini, jeni skelamin sudah mulai terbentuk, namun tetap masih belum bisa di pastikan apakah ia perempuan atau bahkan laki-laki, karena memang di usia kehamilan 3 bulan ini jenis alat kelamin masih berkembang dengan baik. Selain itu, bagian tungkai dan juga bagian lengan si kecil mulai tumbuh. Bahkan Si Kecil jmulai bisa membuka dan juga menutup bagian mulutnya, bahkan ia juga sudah belajar melatih dirinya untuk bisa menggerakan mulut dan menghisap. Biasanyan, janin akan melakukan aktivitas menelan sebanyak 25 kali dalam kurun waktu 1 jam.  Dengan bagian tangan juga sudah mulai bisa bergerak dengan bebas.

Artinya, gerakan tangan Si Kecil tidak akan tergantung lagi pada gerakan tubuhnya. Penting juga untuk Anda ketahui, bagian kuku mungil Si Kecil mulai tumbuh di beberapa bagian jari kaki dan tangannya. Pada usia kehamilan ini, bagian rongga dada sudah terpisahkan, bahkan bagian otot mata serta bibir bagian atasnya sudah mulai terbentuk. Pembentukan bagian kulit serta fungsinya saat ini tengah berada di bagian perkembangan menuju proses penyempurnaan.

Dikarenakan usia 3 bulan sudah memasuki masa kehamilan trimester kedua, dimana beberapa bagian organ vital termasuk bagian otak tengah berkembang dengan baik, maka dari itu Anda sangat dianjurkan untuk memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan serta minuman yang memiliki kandungan yang baik, guna membantu perkembangan janin.

Jika di usia kehamilan 3 bulan ini Anda masih mengalami keluhan yang umumnya hanya di alami di usia kehamilan 1 dan 2 bulan, maka Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter kandungan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan :

  • Anda bisa memperoleh suntik imunisasi TT-2 yang di selangi dengan suntikan TT-1 di tambah dengan TT-2 sebanyak 4-g Mg, dan Anda wajib memeriksakan kehamilan Anda paling tidak 1 kali dalam satu bulan.
  • Ingat, bahaya dalam masa kehamilan adalah keguguran, jadi Anda harus benar-benar berhati-hati menjaga kehamilan.
  • Bagi para ibu hamil yang memiliki kondisi kesehatan kurang baik, sehingga resiko keguguran masih ada di depan mata, maka sebaiknya Anda memperbanyak waktu istirahat dan jangan terlalu lelah atau terlalu banyak melakukan aktivitas yang berat.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

991 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Mudik Membawa Si Kecil

Pernahkah anda mengalami stress ketika membawa si Kecil dalam perjalanan jauh? Nah, untuk menghindarinya Yuk simak tips berikut.

Konstipasi Pada Bayi

Apakah itu konstipasi dan apa penyebabnya terjadi pada bayi? Bagaimana cara mengatasinya? Mari simak yang berikut ini.

Penyebab Silent Disease Kinanti

Untuk penyebab infeksinya ini, tidak bisa diketahui secara pasti.- Usia-usia segitu memang aktif-

Simple Set Sandwich For Babies 12 Month

Si Kecil suka cemilan? Bosan dengan biksuit? Roti isi dapat menjadi salah satu alternatif lho Moms. Yuk simak tipsnya berikut ini.

Si Kecil Alergi Minyak Telon, Kok Bisa?

Si Kecil mengalami alergi terhdap minyak telon? Mari simak pengalaman Mom Mala Sari dalam mengatasinya.

KB Aman Untuk Ibu Menyusui

Alat kontrasepsi seperti apa yang cocok digunakan semasa menyusui? Mari simak yang berikut ini.

Lebih Dekat Dengan Imunisasi PCV

Untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dasar terutama pada bayi dan anak-anak dengan tujuan dapat

Chicken Puree Vegie

MPASI adalah saat yang menarik dimana kita belajar memberikan asupan bergizi bagi Si Kecil. Mari simak resep mango lassi berikut ini.

Bubur Tomat Dengan Chia Seed

Bingung ingin menyajikan MPASI dengan resep apalagi? Tidak ada salahnya anda mencoba menu berikut ini. Selain mudah dibuat juga bergizi loh Moms.

Bolehkah Saat Menyusui Duduk Di Kursi Menyusui Goyang?

Betulkah saat menyusui duduk di kursi menyusui goyang dapat membantu Moms menenangkan bayi yang rewel? Mari simak ulasan berikut ini.

Olahan Kacang Hijau Untuk Ibu Menyusui

Prolaktin bertugas untuk memproduksi ASI, sedangkan oksitosin bertugas merangsang ASI untuk keluar.

Cara Asyik Memandikan Bayi

Memandikan Si Kecil harus dengan perawatan kulit khusus. Cairan pembersih juga harus aman bagi kulit bayi.

Tips Penyimpanan ASI Yang Baik

Penyimpanan ASI adalah hal yang banyak dilakukan ketika menyusui. Berikut adalah beberapa tips penyimpanan ASI yang baik. Yuk disimak.

Cara Memberikan ASI Yang Benar

Ibu menyusui disarankan untuk memberikan ASI kepada bayi sampai berusia 6 bulan . Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan , yuk simak [...]